Are You a Zetizen?
Show Menu

Anak Muda Berani Selamatkan Bumi

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 09 Jun 2022
Anak Muda Berani Selamatkan Bumi

SEMAKIN tua usia bumi, semakin parah pula pemanasan global yang terjadi. Kalau terus begini, lama-lama bumi bisa mengalami kehancuran, lho. So, perlu adanya penanaman kesadaran terhadap isu lingkungan di masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan sama komunitas Teens Go Green Indonesia berikut!

Komunitas peduli lingkungan itu awalnya merupakan sebuah program yang diinisiatori beberapa lembaga. Setelah program berakhir pada 2012, para alumnus program melanjutkan Teens Go Green Indonesia menjadi sebuah komunitas kaum muda yang mandiri. Teens Go Green Indonesia kemudian resmi menjadi perkumpulan berbadan hukum pada awal 2021.

“Kondisi hari ini saja sudah mengkhawatirkan, bagaimana dengan 20–30 tahun mendatang? Apakah bumi masih jadi tempat yang layak untuk kita huni? Kita yang saat ini muda, jangan sampai mewariskan bumi yang tidak layak untuk generasi anak cucu kita nanti” tutur Bambang Sutrisno, co-founder dan chairman Teens Go Green Indonesia.

Teens Go Green Indonesia memiliki visi menjadi komunitas muda penggerak perubahan lingkungan yang aktif, inovatif, dan dinamis melalui pendekatan edutainment (education-entertainment). Berbagai macam program berbasis lingkungan telah diluncurkan. Empat program utamanya adalah pendidikan, lingkungan, kampanye, serta penelitian dan pengembangan masyarakat.

“Saat ini kami dalam fase pendidikan lingkungan dan kampanye. Kami berupaya menyebarkan virus cinta lingkungan lebih luas agar semakin banyak kaum muda yang teredukasi dan mau peduli pada permasalahan lingkungan,” ungkapnya. Well, peduli aja sebenarnya nggak cukup, lho. Jika bisa bergerak bersama tentu lebih baik, bukan?

Komunitas Teens Go Green Indonesia juga punya program andalan. Salah satunya, Green Leaders Scholarship. Yakni, program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa seluruh Indonesia. Psstt, pendaftarannya lagi dibuka hingga 4 Juli mendatang!

Program yang nggak kalah seru dari komunitas asal Jakarta itu adalah Youth Climate Action Camp. Sebuah program yang memungkinkan sekumpulan anak muda pergi ke Kepulauan Seribu untuk belajar secara langsung mengenai isu krisis iklim dan dampaknya bagi ekosistem pesisir serta pulau kecil. Wah!

Nah, kalau kamu tertarik menjadi bagian dari penyelamat bumi, bisa join bareng komunitas Teens Go Green Indonesia. Mereka sangat terbuka untuk partisipasi dari publik, khususnya anak muda Indonesia. Pendaftaran untuk Youth Climate Action Camp juga masih dibuka, lho. Cocok untuk kamu yang mau belajar langsung tentang lingkungan sekaligus jalan-jalan.

’’Untuk bergabung bersama kami, silakan pantau terus linimasa kami, terutama di Instagram @teensgogreen.id. Biasanya kami membuka kesempatan kaum muda yang ingin bergerak bersama dengan bergabung menjadi volunter,” tandas Bambang Sutrisno. Yuk, ambil andil selamatkan bumi. Lesgo! (kom/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article