Are You a Zetizen?
Show Menu

Start Your Business!

Narendra Mg Narendra Mg 14 Jan 2022
Start Your Business!

NGGAK sedikit mahasiswa yang memilih jalan instan seperti menyontek hingga joki tugas. Apalagi, kini jasa joki sudah banyak tersebar di media sosial. Keresahan itulah yang mendorong Graciella Eunike Satriyo atau akrab disapa Ciella membentuk sebuah platform edukasi guna memaksimalkan potensi mahasiswa.

’’Aku mendirikan GE-I Class karena ingin membangun sebuah ekosistem pendidikan yang mendorong peserta didik ’sehat’ dalam proses belajar. Ini bertujuan agar perkembangan potensi mahasiswa bisa maksimal,’’ tutur Ciella. Sadar ada hidup yang harus dipertanggung jawabkan mendorong entrepreneur asal Denpasar itu semakin teguh berkarya. Bagi dia, hidup nggak boleh biasa-biasa saja dan harus diusahakan semaksimal mungkin.

Ciella tertarik dengan dunia bisnis sejak SMP. Awalnya, dia merintis bisnis dengan sistem drop-shipping, kemudian dilanjutkan membangun bisnis oleh-oleh khas Bali. Sejak 2013, Ciella memasarkan produk pai susu dengan mengoptimalkan jual beli online. Berbekal pengalaman tersebut, dia mendirikan platform edukasi.

Tentu itu bukan perkara mudah. ’’Banyak waktu yang harus dikeluarkan dan harus rela kalau memang model bisnis yang sudah dipikirkan matang-matang harus diganti,’’ ujar Ciella. Menurut dia, yang terpenting dalam membangun fondasi bisnis adalah kekuatan tim.

’’Tantangan pasti banyak! Dari menemukan model bisnis, tim yang tepat, mempertahankan tim, hingga keuangan. Cara mengatasinya, ya dengan membuka diri untuk terus belajar hal baru, memiliki mentor, dan selalu terbuka sama tim,’’ jelasnya. Ciella juga belajar manajemen waktu dengan disiplin memaksimalkan waktu yang ada dan menghindari kegiatan yang nggak esensial.

Rasa takut yang muncul saat hendak memulai bisnis adalah hal yang wajar. Alumnus Universitas Kristen Petra itu juga mengalami jatuh bangun kok! Namun, dia mencoba mengatasi ketakutannya dengan mengerjakan hal sederhana dan diskusi bersama tim. ’’Proses berani gagal, berani ambil risiko, serta berani sakit itu yang membuatku berada di titik ini,’’ lanjutnya.

                                                              KONSTRIBUSI NASIONAL: Ciella menjadi salah seorang                                                                                                                                        peserta IMMOVE  2018. IMMOVE adalah sebuah gerakan                                                                                                                                        perdamain dari MAARIF Institute.

Kerja kerasnya berbuah manis. Bisnis berjalan, prestasi pun bertambah. Ciella menjadi perwakilan Shopee Indonesia dalam seminar online Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dia juga menjadi duta Indonesia Millennial Movement (IMMOVE) 2018 dan menjadi pembicara di Diplomat Success Challenge (DSC) XII.

’’Ke depan sih bakal terus mengembangkan bisnis bersama tim dan keluarga. Targetnya bisa mencapai setiap visi yang sudah dicanangkan,’’ ungkap Ciella. Dia berharap apa yang dilakukannya bisa memotivasi generasi muda untuk mulai merancang masa depan. Salah satunya, membuka usaha. Yuk, berani mengambil langkah dan mulai merealisasikan bisnismu! (elv/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article