Are You a Zetizen?
Show Menu

Percantik Kamar dengan Tanaman

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 03 Jan 2023
Percantik Kamar dengan Tanaman

Zetizen-Coba ngaku, selama pandemi udah berapa kali kamu mendekorasi ulang kamar tidurmu? Selain style yang berubah, beberapa pernak-pernik lain yang harus kamu coba adalah menambahkan bedroom plants sebagai tambahan. Selain mempercantik tampilan ruangan, ternyata tanaman-tanaman ini punya banyak manfaat, loh. Bareng Putri Anugraheni, founder dari growandgrow.id, yuk intip apa aja sih tanaman yang applicable untuk jadi dekorasi kamar. (c20/lia)

Airplant (Tanaman Udara)

Tanaman yang satu ini cukup unik. Selain memiliki bentuk yang nggak biasa, media tanamnya berbeda dari yang lain. Namanya juga airpant alias tanaman udara dengan menggantungkan atau meletakkannya pada sebuah tatak pot atau piring cantik, voila! tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya. Eits, sesekali mereka juga butuh diperhatiin. Hihi…’’Cukup rendam airplant selama 1 menit ketika terlihat sedikit mengering. Lalu, anginkan di luar ruangan. Jangan lupa dijemur saat pagi. Sebelum dimasukkan kembali ke ruangan, pastikan seluruh ketiak dan bagian daun kering dengan cara membolak-balikan bagian tubuhnya,’’ ucapnya.

Tumbuhan merambat ini memang sering dijadikan sebagai hiasan karena bentuknya cantik. Sirih gading termasuk salah satu tanaman yang tahan banting, loh. Karena itu, mudah menentukan media tanam selama di dalam kamar. Selain di dalam pot, sirih gading bisa bertahan hidup dengan hanya diletakkan pada vas kaca berisi air. Untuk perawatannya pun, tidak ada cara khusus. Eits, selain bikin kamarmu terlihat lebih fresh dan asri. Ternyata sirih gading punya beragam manfaat, loh. ’’Sirih gading adalah salah satu tanaman filter udara alami yang bisa membersihkan udara,’’ tutur Putri. Gas karbon monoksida serta formaldehid di udara kabarnya bisa langsung diserap tanaman ini. Untuk membuat tampilnya semakin estetis, kamu juga bisa meletakkannya seperti vertical garden, loh.

Monstera deliciosa

Tumbuhan ini udah jadi jagonya deh untuk bikin ruangan jadi instagrammable dan lebih nyaman. ’’Bentuk daunnya yang menarik akan semakin cantik jika diletakkan di sudut ruangan,’’ katanya. Pemanis dekorasi ini juga memiliki manfaat yang baik dalam memfilter udara dari polusi. Selain itu, efek sejuk dari tanaman ini jadi salah satu alasan banyaknya orang memilih mendekorasi kamar dengan monstera deliciosa. Untuk merawat monstera deliciosa, kamu perlu memperhatikan kadar air yang diberikan. Semakin cepat bertumbuhan monstera, makin banyak pula kadar air yang diperlukan. Selain itu, daun adalah hal utama. Kalau daun mulai menguning, artinya daun terkena udara panas atau dingin yang cenderung ekstrem. Jangan bingung kalau daun monstera tiba-tiba gugur, ya. Sebab, itu adalah refleks alami jika daun telah berusia tua.

Sanseviera (Lidah Mertua)

Yang satu ini pasti udah terkenal banget dengan segala manfaatnya. Tumbuhan ikonik dengan bentuk meruncing ke atas ini ternyata bisa jadi salah satu pilihan tanaman penghias kamar tidurmu. FYI, lidah mertua ternyata mengeluarkan aroma khas yang bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap di kamarmu. Selain itu, jika disandingkan dengan barang elektronik, lidah mertua akan menyerap radiasi yang keluar dari komputer bahkan televisi. ’’Selain jadi filter udara, lidah mertua bisa bertahan di ruangan yang minim cahaya. Which is kalau untuk dekorasi kamar ini cocok banget,’’ ungkapnya. Perawatannya juga nggak ribet. Lidah mertua tidak perlu disiram terlalu banyak air karena itu membuat tanaman cepat busuk. Jemur sesekali saat pagi. Jangan lupa lap juga daun yang terlihat kotor. Setelah bersih, tanaman bisa kembali dimasukkan ke kamar.

Zetizen-Selain menciptakan kenyamanan, dengan mendekorasi, kamu bisa menuangkan segala kreativitas yang dimiliki dalam sebuah ruangan favoritmu. Tapi, buat yang masih bingung, beberapa akun Instagram di bawah ini bisa jadi solusi. Setelah stalking, dijamin kamar dan rumahmu jadi makin instagrammable deh! (c20/lia)

Dekorasi kamar atau rumah dengan tanaman bisa kamu sesuaikan dengan gayamu sendiri kok. Jadi, menentukan tanaman yang sesuai dengan style-mu juga harus diperhatikan. Selain bisa mencari banyak referensi dekorasi, @thejungalow kerap menjual beberapa stuff unik di mana setiap kamu membeli satu barang, dua pohon akan ditanam. Keren banget kan?

Ternyata dekorasi menggunakan tanaman juga makin keren jika di mix and match dengan aksesori berbahan kayu, loh. Nggak percaya? Mending kamu langsung pantengin @nieks_servies aja yuk. Di sini Nicole sering membagikan beberapa spot rumah yang terlihat jauh lebih nyaman dengan dekorasi sederhana. Setiap sudut rumah Nicole dijamin bisa menjadi inspirasimu untuk mendekorasi kamar dengan gaya minimalisnya.

Sebelum mulai mendekorasi, mending kamu belajar dulu nih tentang tanaman-tanaman mana yang sesuai dengan keinginanmu. So, mulai sekarang langsung aja pantengin @indonesiaplantclub karena di sini kamu bisa dapat lebih banyak ilmu tentang tanaman yang cocok untuk dekorasi. Mau gabung juga bisa kok. Dengan mengunggah foto hasil dekorasi atau foto tanamanmu lainnya dan tag @indonesiaplantclub, jika beruntung, akun Instagram-mu akan di-repost.

RELATED ARTICLES

Please read the following article