Are You a Zetizen?
Show Menu

Tusuk-Tusuk Jadi Beragam Bentuk

Narendra Mg Narendra Mg 30 Nov 2022
Tusuk-Tusuk Jadi Beragam  Bentuk

Zetizen-Benang wol nggak cuma bisa dijadikan pakaian, tapi juga mainan dan boneka. Buat kamu yang suka bikin mainan sendiri, udah pernah coba needle felting belum? Itu lho, proses mengubah wol menjadi objek 3D dengan menggunakan jarum khusus. Cukup ditusuk-tusuk sudah bisa menghasilkan bentuk yang diinginkan. Mudah bukan?

’’Aku tertarik dengan needle felting sejak 2018. Bahan yang digunakan termasuk tipe bahan yang aku suka dalam crafting. Awalnya belajar pakai satu set needle felting yang sudah ada booklet step-by-step, peralatan, serta wol warna-warni. Kalau ada langkah-langkah yang bikin bingung, baru cari tutorialnya di YouTube,’’ ungkap Nurvita Rohmatul Jannah, needle felting enthusiast.

Ada beberapa alat yang perlu kamu siapkan untuk membuat needle felting. Mulai wool roving, felting map, gunting, hingga felting thimbles untuk melindungi jari. Jangan lupa jarum khusus needle felting, ya! Sebab, jarumnya berbeda dengan jarum jahit biasa. Bentuknya seperti tongkat dengan ukuran yang lebih besar dan panjang.

’’Pertama, siapkan bahan, alat, dan desain yang ingin dibuat. Mulailah membuat dasar dari bentuk-bentuk tersebut. Misalnya, untuk membuat kepala, ambil beberapa wol dari bentuk bulatan. Lalu, tusuk-tusuk dengan jarum sampai bentuknya padat. Lakukan proses tersebut hingga selesai,’’ jelas cewek yang biasa dipanggil Ita tersebut.

Ketika kamu menusuk wol, jarum needle felting akan menangkap serat wol yang memiliki kait mikroskopis di atasnya. Dengan demikian, wol akan saling melekat secara permanen. ’’Biasanya, aku mengalami kesulitan dalam pembentukan dasar. Mau bikin persegi, tapi jadinya miring. Terus, harus hati-hati agar jarumnya nggak kena jari. Meski begitu, bikin needle felting sangat menenangkan. Bisa bikin fokus dan mengalihkan pikiran,’’ tandasnya.

Hasil needle felting tersebut bisa kamu jadikan hiasan, pin, hingga key chain. Oh iya, selain needle felting, ada yang namanya wet felting. Kalau wet felting, serat wolnya ditumpuk untuk membuat lukisan. Nantinya, wol menyatu dengan cara ditekan menggunakan air sabun. Wah, menarik, ya! Wanna try it? (arm/c12/lai)

Let’s Explore It!

Zetizen-Needle felting menghasilkan bentuk-bentuk yang lucu dan menggemaskan. Biasanya, bentuk hewan jadi pilihan populer dengan hasil sedikit berbulu. Nah, kalau pengin coba bikin di rumah, kamu bisa belajar dari beberapa channel YouTube berikut. Check this out! (arm/c12/lai)

Channel yang dibuat sejak 2019 itu selalu membagikan tutorial needle felting dengan berbagai bentuk hewan. Ada juga tips dan trik untuk mengombinasikan warna, teknik finishing, hingga review alat-alat canggih needle felting. Kamu bahkan bisa membuat duplikat hewan peliharaanmu dalam bentuk boneka dengan nonton channel tersebut!

Channel berikut sering banget mengadakan live streaming saat membuat needle felting. Nggak heran kalau tutorialnya lebih detail dengan durasi lumayan lama. Yang paling sering dibuat adalah boneka karakter. Uniknya, channel itu juga sering membuat lukisan dari needle felting. Baik dengan teknik tusuk-menusuk maupun menggunakan air sabun.

Sarafina membuat channel needle felting sejak 2010. Video tutorialnya sangat terperinci dan terbagi menjadi beberapa bagian. Dari membuat desain, kerangka, hingga proses menusuk-nusuk wol. Channel itu juga membuat sebuah lukisan dengan menggabungkan teknik needle felting dan wet felting.

RELATED ARTICLES

Please read the following article