Are You a Zetizen?
Show Menu

Mau Presentasi 20 Besar Zetizen National Challange? Yuk, Simak Tipsnya!

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 15 Sep 2017
Mau Presentasi 20 Besar Zetizen National Challange? Yuk, Simak Tipsnya!

Zetizen.com - Congrats buat kamu yang baru aja lolos 20 Besar Zetizen National Challange. Hanya beberapa langkah lagi, kamu bisa menjadi Alpha Zetizen of the Years 2017. By the way, ada satu tahap yang cukup membuat para peserta deg-degan. Yap, tahap tersebut adalah presentasi aksi didepan para juri. Tentu kalian pingin banget bikin para juri jadi terpukau dan nggak bikin mereka bosan dengan penjelasanmu. Nah, biar sukses mempresentasikan aksimu, yuk simak tips berikut!

Jangan Lupa 5W + 1H

ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Sama halnya dalam pembuatan video kemarin, unsur 5W+1H wajib masuk dalam presentasimu. Sebab, dengan menggunakan 5W+1H dapat menjelaskan aksimu dengan lebih ringkas, jelas, dan nggak berbelit. Selain itu, alur penjelasan juga wajib kamu pikirkan. Contohnya nih, setelah perkenalkan diri, jelaskan sedikit tentang apa kekurangan yang ada di lingkunganmu yang menyebabkan kamu tergerak untuk beraksi positif. Baru jelaskan secara detail bagaimana aksimu dapat merubah lingkunganmu. Jangan sampai kamu jelaskan aksimu dulu baru memperkenalkan diri ya karena saking semangatnya.

 

Lampirkan Contoh Aksi dengan Menarik

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Yang satu ini menjadi hal yang sangat fatal namun terkadang dikemas kurang menarik. Biasanya, seseorang akan mempresentasikan aksi hanya dengan menunjukkan foto atau video tanpa menjelaskan apa aja yang terjadi disana. Alhasil, juri pun jadi kurang interest dengan aksimu. Coba deh, kamu kemas lagi aksimu dengan lebih menarik. Contoh, meski hanya sekedar foto, jelaskan saja dengan detail apa aja yang kamu lakukan disana. atau jika berbentuk video, kemas dengan tampilan yang pendek namun lebih to the point.

Hindari Membaca Materi Presentasi

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

Terkadang, ketika mempresentasikan sesuatu, para peserta akan lebih sering membaca power point atau materi presentasi mereka sendiri dibanding menjelaskan isi presentasi. Hal ini sebenarnya wajar-wajar aja. Namun, dengan seperti ini juri akan berpendapat bahwa kamu adalah orang yang kurang percaya diri. Untuk menghindari hal ini, lebih baik lakukan latihan simpel dirumah agar kamu lebih siap presentasi. Jika memang perlu bawalah catatan kecil untuk mengingat poin-poin penting presentasi aksimu.

Lakukan Presentasi dengan Out of the Box

Ilustrasi: Abid/ Zetizen Team

By the way, dalam melakukan presentasi, jangan cuman berdiri dan bicara aja ya. Kamu diperbolehkan banget buat melakukan improvisasi dalam presentasi. mulai menggunakan bahasa inggris, membuat konsepnya dalam bentuk tarian daerah asal kamu, atau bahkan boleh juga kok sambil diiringi alat musik yang kamu lakukan sendiri. Tentu hal ini akan menarik para juri. Eits, tapi jangan lupa ya. Hal-hal tadi hanya pelengkap. Bukan menjadi inti dari presentasi. Yang dinilai pertama tetap bagaimana dan apa aksi yang kamu lakukan.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article