Are You a Zetizen?
Show Menu

Detik-Detik Akhir Menjelang UN, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hasilmu Maksimal

Nourma Vidya Nourma Vidya 03 Apr 2017
Detik-Detik Akhir Menjelang UN, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hasilmu Maksimal

Zetizen.com – Setelah berjuang menimba ilmu selama tiga tahun, ‘pertempuran’ menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) bagi kamu yang duduk di kelas 12 bakal segera dimulai nih. Diawali UN SMK tanggal 6-9 April besok, rangkaian UN untuk SMA bakal dihelat seminggu kemudian, takni tanggal 10-14 April.

Nah, dengan sisa waktu yang nggak sampai 24 jam, kalian bakal ngapain aja nih? Kalau jawabannya adalah belajar, ada baiknya kamu sudahi aja, Guys. Emang sih menghadapi ujian yang tingkat kesulitannya selalu meningkat dan nggak pasti kayak UN pasti bikin nervous dan deg-degan. Tapi, semua usahamu itu bisa jadi nggak bakal maksimal kalau kamu justru stress, kelelahan, bahkan jatuh sakit di hari-H nanti. Makanya, karena segala persiapan udah kamu lakukan dari jauh-jauh hari, detik-detik akhir menjelang UN adalah saat yang tepat buat kamu melakukan hal-hal berikut. 

 

Cukupi Belajar, Bangun Percaya Diri

Bangun keyakinan kalau kamu pasti bisa! (Foto : theodysseyonline)

Selama satu semester terakhirt, rasanya nggak usah ditanya deh gimana kerasnya perjuanganmu mempersiapkan diri untuk menghadapi UN. Mulai dari pulang sore karena kelas tambahan, lanjut ikut bimbel atau les privat sampai malam, sampai merelakan waktu weekend buat belajar kelompok bareng teman-teman. You already did your best, Guys!

Karena itulah, H-1 adalah waktunya kamu memberi sedikit rehat pada fisik dan pikiranmu. Coba deh tutup semua buku. Terus-terusan mengulang materi di H-1 justru bisa bikin kamu tambah panik. Apalagi, jika kamu menemukan materi yang belum kamu kuasai. Rasa percaya dirimu bakalan ikut down dan kamu bakal terlalu sibuk menyalahkan dirimu sendiri. Kalau udah gini, bisa-bisa materi lain yang udah kamu kuasai malah jadi terlupakan deh. So, lebih baik kamu percaya diri dan yakin sama hasil perjuanganmu selama berbulan-bulan ini ya. Ingat, hard work, pays off, Guys!

 

Cari Sarana Refreshing

Ciptakan quality time buat dirimu sendiri (Foto : kerygmateenz)

Disaat UN tinggal hitungan jam, berhenti belajar ternyata jadi nggak semudah itu dilakukan. Rasanya pengen terus belajar aja biar makin pintar. Padahal ibarat gelas yang diisi terus tanpa berhenti, mempelajari materi yang banyak dalam waktu singkat cuma membuat otakmu lelah dan nggak bisa menyimpannya dengan baik. Makanya, mencari sarana refreshing bakal ampuh banget buat mengalihkan pikiranmu dan membuat kamu jadi tenang.

Coba deh ciptakan quality time buat dirimu sendiri. Nonton DVD, memasak, atau sekedar berkebun bisa jadi pilihan. Selain ampuh buat menenangkan diri, hal ini juga nggak bakal bikin kamu kecapekan. Alhasil, panik pun hilang dan badan serta pikiran bakal tetap segar!

 

Perbanyak Waktu Ngobrol Bareng Keluarga

Keluarga jadi tempat terbaik buat mencari support dan ketenangan (Foto : doorwaysarizona)

Salah satu tempat terbaik buat mendapat ketenangan adalah dengan berkumpul bersama orang-orang terkasih. Salah satunya, tentu adalah keluarga. Menghilangkan rasa deg-degan dan pikiran negatif, coba aja ngobrol sambil bersantai dan nonton film bareng keluarga. Selain bisa mengalihkan pikiran dari kegelisahan, orang tua maupun saudara bakal siap mendampingimu dengan segudang petuah dan kata-kata penyemangat. Nah, support macam inilah yang sangat kamu butuhkan di saat-saat seperti ini.

 

Istirahat yang Cukup

Istirahat bakal menjaga badan dan pikiran tetap segar (Foto : roscoelily)

Hal terakhir yang paling kamu inginkan buat terjadi di saat H-1 UAN tentu adalah jatuh sakit. Bayangin deh, gimana kesalnya kamu jika rasa nggak enak badan datang disaa kamu justru harus memaksimalkan dirimu. Makanya, biar hal ini nggak terjadi, pastikan kamu memanfaatkan H-1 dengan memperbanyak istirahat. Daripada terus gelisah, mending kamu memakai waktumu buat tidur siang. Buat sementara, konsumsi makanan yang bergizi dulu ya. Jauh-jauh dulu deh dari makanan seperti es krim, atau jajanan pinggir jalan favoritmu.

 

Perbanyak Tawakal dan Doa

Jangan pernah remehkan kekuatan doa! (Foto : passionpeople)

Kalau kata pepatah nih, usaha sebesar apapun nggak bakal ada artinya tanpa doa. That’s why, di H-1 UAN, pastikan kamu banyak-banyak berdoa minta diberi kelancaran. Meski kamu ngerasa udah siap, jangan sampai kamu jadi sombong dan meremehkan kekuatan doa. Karena, segala hal masih bisa terjadi selama UAN nanti. Tentu kamu nggak mau dong terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Nah, di sinilah kekuatan doa bakal sangat berperan. Buat semakin menambah kepercayaan diri dan keyakinanmu dalam menghadapi UAN, jangan lupa juga untuk minta restu dan doa pada orang tua dan orang-orang terdekat. Oh ya, pastikan kamu juga saling bermaafan dan mendoakan sesama teman ya, biar kalian sama-sama diberi kelancaran. Good luck for your battle, pejuang UAN!  

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article