Are You a Zetizen?
Show Menu

Buat Kamu yang Suka Berpetualang, Ini Alasan Jadi Pilot Wajib Masuk Bucket List-mu

Nourma Vidya Nourma Vidya 06 Apr 2017
Buat Kamu yang Suka Berpetualang, Ini Alasan Jadi Pilot Wajib Masuk Bucket List-mu

Zetizen.com – Sejak terbang dengan pesawat makin mudah diakes, Profesi Pilot makin dikenal dan jadi makin populer. Apalagi, nggak cuma keren dan terlihat gagah, seorang Pilot juga merasakan banyak pengalaman keren yang mungkin nggak bisa dirasakan kebanyakan orang lain. Hal itulah yang diungkapkan Athira Farina dan Nelson Simajaya. Dua orang ini adalah Pilot muda asal Indonesia yang beken di sosial media. Kayak apa ya asiknya jadi seorang pilot?

 

Punya Ruang Kerja Antimainstream

Mendengar kata ruang kerja, apa sih yang terlintas di bayanganmu? Ruangan kaca dengan pintu semi transparan? bilik-bilik meja kerja yang berderet-deret? atau mungkin kursi dan ruangan besar yang banyak bukunya? 

Well, kalau kamu seorang pilot, rasanya ruang kerjamu bakal jauh dari kesan membosankan kayak gitu. Coba deh, siapa sih yang bisa bosan dengan pemandangan langit dan awan serta daratan dari ketinggian? “Menurut saya, Pilot adalah Profesi dengan ruang kerja terindah yang pernah ada,” ujar Nelson Simajaya. Widiih, benar-benar nggak bakal ditemukan di tempat lain deh!

 

Ini nih 'ruang kerja' yang dimiliki seorang Pilot (Foto : reference)

 

Belajar Menghargai Diri Sendiri

Sebagai pekerja di bidang jasa, Pilot tentu dituntut untuk selalu well-appeared dan pandai membawa diri. Nggak heran, kmenjaga penampilan jadi salah satu ‘kewajiban’ sekaligus skill yang harus dimiliki seorang pilot. Hal ini dirasakan banget oleh Athira Farina, salah satu Pilot cewek yang dimiliki Indonesia. “Meskipun Profesi Pilot mayoritas digeluti laki-laki, tapi menjaga penampilan tentu harus selalu dilakukan. Apalagi buat seorang wanita seperti saya,” ujar cewek berusia 25 tahun ini. Nah, keharusan menjaga penampilan ini secara otomatis bikin semua Pilot juga jadi lebih menghargai diri dan penampilan mereka sendiri. Hmm, pantas ya Pilot identik sama kesan cantik dan ganteng!

 

Jadi Bagian dari ‘Minoritas’ yang Membanggakan

Buat jadi seorang pilot, seseorang harus menempuh proses seleksi dan pendidikan yang nggak sembarangan. Nggak heran kalau Profesi satu ini tergolong masih eksklusif dan mungkin masih nggak banyak dipahami. “Jumlah Pilot di Indonesia sekarang kurang lebih 10.000 orang dengan perbandingan jumlah penduduk diperkirakan 258 juta jiwa. Jadi bisa dibilang nggak sampai 0,00004% orang Indonesia yang berprofesi sebagai pilot. Ada kebanggaan tersendiri saat kita jadi bagian dari angka yang sangat kecil itu,” ujar Nelson Simajaya, cowok berusia 23 tahun yang udah dua tahun lebih terjun sebagai Pilot salah satu maskapai swasta ini. Nah, kalau kamu berhasil jadi salah satu dari mereka, otomatis kamu termasuk orang-orang istimewa yang terpilih kan, Guys.

 

Nelson Simajaya, mengaku banyak banget merasakan keuntungan dengan profesinya sebagai Pilot (Foto : Instagram @dionisiusnelson)

 

Dapat Banyak Pelajaran Hidup Berharga

Baik Nelson maupun Athira, mengaku kalau Profesi Pilot telah mengajarkan mereka banyak pelajaran hidup berharga. Hal ini udah mereka rasakan sejak masa pendidikan, sampai terjun sebagai profesional. “Jadi Pilot bikin kita harus belajar buat lebih bertanggungjawab dan disiplin. Harus pintar  membagi waktu antara pekerjaan dan social-life,” ujar Athira. Hal yang juga diamini Nelson. “Buat saya pribadi, jadi Pilot membuat saya merasa selalu diingatkan kalau manusia itu kecil di hadapan Sang Pencipta. Saat bertugas, kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan. Kita juga dituntut untuk selalu bisa berfikir sedemikian positif dan jauh ke depan, karena kita punya tanggung jawab yang nggak kecil,” ujar Nelson. They sure know how precious life is!

 

Financially and Socially Stable

Bekerja sebagai pilot, berarti pula kamu akan selalu berhubungan dengan banyak orang, banyak tempat, dan banyak budaya. Hal ini secara nggak langsung bakal mengajarkan kamu untuk selalu bisa memperluas sosialisasi. “Salah satu kegembiraan terbesar jadi Pilot adalah kesempatan buat kenal banyak orang baru, baik itu dengan rekan kerja juga dengan penumpang yang kita bawa,” ujar Athira. Nggak cuma itu, kebanggaan jadi Pilot di usia muda juga not to be naive adalah kondisi finansial yang otomatis lebih terjamin dan stabil. “Dari segi finansial, semua pengorbanan, kerja keras, kedisiplinan, dan tanggung jawab kita akan benar-benar dihargai dengan baik dan setimpal,” tambah Nelson.

 

Athira Farina, salah satu Pilot muda cewek yang dimiliki Indonesia (Foto : Instagram @athiafarina)

 

Work to Travel

Keuntungan seorang Pilot yang udah jadi rahasia umum, tentu adalah kesempatan untuk bisa berpergian ke banyak tempat-tempat baru. Nggak harus membayar untuk travelling, seorang Pilot justru bekerja dan dibayar untuk mengunjungi berbagai tempat itu. Nah, ternyata ada loh Pilot yang juga secara kreatif membagikan pengalaman travelling ‘gratis’ nya ini dengan menjadi travel blogger. Misalnya Maria Pettersson, Pilot wanita asal Swedia yang rutin membagikan pengalaman berpergiannya ke berbagai tempat lewat sosial media dan blog pribadi.

Sampai sekarang, akun Instagram Maria yang berisi banyak pengalaman travelling nya udah diikuti lebih 386.000 orang loh. Asyik kan? Bisa travelling, bisa pula membagikan pengalamanmu itu dengan jadi travel blogger yang bisa menginspirasi banyak orang! Oh ya, kamu bisa loh ikut ‘jalan-jalan’ dengan mengunjungi blog pribadi www.pilotmaria.com atau coba intip pengalaman travelling nya di akun Instagram @pilotmaria.

 

Instagram Maria Petersson berisi keseruannya travelling sambil bekerja (foto : Instagram)

 

Maria juga rutin menuliskan pengalamannya mengunjungi berbagai tempat lewat sebuah blog 

 

Gimana, udah pengin jadi pilot?
Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article