Are You a Zetizen?
Show Menu

Komunitas Rumah Pelangi, Mewarnai Pendidikan Anak Jalanan

Narendra Mg Narendra Mg 24 Feb 2022
Komunitas Rumah Pelangi, Mewarnai Pendidikan Anak Jalanan

Zetizen-Banyak anak jalanan yang tidak bisa mengecap bangku sekolahan. Di usia yang seharusnya masih menimba ilmu, mereka justru mencari nafkah. Padahal, setiap anak memiliki hak yang sama dalam pendidikan sebagai poros generasi bangsa. rumah pelangi hadir untuk mengupayakan pemenuhan hak dasar anak-anak jalanan tersebut. Terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Rumah Pelangi adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan. komunitas itu lahir dari kepedulian seorang siswi kelas I Mu’allimien (setara SMA) Pesantren Persatuan Islam 1 Bandung Ghinanti Rhinda Dewi. Gadis yang akrab disapa Ghinan itu mendirikan rumah pelangi pada 2012.

’’Pertama di taman Alun-Alun Kota Bandung, kemudian pindah ke Stasiun Bandung. Kami sekarang fokus membina anak-anak jalanan di sekitar Terminal Leuwi Panjang, Pasar Caringin, Kopo, Cibaduyut, dan Moch. Toha,’’ tuturnya.

Ghinan membawa visi terwujudnya anak-anak jalanan yang memiliki akhlakul karimah dan mandiri. ’’Visi itu kami capai dengan mengenalkan dan menerapkan ajaran serta norma agama Islam dalam diri anak-anak jalanan. Menjadi wadah minat dan bakat mereka, membentuk kemandirian belajar melalui kebiasaan baca buku, serta memberikan pendidikan gratis melalui kegiatan belajar nonformal yang mengasah kreativitas dan kemampuan motorik,’’ jelasnya.

Rumah Pelangi memiliki beragam kegiatan. Mulai kegiatan belajar-mengajar, program tahsin, satu bulan satu buku, nonton bareng film edukatif, talk show inspiratif, turnamen persahabatan, hingga kelas memasak. Kegiatan belajar-mengajar biasanya diadakan setiap Senin dan Rabu. Mereka belajar calistung, membaca, dan bahasa Inggris.

Ada pula agenda Sabtu Kreatif dan Open House. Sabtu Kreatif diadakan rutin setiap Sabtu untuk mengasah kreativitas anak-anak jalanan. Misalnya, menggambar, melukis layangan, dan melukis tote bag. Nah, Open House dilakukan setahun sekali. Tujuannya, menampilkan pentas seni sekaligus mengenalkan rumah pelangi kepada masyarakat umum.

Nggak sedikit mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang bekerja sama dengan rumah pelangi untuk mengadakan kegiatan seperti bakti sosial. Ghinan kerap mendapat penghargaan berkat kerelawanannya. Dia terpilih sebagai perwakilan perempuan Jawa Barat dalam Kartini Award Tingkat Nasional 2021, Best Delegate Youth Abroad Expedition in Bali 2021, delegasi Pemuda Mendunia Chapter Malaysia 2020, dan Awardee Fully Funded Youth Abroad Expedition Chapter Malaysia 2020.

Semua agenda komunitas rumah pelangi dikoordinasi para volunter. Sebagai volunter, mereka juga berkesempatan mengikuti workshop dan networking untuk saling berbagi. Wah! Kalau kamu tertarik bergabung dengan Rumah Pelangi, sering-sering cek Instagram mereka untuk informasi open recruitment. Be useful to others! (elv/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article