Are You a Zetizen?
Show Menu

KOMUNITAS INDONESIA COLLAGE COLLECTIVE, Gunting Dan Tempel Imajinasimu

Narendra Mg Narendra Mg 17 Feb 2022
KOMUNITAS INDONESIA COLLAGE COLLECTIVE, Gunting Dan Tempel Imajinasimu

Zetizen-Seni kolase merupakan seni menempelkan berbagai unsur ke dalam satu frame. seni itu terbilang sederhana. Alat dan bahannya pun mudah didapat. Yang kamu butuhkan cuman kertas, lem, majalah atau koran bekas, dan pernak-pernik hiasan. Well, buat kamu yang hobi bikin kolase atau sebatas penggemar seni tersebut, ada sebuah komunitas yang fokus di bidang kolase, lho!

Collage.id atau Indonesia Collage Collective adalah komunitas kolase berbasis media sosial. komunitas itu terbentuk dari ketertarikan yang sama pada kolase. Collage.id menjadi penghubung antara seniman dan kolektif kolase di seluruh Indonesia. Lewat komunitas tersebut, seniman dan kolektif dapat berkomunikasi, berjejaring, dan saling berbagi informasi soal kegiatan kolase di kotanya masing-masing.

Collage.id berawal dari proyek kolaborasi kolase lintas kota antara Rozel (Jakarta), Rifka (Makassar), dan Septian (Surabaya) pada 2016. Meski belum pernah bertemu, mereka berhasil mengembangkan Collage.id menjadi komunitas yang besar dan berprestasi. Hingga berhasil merilis kumpulankarya pertama bertajuk Zine & Jun Volume 1.

’’Perkembangan teman-teman kolektif yang bergabung dengan Collage.id bisa dibilang cukup pesat, tiap tahun selalu bertambah. Hingga 2021, kurang lebih ada 15 kolektif kolase yang bergabung dengan Collage. id dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia,’’ ungkap Rifky, salah seorang anggota.

Kegiatan Collage.id cukup beragam. Ada kolase bersama, workshop kolase, dan agenda tahunan untuk merayakan Hari Kolase Dunia. Workshop dan kolase bersama biasanya diadakan tentatif, jadi nggak ada jadwal pasti. Para peserta akan berkumpul membuat kolase, berbagi informasi, dan berbagi bahan-bahan kolase.

Mereka juga merayakan World Collage Day atau Hari Kolase Dunia setiap Mei. Acara itu diinisiatori Kolaj Magazine sejak 2018 untuk mengapresiasi komunitas kolase dan seniman. ’’Untuk merayakannya, kami membuat berbagai agenda bersama yang berkaitan dengan kolase. Jadi, kami membuat urutan pembuatan kolase dengan teman-teman kolektif di seluruh Indonesia, saling mengoper gitu. Kami menyebutnya Meski Tidak Bersama, Kita Bisa Bekerja Sama,’’ jelasnya.

Collage.id juga beberapa kali bekerja sama dengan pihak eksternal. Salah satunya, menjadi media partner untuk lomba, event kolase, dan workshop kolase yang diadakan hotel atau kampus. Kalau kamu mau bikin kolase sendiri di rumah, mereka membagikan collage kit yang bisa kamu unduh dan gunakan, lho!

Tertarik bergabung dengan Collage.id? Nggak ada persyaratan khusus kok. Kamu cukup gabung dengan kolektif kolase di kota masing-masing.Kalau di kotamu belum ada kolektif kolase, kamu bisa bikin sendiri dan informasikan kegiatan kolase ke Instagram @collage.id. Cut and paste with love! (elv/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article