Are You a Zetizen?
Show Menu

A Cheerful Beaded Bag

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 01 Feb 2023
A Cheerful Beaded Bag

Zetizen - Beaded bag/tas manik yang sempat booming di era ’90-an kini kembali ngetren. Selain bentuknya yang unik, tas manik fleksibel digunakan, baik untuk acara formal maupun santai. Model tas satu ini kebanyakan dibuat secara homemade dengan pola dan warna sesuai selera. Motifnya yang beraneka ragam hingga paduan warna yang playful bakal jadi pelengkap outfit harian kamu. Well, kamu bisa loh bikin Beaded Bag sendiri di rumah sebagaimana yang dilakukan Viona Ferlyani.

’’Awalnya, aku memang sangat senang mengoleksi tas. Lalu, saat melihat beaded bag, aku jadi tertarik nih pengin belajar dan membuatnya sendiri. Apalagi pas masa pandemi, membuat kerajinan cocok banget buat mengisi waktu luang. Kebetulan juga mama sering membuat Beaded Bag dan kerajinan tangan lain sejak aku kecil. So, aku memang belajar dari mama hingga sekarang jadi hobi banget bikin beaded bag,’’ tutur gadis yang akrab disapa Viona itu.

Untuk membuat beaded bag, kamu perlu beberapa alat dan bahan seperti manik-manik, senar ukuran 150 lb, pola tas, dan gunting cekris. Pertama, buat pola dan alas tas sesuai desain yang diinginkan. Gunting senar sekitar 1 meter, lalu masukkan manik sebanyak empat buah. Setelah itu, sambung empat manik tersebut dengan memasukkan senar kanan ke dalam satu manik sebelah kiri. Masukkan lagi tiga manik ke dalam senar kanan, kemudian masukkan senar kanan ke satu manik sebelah kiri. Ulangi pola tersebut sampai tingginya sesuai dengan keinginanmu.

’’Kalau di tengah merangkai senarnya habis, kita sambung lagi dengan senar baru. Caranya, senar yang habis itu diselip aja ke dalam manik, terus diikat dua kali. Usahakan tetap rapi supaya senarnya nggak keluar dari manik. Setelah itu, sambung dengan senar baru dan masukkan ke manik yang terakhir kita rangkai. Untuk finishing, cukup rapikan senar yang sudah diikat dua kali menggunakan gunting cekris,’’ jelas Viona.

Meski kelihatannya mudah, ternyata membuat Beaded Bag lumayan rumit jika belum terbiasa. Karena itu, kamu harus benar[1]benar memahami pola dari tas manik yang ingin dibuat. Practice is a must! Banyak berlatih membuat Beaded Bag dengan lihat tutorialnya di YouTube atau TikTok. Selain makin kreatif, kamu bisa memperbanyak koleksi tas, mulai hand bag, sling bag, clutch, hingga tote bag. Tertarik untuk mencoba hobi baru ini? (arm/c12/lai)

Ide Kreasi Manik Manik

MANIK-MANIK memang merupakan bahan dasar yang cantik untuk membuat kerajinan tangan. Bikin kreasi manik-manik juga sangat mudah karena alat dan bahannya ada di sekitar kita. Bukan cuman beaded bag, kamu bisa bikin kreasi lain sebagai berikut. Let’s try! (arm/c12/lai)

Membuat boneka dari manik-manik jauh lebih rumit daripada beaded bag. Sebab, kamu harus pandai memadukan warna manik supaya hasilnya terlihat seperti boneka. Oh iya, kita juga harus membentuk maniknya menjadi tiga dimensi. So, ada ruang kosong di tengah boneka. Proses pembuatannya diawali dengan menyusun bagian kepala, kemudian bagian badan.

Berbeda dengan kreasi sebelumnya, bros yang terbuat dari manik kebanyakan menggunakan kawat perhiasan sebagai pengganti senar. Itu akan menjadikan bros lebih kukuh dan nggak lentur saat dipakai. Dalam pembuatannya, kita bisa memanfaatkan berbagai bentuk dan ukuran manik-manik. Keluarkan kreativitasmu!

Kalau kreasi satu ini, pasti sudah sering kamu temui. Mulai kalung, gelang, cincin, hingga mahkota. Banyak banget model yang bisa dibuat karena prosesnya jauh lebih mudah dan bebas daripada kreasi sebelumnya. Banyak tutorial yang juga bisa kamu jadikan referensi kok. Siap-siap deh, koleksi perhiasan bakal makin banyak setelah bisa membuatnya sendiri, hihi.

RELATED ARTICLES

Please read the following article