Zetizen.com - Saat ini mobil tidak lagi di lihat dari segi fungsi saja, tapi juga sebagai sebuah simbol prestige pemiliknya. Semakin keren sebuah mobil, makin bangga pula pemiliknya.

Nah, ngmong-ngomong soal mobil, di Indonesia, mobil-mobil buatan Jepang jelas paling unggul. Dikenal dapat membuat mobil yang kencang, irit, kuat, dan memiliki harga jual stabil, produk-produk mobil Jepang emang udah akrab dengan masyarakat Indonesia.

Nggak mengherankan jika lama-kelamaan, berbagai tuner dari tiap brand asal Jepang pun makin banyak dikenal. Tuner-tuner ini meningkatkan prestige dari tiap mobil produksi pabrikan dengan merombak penampilan maupun performa kendaraan. Yuk kenalan dengan 5 tuner paling populer dari tiap brand berikut!

 

Toyota

Source: autoguide

Sebagai salah satu brand otomotif yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia, Toyota punya tuner yang udah dikenal handal bernama TRD. Kamu yang punya produk Toyota, pasti udah tidak asing kan dengan nama tersebut? Yes, TRD bertugas untuk mendandani mobil-mobil Toyota agar semakin responsif di jalan raya. 

Eits, TRD sendiri memiliki 'kembaran', yaitu TRD Sportivo. Apa bedanya? TRD bertugas untuk merombak mobil toyota mulai dari performa, body kit yang berfungsi mengimbangi performa tinggi, dan juga bagian lainnya. Sedangkan TRD Sportivo, bertugas untuk mendandani mobil Toyota dengan beberapa body kit agar terlihat sporty. Salah satu line up TRD-Sportivo adalah all new Toyota Agya 2017.

Agya TRD's

 

Honda

Honda City Mugen. Source: Mugen

Jika pemilik toyota bisa berbangga dengan label tuner TRD, maka Honda memiliki MugenMemiliki arti unlimited power, Mugen tidak hanya bertugas memberikan body kit keren, namun juga fokus mendongkrak performa mobil mobil keluaran milik Honda. Bukan hanya mobil mobil standar, namun varian tertinggi dari Honda yaitu Type-R juga ikut di dandani oleh Mugen. Wih!

 

2010 Honda Civic Type-R Mugen. Source: Carmagazine

Di Indonesia, Honda menjual salah satu mobil yang di tangani oleh Mugen, yaitu Honda HR-V Mugen.

HR-V Mugen. Source: Honda Indonesia

 

Nissan

Nissan GT-R Nismo. Source: Nissan UK

Nissan terkenal dengan beberapa produk kencang nya, sebut saja GT-R, Fairlady, dan mobil legendaris seperti Silvia, 240sx, dan masih banyak lagi. Tidak puas? Nissan juga memiliki divisi khusus untuk membuat lari mobil-mobil mereka semakin kencang. Yap, tuning performa mobil-mobil Nissan merupakan tugas Nismo (Nissan Motorsport).

Salah satu produk Nissan yang pernah di tangani oleh Nismo adalah Nissan Juke RS, yang tidak asing kita lihat berlalu lalang di Indonesia. Ciri khas mobil yang sudah ditangani oleh Nismo adalah, terdapat emblem bertuliskan Nismo dengan 'o' yang berwarna merah dan terletak di grill.

Nissan Juke RS Nismo. Source: Nissan USA

Di Indonesia sendiri, Nissan pernah menjual salah satu produk yang ditangani oleh Nismo, yaitu Nissan March (Micra). Perbedaan dengan Nissan march standar adalah muffller, suspension, Nismo brake pad, Nismo Stripe, dan full body aero kit.

Nissan March Nismo. Source: Autobless

 

Mitsubishi

Lancer Ralliart. Source: roandantrack.

Mitsubishi terkenal handal dalam urusan balap rally. Di dukung line up produk seperti Lancer, Pajero, bahkan Mirage, Mitsubishi menjadi langganan dalam mengikuti kejuaran rally. Maka dari itu, Mitsubishi memiliki divisi khusus untuk memberikan tune up kepada mobil mereka, dan itu adalah Ralliart. Selain bertugas menyiapkan mobil rally, Ralliart juga bertugas untuk mendandani mobil mobil harian Mitsubishi. Di Indonesia, Mitsubishi juga sempat menjual salah satu produk yang di dandani ala Ralliart, yaitu Mitsubishi Mirage.

 

Mitsubishi Mirage Ralliart. Source: Pinterest

 

Subaru

WRX-STI. Source: topgear

Yang terakhir ditutup oleh divisi tuning milik Subaru, STi. Tentu, STi bertugas membangun mobil mobil high performance milik Subaru, dan komponen komponen pendukungnya. Mobil rancangan STi dapat dikatakan memiliki kelebihan di handling, karena mobil standar Subaru sudah memiliki sistem 4WD, maka STi dengan mudah memberikan tuning. Salah satu mobil terlaris yang ditangani STi, dan juga di jual di Indonesia adalah Subaru WRX STi.

 

Itu dia divisi tuning dari beberapa pabrikan Jepang. Keren keren ya!

Editor: Bogiva

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!