Are You a Zetizen?
Show Menu

[Weekly Funfact] 7 Fakta Mencengangkan tentang Sampah

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 01 Mar 2017
[Weekly Funfact] 7 Fakta Mencengangkan tentang Sampah

Zetizen.com – Sampah. Mendengar namanya aja pasti udah bikin banyak orang mengerenyit jijik. Padahal, adanya sampah juga gara-gara ulah manusia. Bahkan, nggak jarang ada orang yang harus rela berkutat bahkan sampai masuk dan bersentuhan langsung dengan timbunan sampah buat membersihkannya. Nah, sebagai limbah, ternyata sampah ini punya banyak fakta unik yang lumayan mencengangkan.

 

Indonesia, Pembuang sampah Plastik Terbesar Kedua

Menurut Jambeck (2015) Indonesia berada di peringkat kedua dunia negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. sampah plastik yang dibuang Indonesia ke laut mencapai jumlah 187,2 juta ton. Jumlah ini hanya kalah dari buangan Tiongkok yang mencapaia 265 juta ton. Tak ayal, beberapa tempat seperti bandung benar-benar menekan jumlah sampah plastik dan styrofoam di kotanya.

 

700 Botol per Menit

Menurut Edward Humes, penulis dari "Garbology: Our Dirty Love Affair with Trash,", di Amerika Serikat, sebanyak 60 juta botol plastik terbuang setiap harinya. Jumlah ini sama dengan 700 botol plastik dibuang tiap menit, atau hampir 15 botol tiap detiknya.

 

Styrofoam Sangat Susah di Degradasi

Dibutuhkan kurang lebih 1 juta tahun bagi bakteri dan mikroorganisme untuk mengurai sebongkah sampah styrofoam. Nah, jika dikalkulasi nih, satu juta tahun itu sama dengan rentang usia 25.000 generasi. Jadi kalau kemarin kamu buang styrofoam sembarangan, maka sampah itu baru terurai waktu cucu dari cucu cucu cucu dan cucunya entah siapa lagi lahir.

 

Bisa Menutup Setengah Kota Bandung

Saat natal, sebanyak 83 kilometer persegi kertas kado dibuang begitu saja ke pembuangan sampah di UK. kalau direntangkan, sampah sebanyak itu bisa menutupi lebih dari setengah luas kota Bandung.

 

Sampah Kaleng Paling Berguna

Kalau ada pertanyaan sampah apa yang paling berguna? Jawabannya adalah sampah kaleng.  Contohnya seperti di Amerika nih guys. Banyak sampah kaleng yang digunakan kembali sebagai alumuunium untuk berbagai hal!

 

Pengolahan sampah Terbaik di Indonesia

Ada dua tempat yang memiliki tempat pengolahan sampah terbaik di indonesia. Yaitu TPA Benowo dan TPA Manggar Balikpapan, keduanya sama-sama merubah statement bahwa lahan pembuangan akhir masih bisa diolah menjadi hal yang lebih baik. Pingin tahu seperti apa? Selengkapnya bisa baca disini.

 

Jumlah Bakteri yang Melimpah

Terdapat 400 juta lebih bakteri di tiap satu inchi persegi tumpukan sampah. Kebayang sebanyak apa bakteri yang harus dihadapi mereka yang sehari-harinya berkutat dengan tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir?

 

Editor: Bogiva

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article