Are You a Zetizen?
Show Menu

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Pelihara Binatang

Nena Zakiah Nena Zakiah 04 Mar 2017
Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Pelihara Binatang

Binatang apa yang kamu pelihara di rumah? Anjing pomeranian yang lincah, kucing persia yang imut atau ikan mas yang anggun? Atau justru kamu lebih suka memelihara ular python, tarantula dan iguana? Sah-sah aja memilih binatang yang kita suka untuk dipelihara. Begitu juga sebaliknya, wajar kok bila kita tidak menyukai binatang, karena selera masing-masing orang berbeda. Yang penting, binatang yang kita pelihara tidak termasuk dalam spesies langka dan dilindungi oleh Undang-Undang. 

Kucing (Sumber: My Three Cats)
Caption

Tapi, tahukah kamu? Walaupun kelihatannya sepele, memelihara binatang di rumah nyatanya dapat membawa perubahan besar di hidupmu lho! Gak percaya? Simak alasan-alasan dibawah ini ya :)

 

Bikin mood bagus

Mood bagus nggak cuma bisa di dapat dari jalan-jalan keluar kota atau makan cokelat, lho. Memelihara binatang juga bisa bikin mood kamu naik secara instan! Dilansir dari Top Yaps, menghabiskan waktu dengan Binatang Peliharaan dapat menghilangkan penat dan meningkatkan rasa bahagia. Lagipula, siapa sih yang nggak hepi ketika lihat wajah imut, polos dengan tingkah yang menggemaskan hewan yang kita punya?

 

 Menghilangkan stress

Ikan (Sumber: http://www.learn-about-birds.com)
Caption

Pusing dengan tugas yang menumpuk? Lagi ada berantem sama pacar? Stress karena kehabisan duit? Singkirkan sejenak beban di kepala dan mulailah bermain dengan hewan yang kita pelihara! Menurut Vet Street, memiliki Binatang Peliharaan bisa menghilangkan stress, menurunkan tekanan darah dan menormalkan kembali detak jantung. Itulah kenapa, beberapa dokter memilih cara unik untuk membuat pasiennya tenang, yakni menaruh aquarium berisi ikan hias di ruang tunggunya. Siapa sangka, cara itu ampuh!

 

 Memperkuat fisik kita

Lari! (Sumber: thepopularpup.com)
Caption

Pengen sehat, tapi males olahraga? Ucapkan selamat tinggal pada rasa malas apabila kita memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing. Seperti yang kita tahu, anjing harus dibiasakan untuk berjalan-jalan secara rutin. Nah, jika kita mengajak anjing berjalan-jalan, secara otomatis tubuh kita juga ikut bergerak. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka fisik kita pun perlahan-lahan menguat, lho. Detak jantung dan napas menjadi lebih teratur, sistem imun kita meningkat dan kaki kita pun jadi lebih kuat untuk jalan jauh. Asyik kan?

 

Mengajarkan rasa tanggung jawab

Kucing dan Anak-Anak (Sumber: www.boredpal.com)
Caption

Punya adik? Cara terbaik untuk mengajarkan adik kita rasa tanggung jawab adalah dengan memberikan mereka hewan peliharaan. Menurut Telegraph UK, dengan diajarkan memberi makan, memandikan dan membersihkan kandang hewan secara teratur dapat memupuk rasa disiplin dan tanggung jawab anak-anak, lho! Selain itu, anak-anak dapat diajarkan tentang makna penerimaan dan kedewasaan, seperti jika hewan yang dipelihara kabur dari rumah atau mati karena sakit. 

 

Membunuh rasa sepi

Hamster (Sumber: National Geographic Kids)
Caption

Sering di rumah sendirian? Ditinggal ortu ke luar kota dan harus jaga rumah sendiri? Kekhawatiran semacam itu ga bakal terjadi kalau kamu memelihara hewan di rumah. Sembari jaga rumah, kita juga bisa bermain-main sama hewan kita. Tingkah polanya yang lucu bakal membuat perhatianmu teralihkan, dan rasa sepi yang ada di kepalamu akan musnah. Dijamin manjur! :)

RELATED ARTICLES

Please read the following article