Are You a Zetizen?
Show Menu

Abadikan Momen dengan Scrapbook

Narendra Mg Narendra Mg 14 Dec 2022
Abadikan Momen  dengan Scrapbook

Zetizen-Pernah kehilangan foto atau memori penting di HP? Sayang banget ya kalau kenangan itu jadi hilang gitu aja. Nah, kerajinan tangan satu ini bisa jadi alternatif pilihan untuk menyimpan foto-fotomu, loh. Dijamin nggak bakal hilang dan fotomu akan jadi lebih cantik. Yup, scrapbook dikenal dengan membuat hal indah dari komponen-komponen sederhana di sekitar kita. Penasaran dengan keunikan scrapbook? Yuk, kita simak!

Scrapbook adalah foto yang didekorasi dengan menggunakan gambar-gambar hiasan di sekelilingnya untuk mengabadikan suatu momen tertentu. ”Misalnya, waktu kita pulang liburan, kita mau mengabadikan foto liburan kita dalam bentuk scrapbook. Kalau kamu kreasikan menjadi scrapbook, fotomu akan jadi lebih indah dan cantik ketika dilihat,” tutur Alvita Angela Hentika, scrapbook enthusiast yang akrab disapa Ella.

Scrapbook sendiri nggak hanya berupa album, bisa berbentuk pigura, kartu, atau boks yang membuatnya semakin tampak menarik. Desain scrapbook bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Karena itu, scrapbook juga sering kali dipakai sebagai kado untuk berbagai event seperti ulang tahun, anniversary, dan graduation.

”Waktu memulai bikin scrapbook, pasti akan terasa susah dan bingung, tapi tenang aja kok, lama-lama bikin ketagihan, hehe. Apalagi kalau bikin scrapbook buat kado, itu punya kesan ’niat’ tersendiri,” ungkap salah satu anggota dari scrapbook Island. Alat dan bahan untuk membuat scrapbook juga mudah ditemukan. Kamu bisa memanfaatkan barang di sekitar sekreatif mungkin, misalnya kertas bekas majalah, koran, dan kardus.

”Membuat scrapbook bisa kamu mulai dengan menentukan model dan tema scrapbook. Untuk memilih tema, kamu bisa pertimbangkan scrapbook ini mau diberikan untuk siapa dan untuk apa. Jangan lupa tambahkan gambar hiasan pendukung kesukaan mereka supaya lebih personal,” tutur Ella.

Yang perlu kamu siapkan adalah alat kerajinan sederhana seperti gunting, cutter, lem, kertas, foto, isolasi penimbul, dan hiasan-hiasan lainnya. Kalau kamu mau buat scrapbook berbentuk album, jangan lupa siapkan pelubang kertas dan ring untuk menyatukan tiap lembarnya.

”Aku biasanya pakai beberapa alat dan bahan khusus untuk mempermudah pengerjaan. Ada gunting khusus yang ujungnya lancip supaya kalau menggunting kertas itu lebih enak dan lancar. Ada juga lem khusus supaya hasilnya nggak menguning. Tapi, semua itu nggak wajib kok!” jelasnya.

Jenis kertas yang sering digunakan untuk membuat scrapbook biasanya kertas scrapbook, kertas karton manila, kertas yang di-custom laser print, dan kertas kado. Kertas scrapbook nggak mudah menguning walau disimpan lama dan biasanya berukuran 12 x 12 inci. Banyaknya kertas yang kamu pakai akan dipengaruhi sama desain scrapbook yang ingin kamu buat. Misalnya nih, kalau buat scrapbook bentuk frame, kamu cukup menyiapkan 1 lembar.

”Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan waktu bikin scrapbook. Pertama, saat menggunting itu harus benar-benar rapi. Soalnya, kalau nggak rapi, hasilnya kurang maksimal. Kedua, ketika menempel dengan lem, lemnya juga jangan keluar-keluar ya, soalnya akan terlihat berantakan,” pesan Ella.

Setiap detail kecil wajib kamu perhatikan agar mendapatkan hasil yang bagus dan menjadi kado yang nggak terlupakan. Selamat berkreasi! (elv/c13/lai)

Apa Saja sih Manfaatnya?

Zetizen-Scrapbooking jadi hobi banyak orang sejak dulu. Tahu nggak kalau scrapbook itu punya banyak manfaat? Yups! Selain untuk kado dan menyimpan kenangan kamu, ternyata bikin scrapbook itu juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Wah, kira-kira apa aja ya manfaatnya? (elv/c13/lai)

Bisa Bikin Kamu Rileks

Bikin scrapbook bisa bikin tubuh dan pikiranmu rileks. Sebab, scrapbooking terbukti bisa mengurangi anxiety dan stres loh! Jadi, waktu lagi stres karena sekolah atau pekerjaan, kamu bisa take a break dengan membuat scrapbook. Apalagi, alat dan bahannya mudah ditemuin, jadi nggak perlu bingung untuk menyiapkan bahannya. Menyelesaikan scrapbook kayak ada satisfaction-nya gitu.

Media Komunikasi Perasaaan

Di balik setiap scrapbook pasti ada cerita tersendiri. Setiap foto dan elemen yang dipakai untuk scrapbooking ternyata punya maknanya masing-masing. Scrapbooking ini memang pas banget untuk menyampaikan perasaan kamu ketika nggak bisa menyampaikannya dengan kata-kata. Wah, bisa nih buat media menyampaikan perasaan ke gebetan, hehe. 

Melatih Fokus dan Kreativitas

Karena scrapbook itu punya banyak detail kecil, kamu akan terlatih untuk fokus dengan tiap detail dan elemen yang kamu buat. Mengerjakan scrapbook akan membuatmu meninggalkan sesaat distraksi seperti notifikasi media sosial. Selain melatih fokus, kreativitasmu dalam membuat desain akan terasah. Sebab, dengan bahan sederhana, kamu bisa hasilkan scrapbook yang cantik dan menarik. 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article