Are You a Zetizen?
Show Menu

Tampil Artsy Selama Presentasi

Narendra Mg Narendra Mg 05 Jan 2023
Tampil Artsy Selama Presentasi

Zetizen-Zaman sekarang, sepertinya sesuatu yang artsy emang terasa lebih menarik. Nah, supaya materi presentasimu makin eye-catching dan bikin siapa pun bakal memperhatikanmu sampai akhir, yuk bikin PowerPoint artsy bareng ilustrator TUTRISYE ANTAMENG. Selain mudah, kamu bisa explore banyak fitur PowerPoint yang belum kamu tau sebelumnya, loh. (lia/c20/kch)

Cari Banyak Referensi 

Sebelum memulai untuk membuat PowerPoint yang artsy, pastikan kamu mencari banyak referensi dulu, ya. Referensi ini bisa berupa tema yang akan kamu pakai. Referensi ini bisa kamu dapatkan di situs semacam Pinterest. Dengan mencari banyak referensi, kamu jadi punya banyak pilihan untuk menyesuaikan mana yang memungkinkan kamu buat saat masih menjadi pemula. Mencari beberapa tutorial juga bisa banget jadi bahan belajar sebelum mulai membuat PowerPoint yang artsy.

Tentukan Dulu Color Palette

Setelah menentukan tema yang ingin kamu gunakan, cari color palette yang tepat. ’’Aku biasanya mencari contoh color palette di situs Adobe Kuler (atau Adobe Color). Caranya gampang kok. Kamu hanya perlu mencari lewat keyword seperti ’’orange blue’’. Kemudian, Adobe Kuler akan memberikan beberapa opsi warna yang cocok dengan keyword-mu itu,’’ ungkap gadis yang biasa dipanggil Ameng ini.

Mulai Maksimalkan Fungsi "Shape"

Dalam salah satu tutorial membuat PowerPoint yang artsy, Ameng benar-benar memaksimalkan segala fungsi pada aplikasi tersebut. Setelah memilih color palette, saatnya membuat desain sesuai keinginanmu. Dengan menggabungkan antar-shape, kamu bisa membuat gambar apa pun yang kamu inginkan. So, pastikan kamu mencoba explore lebih di PowerPoint. Contohnya, menggabungkan merge, intersect, combine, dan lain lain.

Gunakan Gradasi Dan Color Pick

Setelah shape yang kamu desain sudah terbentuk dengan baik, saatnya mewarnai! Pastikan kamu menggunakan fungsi gradasi yang bisa kamu cari di menu shape agar karyamu tampak lebih keren dan artsy. Sementara itu, color pick berfungsi ’’mencuri’’ warna dari color palette yang kita ambil dari Adobe Kuler tadi. ’’Selain itu, jangan lupa pilih font yang menarik. Banyak banget situs di internet yang membagikan font secara gratis. Dijamin hasilnya makin artsy,’’ kata Ameng.

Rahasia Slide Siap dalam Sekejap 

Zetizen-Bikin slide-slide presentasi pasti sudah akrab banget buat kamu yang masih duduk di bangku pelajar atau mahasiswa. Nggak jarang kalau akhirnya suka bingung buat bikin slide yang simpel, tapi tetap menarik dan informatif. Nah, biar nggak bingung, Zetizen punya beberapa tip yang bisa kamu coba, nih! (c20/kch)

Untuk membuat elemen tertentu lebih terlihat atau stand out pada slide presentasi yang kamu buat, kamu dapat coba menggunakan warna-warna komplementer. Contohnya nih, kalau slide kamu kebanyakan berwarna merah, kamu bisa kasih elemen-elemen pentingnya dengan warna merah.

No debat! presentasi yang slide-nya simpel dan nggak banyak komponennya dalam satu slide memang selalu jadi andalan. Hindari menggunakan elemen atau gambar-gambar kecil yang bisa mengganggu fokus orang yang membaca slide-mu. Selain terlihat modern, presentasi dengan slide seperti ini juga cocok buat kamu yang mageran!

Nggak lucu kan kalau misal presentasimu tentang pelajaran, tapi dikasih gambar[1]gambar kartun? Banyak situs yang menyediakan gambar, ilustrasi, atau ikon-ikon yang bisa kamu pakai dan unduh secara gratis. Antara lain, Flaticon, Unsplash, Absurd Illustrations, dan Pixabay.

Untuk menghindari informasi yang diulang atau tidak berurutan, kamu perlu memperhatikan isi slide-mu secara keseluruhan. Dengan melihat semua slide-mu sekaligus, kamu juga bisa tahu kalau ada warna yang nggak sesuai atau gambar yang kurang pas dengan keinginanmu.

RELATED ARTICLES

Please read the following article