Are You a Zetizen?
Show Menu

Jadi Setting Dr. Strange, 5 Hal ini Cuma Bisa Kamu Temukan di Nepal

Fahri Syadia Fahri Syadia 03 Nov 2016
Jadi Setting Dr. Strange,  5 Hal ini Cuma Bisa Kamu Temukan di Nepal

Zetizen.com - Lagi lagi dunia perfilman internasional dibanjiri hype Film besutan Marvel. Film berjudul Doctor Strange itu sukses merajai bioskop diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam ceritanya, Dr. Stephen Strange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch berkelana ke Nepal buat menyembuhkan tangannya yang hampir lumpuh akibat kecelakaan. Kamu yang udah nonton pasti ingat bagaimana Nepal digambarkan sebagai negara yang indah dan penuh dengan budaya tradisional yang menarik kan? 

Nah, nggak hanya dalam film, Di Dunia nyata pun, ternyata Nepal memang punya banyak hal yang spesial dan unik buat ditemui.

 

Credit: Leisure Holidays

Negara Tertinggi di Dunia

Kamu tahu Pegunungan himalaya dengan Gunung Everest-nya yang setinggi 8800 meter? Nah, sebagian besar bagian gunung tertinggi di dunia itu ternyata berada di wilayah Nepal. Fakta ini yang membuat Nepal dinobatkan sebagai negara dengan wilayah tertinggi di Dunia. Sementara rata-rata tinggi wilayah Nepal berada di peringkat dua, setelah Bhutan, negara tetangganya yang punya wilayah lebih kecil, namun terletak di wilayah yang sedikit lebih tinggi.  

Nggak heran kalau orang lokal Nepal yang dikenal sebagai kaum Sherpa adalah satu-satunya masyarakat asli yang tinggal di pegunungan Himalaya. Ini yang bikin tiap ekspedisi pendakian everest selalu melibatkan orang Sherpa sebagai pembimbing dan penunjuk jalan.

 

Credit: Heart Meets Mind

Tempat Lahirnya Buddha Gautama

Dalam film, sosok The Ancient One, petapa sakti yang udah hidup ribuan tahun dan akhirnya menjadi guru Strange terlihat mirip dengan penampilan biksu dalam ajaran budha. Bahkan, ada beberapa yang menganggap penampilannya mirip dengan sang Budha Gautama sendiri.

Well, meski memang jelas jelas The Ancient One sama sekali nggak ada hubungannya dengan ajaran Buddha, kita nggak bisa memungkiri kalau Nepal memang merupakan pusat persebaran agama Budha. Beberapa adegan dalam film kayak buku buku ajaran ritual dan aktivitas meditasi itu memang terlihat diadopsi dari ajaran Buddha. Dan Konon katanya, Nepal sendiri memang merupakan tanah kelahiran sang Buddha Gautama. Wah, nggak heran ya kalau wilayah Nepal memang terlihat sacred.

 

Credit: Desinema

Desain Bendera Anti-Mainstream

Kalau ada satu hal yang paling berbeda dari Nepal dibanding negara lain, nampaknya hal itu ada pada desain bendera yang digunakan. Saat 200 lebih negara di dunia menggunakan bendera bentuk persegi panjang, Nepal justru tampil nyentrik dengan desain bendera berbentuk dua segitiga. Katanya, desain ini udah turun-temurun dipakai sejak 2000 tahun lalu loh! Hmm, gimana ya pasukan pengibar bendera Nepal melipat bendera yang bentuknya nggak simetris itu? 

 

Credit: Desinema

Internet Super Lemot

Dalam Film Dr. Strange, ada adegan ketika Strange menerima sebuah sobekan kertas dari Mordo. ia bingung. Karena berisi kata-kata aneh, Strange mengira itu mantra. Eh, ternyata itu password WiFi! “Kami bukan orang bar-bar,” canda Mordo saat itu.

Tapi bisa dibilang, adegan itu agak nggak pas sama realita. Pasalnya, internet di Nepal itu adalah yang paling lambat kedua di dunia setelah Libya. Rata-rata kecepatan internet di Nepal hanya 256 Kbps. Pantes, penggunanya hanya 500.000 orang, 1:52 total penduduknya. Dengan internet selemot itu, kayaknya mending nggak usah pakai aja ya, daripada bete nungguin loading page.

 

Credit: Desinema

Negerinya Yeti

Siapa yang nggak pernah denger tentang legenda bigfoot, atau yang kadang juga disebut sebagai Yeti? Yap, monster kera legendaris yang mendiami Gunung everest itu konon mendiami Nepal. Meski keberadaannya penuh pertanyaan, tapi mitos tentang Yeti udah nyebar ke seluruh dunia. Kalau Indonesia punya mbak Kunti, Nepal punya Om Yeti ya tuh!

 

Source: Desinema, Travel Week

Edited by Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article