Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Tips Biar Gaul Jalan, Uang Jajan Tetap Aman

Nourma Vidya Nourma Vidya 08 Mar 2017
5 Tips Biar Gaul Jalan, Uang Jajan Tetap Aman

Zetizen.com - Selain jadi sarana refreshing yang ampuh, nongkrong dan hangout bareng teman ke tempat-tempat seru emang udah jadi semacam kebutuhan. Apalagi sekarang banyak tempat-tempat gaul yang rasanya harus banget dicoba kalau nggak mau ketinggalan zaman. Termasuk misalnya cafe-cafe gaul yang udah bermunculan dimana-mana. 

Sayangnya, dana yang dibutuhkan buat mengikuti tren kekinian ini biasanya juga nggak sedikit. Bukan rahasia kalau semakin keren dan gaul suatu tempat, makin mahal juga biaya nongkrong disitu. Tapi nggak usah khawatir. Sebenarnya, kamu bisa kok tetap nongkrong dan gaul di cafe-cafe mahal tanpa harus ikut-ikutan boros. Caranya, ikutin aja tips berikut.

 

Jangan Bawa Semua uang jajan di Dompet

Salah satu cara paling ampuh mengatasi pemborosan uang jajan adalah dengan membiasakan diri membawa uang jajan dalam jumlah seperlunya. Apalagi kalau kamu termasuk anak yang uang jajannya dijatah mingguan atau bulanan. Pisahkan uangmu kedalam jumlah secukupnya buat kamu bawa tiap hari, dan tinggalkan sisanya dirumah. Dengan uang yang terbatas ini, kamu bakal mikir-mikir dulu sebelum menerima ajakan teman buat hangout ke tempat mahal yang bakal bikin kamu overbudget.

 

Cerdas Membagi Prioritas Teman

Udah bukan rahasia kalau tiap anak pasti punya peer group yang berbeda-beda. Ada lingkungan teman SMP, lingkungan teman SMA, lingkungan teman kompleks, lingkungan teman les, aduh banyak deh pokoknya! Pusingnya lagi, masing-masing kelompok pertemanan ini biasanya juga menuntut waktu dan kebutuhan nongkrong yang berbeda-beda. Kalau udah begini, kamu harus pintar-pintar mengatur siasat. Misalnya dengan membatasi jadwal nongkrong seminggu sekali secara bergantian dengan tiap 'geng' mu itu. Cara ini bakal bikin kamu bisa membagi pengeluaranmu secara mingguan dan nggak terbawa ajakan nongkrong yang muncul tiba-tiba.

 

(foto: lakey)

Isi Perut Terlebih Dulu di Warung/ Kantin

Tentu semua tahu dong kalau harga rata-rata makanan di cafe selalu lebih tinggi daripada di warung atau kantin? Kebayang kan gimana kamu bisa lost control waktu memesan menu dalam keadaan lapar. Mulai dari appetizer, main course, sampai dessert bisa-bisa kamu beli semua saking laparnya. Kalau udah begini, maka siap-siap aja kamu say goodbye sama uang jajan. Nah agar hal ini nggak terjadi, kamu bisa menyiasatinya dengan terlebih dulu mengenyangkan perut dengan makan berat sebelum nongkrong. Dijamin, paling enggak kamu bakal cuma nyemil atau beli minum di tempatmu nongkrong.

 

Ciptakan Quality Time dengan Teman

Selain rasa lapar, suasana membosankan juga bisa bikin kamu jadi impulsif dan membeli barang yang nggak kamu butuhkan. Misalnya rasa bosan waktu teman-temanmu justru sibuk dengan gadget masing-masing waktu hangout. Alhasil, kamu pun melampiaskan kebosananmu dengan mencoba berbagai menu yang ada. Untuk menghindari hal ini, maka pastikan waktu nongkrongmu benar-benar terpakai untuk menciptakan quality time. Dengan asyik ngobrol atau main board game, tanpa sadar kamu bakal lebih fokus pada teman-teman ketimbang pada makanan. Hasilnya? Kamu bakal tetap bisa gaul ke cafe, tanpa takut uang jajan habis kebablasan.

 

Kreasikan Cara Gaulmu Sendiri

Selama ini, citra gaul emang melekat pada mereka yang gemar melakukan hal-hal kekinian. Misalnya dengan selalu update nongkrong di cafe-cafe hits, nggak pernah ketinggalan trend kekinian, dan berbagai hal lain yang biasanya identik pada hal-hal berkuantitas 'mahal'. Nah, daripada terus-terusan mengikuti stigma masyarakat, nggak ada salahnya loh kamu menciptakan cara gaulmu sendiri. Misalnya dengan acara masak-masak bareng, atau sekedar nongkrong dang bikin-bikin video unik di kamar salah satu temanmu.

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article