Are You a Zetizen?
Show Menu

Mangrove Jakarta Community, Para Pelestari Ekosistem Mangrove

Narendra Mg Narendra Mg 03 Mar 2022
Mangrove Jakarta Community, Para Pelestari  Ekosistem Mangrove

Zetizen-Hutan mangrove berperan besar dalam mencegah abrasi di pesisir pantai. Tak hanya itu, mangrove juga berperan dalam pembentukan pulau, menstabilkan pesisir, menyaring limbah secara alami, dan menjadi habitat serta sumber makanan bagi hewan-hewan yang tinggal di sekitar ekosistem tersebut. Untuk itu, mangrove perlu dijaga dan direhabilitasi. Itulah yang dilakukan teman-teman dari mangrove Jakarta Community!

Mangrove Jakarta Community atau MJ.ID berdiri pada Maret 2020. Komunitasitu bermula saat peringatan Hari Bumi. Ketika itu dilakukan penanaman pertama sebanyak 50 mangrove di pesisir Marunda.

’’Karena banyak aktivis muda yang bergabung dan berharap kegiatan tersebut dilanjutkan, akhirnya kami berkomitmen untuk membentuk komunitas ini,’’ jelas founder MJ.ID Paundra Hanutama.

Mereka bertekad menyelamatkan ekosistem mangrove, khususnya di Jakarta dan Indonesia, secara keseluruhan. komunitas mangrove tersebut ingin meningkatkan kesadaran dan mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam melindungi lingkungan.

Terdapat tujuh anggota tetap atau tim inti dalam komunitas tersebut. ’’Ada saya Paundra, co-founder Bayu Pamungkas, Galih Antarnusa, Hamzah, Ratna, Charles Zon, dan Nanda. Selain itu, kami sudah melibatkan kurang lebih 150 relawan lepas,’’ ungkapnya. Beberapa tim inti MJ.ID bahkan mendedikasikan diri mereka pada konservasi mangrove di studi S-1 hingga S-3.

MJ.ID biasa mengadakan kegiatan penanaman mangrove setiap bulan. Penanaman dilakukan sesuai komitmen komunitas. Apalagi saat peringatan hari nasional dan internasional seperti Hari Peduli Sampah, Hari Menanam Pohon, dan Hari mangrove Sedunia. Kegiatan penanaman dilakukan,dengan fun dan edukatif. Tak lupa memberikan penyuluhan dan juga pesan untuk senantiasa menjaga mangrove.

Nggak cuman bertanam, MJ.ID juga mengadakan webinar dan seminar. Kegiatan itu dinamai TikTalk atau mangroveupdate. Pengisi materinya nggak kalah keren. Mulai aktor Arifin Putra hingga Miss Earth Indonesia 2018. Meski terbilang baru, MJ.ID sudah meraih beberapa penghargaan. Di antaranya, The Best Campaigner 2021 KitaBisa Hero dan The Community of the Year 2021 oleh Indonesia Prestige Award. Founder dan co-founder-nya juga memenangkan beberapa kompetisi environmental, lho!

Sejauh ini, MJ.ID telah menanam kurang lebih 24.000 mangrove dengan berbagai pihak eksternal. Bersama pemerintah, perusahaan, universitas, dan juga komunitas-komunitas lain. Mereka selalu terbuka dengan program kerelawanan. Nah, kalau tertarik berkontribusi, kamu bisa langsung saja meluncur ke Instagram@mangrovejakarta. id untuk informasi pendaftaran relawan. Asal berkomitmen dan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan MJ.ID, kamu siap tuk jadi relawan. Salam lestari! (elv/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article