Are You a Zetizen?
Show Menu

Meracik Aroma Sepenuh Hati

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 31 Jan 2023
Meracik Aroma Sepenuh Hati

Zetizen-Setiap orang pasti suka dengan aroma parfum yang memiliki berbagai karakter seperti segar, manis, hangat, hingga tegas. Menariknya, saat mencium aroma parfum, bukan cuma indra penciuman yang bekerja, lho. Imajinasi kita seolah ikut terbawa melayang membayangkan suasana sesuai aroma yang dicium. Nah, di balik wewangian dalam botol cantik parfum, dibutuhkan kerja keras perfumer yang berpengalaman untuk meraciknya. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut tentang perfumer! (next generation careers/arm/c18/lai)

Create with Heart

Melansir nxgcareers.in, perfumer atau fragrant chemist merupakan sosok yang menciptakan komposisi dan aroma parfum dengan berbagai eksperimen dan penelitian. Mereka adalah orang-orang yang indra penciumannya lebih sensitif daripada orang biasa. Profesi itu sangat menarik. Apalagi, masih jarang perfumer yang bisa kita temukan di Indonesia. Sama halnya dengan seniman, perfumer juga memerlukan imajinasi untuk menciptakan cerita dari

Untuk membuat wewangian yang diminati banyak orang ternyata nggak mudah, lho! perfumer biasanya menggabungkan kanyak esensial dari beberapa material untuk mencari aroma yang diinginkan. Jadi, proses yang dikerjakan sangat panjang. Mulai dari menciptakan aroma nada dasar, nada tengah, dan nada atas hingga mengombinasikan ketiganya. Proporsi minyak esensial harus sesuai dan strip setiap rasio perlu diuji secara berulang untuk kemudian dibandingkan satu sama lain. Setelah mendapatkan kombinasi tiap nada, jadilah parfum yang siap dipakai.

What to Prepare?

Untuk menjadi perfumer, hal utama yang perlu disiapkan adalah pengetahuan tajam tentang jenis bahan wewangian dan mampu membedakannya. Pengetahuan tersebut nggak lain adalah tentang kimia molekuler. Sebab, aroma merupakan partikel materi yang terdiri atas molekul. Sifat kimia molekul aroma itu bisa menentukan bagaimana mereka tercium dan bertindak dengan tiga komponennya yang berbeda, Memori yang baik bisa jadi nilai plus karena akan membantu untuk mengingat jenis wewangian yang sangat banyak.

Untuk itu, seorang perfumer harus memiliki wewangiannya. minimal gelar di bidang kimia yang dapat meningkatkan peluang kerjanya. Mereka juga akan melalui masa pelatihan intens dan ketat yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Dalam pelatihan, mereka akan diajari tentang formulasi aroma, aplikasi minyak esensial alami vs sintetis, evaluasi penciuman, analisis fisik-kiria, dan mengembang- kan ingatan penciuman. Sayang, jurusan tentang perfumery masih sangat jarang di Indonesia.

Challenges to be Faced

Tantangan bagi perfumer adalah proses trial and error yang memakan waktu cukup lama. Dalam memilih bahan alami pun nggak jarang mereka harus terjun hingga ke pedalaman hutan dan pegunungan guna mendapat bahan dasar yang berkualitas. perfumer juga bertanggung jawab menciptakan cerita di balik sebuah aroma sehingga suasana hati mereka pasti memengaruhi wangi yang dihasilkan.

Meski begitu, lelah seorang perfumer bisa menciptakan kepuasan tersendiri jika eksperimennya mampu menghasilkan aroma yang diinginkan. Dari tiap eksperimen, mereka banyak mendapat pengalaman dan kegagalan baru yang masih bisa dikembangkan. Buktinya, aroma dengan nada yang gagal masih bisa dipublikasikan, lho. Contohnya, parfum Chanel no 5 karya Ernest Beaux.

MAYORITAS orang suka memakai parfum untuk menjaga penampilan tetap wangi dan terhindar dari bau nggak sedap. Tahu nggak kalau aroma parfum juga bisa menunjukkan kepribadian diri? Yups! Kamu nggak bisa sembarangan dalam memilih aroma parfum. Well, kalau kamu masih bingung memilih aroma parfum yang sesuai dengan kepribadianmu, yuk cari tahu aromamu lewat kuis berikut. (arm/c18/lai)

Untuk menikmati weekend, kamu biasanya lebih memilih...

a. Santai di rumah aja b. Pergi jalan-jalan

Kamu lebih suka warna...

a. Soft b. Dark

Saat temanmu bercerita, kamu akan menjadi...

a. Good listener b. Pemberi saran dan solusi

Jika ingin mencapai target, kamu biasanya...

a. Memikirkan kemungkinan lain b. Berani ambil risiko

Cara berbicaramu cenderung...

a. Tenang tapi pasti b. Penuh semangat

Mostly A: Calm Floral

Kamu termasuk orang yang tenang dan kalem. So, aroma lembut dan menyenangkan khas dari kesegaran bunga cocok buat kamu. Sebab, aroma floral yang biasanya berasal dari campuran bunga-bungaan ini bisa membuat seseorang lebih tenang, bergairah, dan mengurangi rasa gelisah. Nah, kamu bisa mencoba aroma floral dari bergamot, tuberose, Jasmine, dan gardenia.

Mostly B: Fresh Fruity

Banyaknya aktivitas sering kali membuatmu yang energik merasa gerah dan nggak fresh. Apalagi jika tinggal di negara tropis dengan suhu udara yang tinggi. Karena itu, kamu butuh parfum dengan aroma fruity yang bisa membuatmu lebih bersemangat dan segar sepanjang hari. aroma fruity yang bisa kamu coba adalah Mandarin lime, almond, citrus, dan raspberry.

RELATED ARTICLES

Please read the following article