Are You a Zetizen?
Show Menu

Mau Mudik, Enaknya Naik Apa?

Zetizen Zetizen 05 Jul 2016
Mau Mudik, Enaknya Naik Apa?

Zetizen.com - Udah bukan rahasia lagi kalau arus Mudik lebaran di Indonesia itu pasti bikin kamu garuk garuk kepala saking padatnya. Makanya, meski tujuannya sama sama ke kampung halaman, ada baiknya kamu juga memilih moda transportasi lebaran yang cocok sama kebutuhanmu. Selain biar kamu nggak bete karena macet, tentunya juga biar kamu terhindar dari tiket Mudik yang kemahalan. Coba deh bikin pertimbangan berdasarkan hal hal berikut.  (dhs/giv)

 

Kendaraan Pribadi

(foto: aktual)

 

Plus: Cara Mudik termudah jelas menggunakan kendaraan pribadi. Selain nggak perlu mikirin antri tiket dan semacamnya, kendaraan pribadi juga lebih nyaman dan leluasa buat dibawa kemana mana. Apalagi pas udah sampai di tempat tujuan, kamu yang Mudik naik kendaraan pribadi bisa sekalian keliling ke berbagai tempat menarik atau silaturahmi ke rumah saudara lainnya.

Minus: macet adalah tantangan pertama pemudik yang pakai kendaraan pribadi. Makanya, Mudik pakai kendaraan pribadi itu lebih cocok buat kamu yang emang pembawaannya santai dan nggak cepat emosi. Udah gitu, jarak yang jauh juga membutuhkan kondisi badan yang fit dan sehat buat menempuhnya. Jadi, emang perlu banyak persiapannya sebelum berangkat.

 

Kereta atau Bis

(foto: pt-kai)

 

Plus: Naik dua kendaraan ini jelas menghilangkan kewajiban kamu untuk menyetir. Tinggal duduk manis dan menikmati perjalanan. Saat ngantuk atau lapar pun, kamu bisa langsung tidur dan makan tanpa perlu mencari tempat istirahat. Udah gitu, kalau perginya sekeluarga, kamu bisa makin akrab sama keluargamu sepanjang perjalanan.

Minus: Kenyamanan yang ditawarkan serta harga yang lumayan terjangkau bikin dua kendaraan ini super diperebutkan. Iya, makanya nggak heran kalau untuk bisa menikmatinya, kamu juga harus rebutan tiket dari jauh jauh hari. Selain itu, jumlah barang bawaan pun sering dibatasi. Lupakan ngeborong oleh oleh satu karung dari kampung halaman yaa.

 

Kapal

 

Plus: Sebelas dua belas deh kayak naik kereta atau bis. Kamu cukup datang ke pelabuhan, cari tempat duduk yang sesuai, dan nikmati perjalanannya. Enaknya lagi, pemandangan dari atas kapal menjelang sunrise atau sunset biasanya terlihat bagus dan eksotik. Lumayan banget kan bisa Mudik sekaligus mempercantik feed instagrammu.

Minus: Kecepatan kapal yang biasanya nggak lebih dari 30 – 40 km/jam bakal bikin kamu ngerasa tua dijalan alias lamaa banget. Kalau nggak mau lebaran terlewat, kamu harus udah mulai berangkat dari jauh jauh hari sebelumnya. Udah gitu, kondisi laut yang nggak selalu tenang juga bisa bikin kamu mabuk laut.

 

Pesawat

(foto: boeing)

 

Plus: Sebagai transportasi umum yang harganya nggak pernah murah, kenyamanan Mudik naik pesawat emang nggak perlu diragukan lagi. Mulai dari durasi perjalanan yang singkat, fasilitas yang nyaman sampai awak kabin yang kece kece bakal memanjakan kamu selama perjalanan. Belum lagi pemandangan keren dari atas awan yang pastinya bakal menyegarkan mata.

Minus: Kalau mau dibilang, berpergian naik pesawat itu emang relatif serba mahal. Mulai dari tiket yang mahal, tambahan biaya servis sana sini sampai harga taksi bandara yang seringkali mahal banget mau nggak mau harus kamu hadapi. Udah gitu, seperti tipikal kendaraan umum lainnya, bagasi pun terbatas dan kamu nggak bisa jalan jalan dengan leluasa begitu udah sampai tempat tujuan.

 

So, dari keempat pilihan transportasi diatas, kira kira kamu pilih yang mana nih? Atau malah pilih nggak Mudik aja gara gara nggak ada yang sesuai keinginan?

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article