Are You a Zetizen?
Show Menu

Jangan Keburu Kesal, Ini Alasan Kenapa Orang Indonesia Senang Membunyikan Klakson

Fahri Syadia Fahri Syadia 04 Nov 2016
Jangan Keburu Kesal, Ini Alasan Kenapa Orang Indonesia Senang Membunyikan Klakson

 

Zetizen.com -  Jalan macet sedikit, klakson. Lampu hijau baru nyala 0,133213 detik, klakson. bahkan orang nyebrang di zebra cross pun di klakson kalau kelamaan. Ckckck betein banget ya? Kamu yang rutin berkendara di jalan-jalan kota besar Indonesia, pasti udah nggak asing sama kejadian di atas kan?

Tapi sebelum kamu bete, kamu juga harus mengakui kalau emang ada cukup banyak alasan yang bikin bunyiin klakson di jalanan Indonesia itu perlu, dan emang asik aja buat dilakuin. Berikut ini misalnya.

 

Keadaan Darurat

Yang namanya klakson itu emang diciptakan sebagai tanda kalau kendaraanmu butuh perhatian. Ya nggak mengherankan kalau banyak orang yang sedang dalam keadaan darurat bakal membunyikan klaksonnya berulang ulang. Kalau misal ada mobil yang buru-buru, nyalain lampu hazard, dan ngelakson-ngelakson terus, ngalah aja, Guys. Siapa tahu mobil itu memang lagi membawa penumpang yang seddang dalam keadaan darurat kayak sakit atau mau melahirkan.

 

Sebagai Bentuk Sapaan

Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk paling ramah di Dunia bukan tanpa alasan, Guys. Salah satunya adalah karena orang Indonesia itu menghargai banget yang namanya sapa-menyapa. Nah, kalau di jalan, membunyikan klakson bisa jadi cara menyapa teman atau komunitas yang kebetulan lewat berpapasan. 

 

Membuka Jalan Waktu Konvoi

Konvoi alias iring-iringan kendaraan emang mengharuskan seluruh kendaraan buat jalan beriringan. Nah biar nggak terpotong lalu lintas, tentunya perlu ada pembuka jalan yang memastikan konvoi bisa lewat dengan lancar. Nah karena nggak mungkin teriak-teriak minta jalan, maka jelas kalau klakson dan sirine adalah cara efektif buat meminta jalan.

 

Show-off klakson Modifikasi

Orang Indonesia itu senang modifikasi. terutama soal kendaraan. Knalpot udah ganti racing, ban udah ganti cacing, lampu diganti HID biar makin cling, pasti klaksonnya juga dibikin matching. Ya udah nggak usah heran kalau kamu sering dengerin kendaraan dengan klakson 'aneh' yang dibunyiin berulang-ulang. Kan enak gitu kalau diliatin orang lain gegara klakson bunyinya aneh. Kayak klakson motor yang diganti klakson truk atau klakson angkot yang bunyinya 'wara-wiri-wara-wiri' itu misalnya.

 

Credit: Jawa Pos

 

Klakson Bawa Rejeki

Buat para pengemudi angkot, klakson itu lebih dari sekedar alat buat minta jalan, tapi juga buat mencari rejeki. Makanya nggak usah bete liat angkot yang klaksonnya aneh bin berisik. Namanya juga usaha, bro.

 

Diam Diam Pahlawan Super

Pernah nonton Transporter atau film-film James Bond? Hampir seluruh jagoan di film itu pasti butuh melakukan aksi kejar-kejaran di jalan raya. Ya nggak salah kalau buat beraksi kayak gitu mereka harus ngelaksonin mobil-mobil yang ada. Namanya juga mau menyelesaikan misi.

 

Credit: 007

 

Kebutuhan Biologis

Last but not least, membunyikan klakson adalah bentuk usaha terakhir orang yang udah kebelet pup tapi masih terjebak di padatnya jalan raya. Bayangin kalau kamu di posisi doi. Perut udah nggak pengertian pingin buru-buru ‘ngebom', tapi kamu masih terjebak padetnya jalan raya. Satu-satunya jalan, ya maksa orang di depan buat minggir. So kalau ada orang yang pinginnya nyalip aja dan klakson-klakson melulu, pahami aja.. mungkin doi lagi kebelet boker!

 

Edited by Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article