Are You a Zetizen?
Show Menu

Kocak, Ini Deretan Iklan Kreatif Saling Sindir Antar Perusahaan

Rafika Yahya Rafika Yahya 09 Nov 2017
Kocak, Ini Deretan Iklan Kreatif Saling Sindir Antar Perusahaan

Zetizen.com - Dunia bisnis emang penuh dengan persaingan. Namun kadang persaingan itu bisa kelihatan lucu kalau masing-masing pihak saling serang lewat iklan. Apalagi, konsep iklan yang dikemas dengan lucu dijamin bikin ngakak, deh. Apa aja sih?

 

Samsung vs Apple

Pada hari Minggu, 5 November 2017 kemarin, Samsung Mobile USA merilis iklan bertajuk “Samsung Galaxy: Growing Up”. Bukannya bercerita tentang inovasi yang dilakukan oleh Samsung, tapi Samsung justru merekam ‘perjalanan’ Apple selama 10 tahun berdiri.

Dalam video berdurasi satu menit itu, diceritakan seorang cowok yang setia menggunakan gadget Apple sejak tahun 2007. Ia harus struggle dengan smartphone-nya yang punya banyak kelemahan. Mulai dari masalah penyimpanan foto hingga harus menyimpan ponselnya dalam beras karena terkena air. Ia pun hanya bisa miris melihat teman-temannya yang menggunakan smartphone Samsung dengan fitur-fitur kerennya, misal wireless charger.

Akhirnya di ending video, akhirnya sang lelaki memilih untuk ‘growing up’ dengan mengganti ponselnya dengan Samsung Galaxy Note 8. Frontal banget ya! 

 

Pepsi vs Coca-cola

Meski cuma ditampilkan desain merahnya, tahu kan siapa yang disindir sama Pepsi? Foto: Haikudeck 

Tahu nggak kalau pepsi sering banget bikin iklan provokatif buat mengejek rival terbesarnya, Coca-cola? Yap! Perusahaan softdrink yang identik dengan warna biru itu selalu menunjukkan kalau produknya jauh lebih baik ketimbang coca-cola yang lebih dulu mendunia.

 

Coba cari perbedaannya! (sumber: coolklub)

Misalnya, foto yang menunjukkan kalau sedotan yang males masuk ke dalam Coca-cola. iklan yang menghibur ini nyatanya pernah dibalas oleh Coca-cola loh! Waktu pepsi menggambarkan Coca-cola sebagai jubah halloween, dengan cerdas Coca-cola mengatakan kalau jubah itu untuk menunjukkan kalau coca cola adalah seorang superhero. Ciamik!

 

Burger King vs McDonalds

Foto: Twitter

Ronald mcdonalds tertangkap basah sedang membeli makanan di Burger King. Uniknya, Ia menutupi identitasnya menggunakan jubah. Tapi tentu siapapun masih bisa melihat sepatu merah besar, kaos kaki belang-belang serta rambut kribo merahnya, ckckck.

Banyak konsumen yang berspekulasi bahwa Ronald mcdonalds pun ikut penasaran dengan menu Burger King. Jadi maksudnya, seorang Ronald McDonald sekalipun aja juga pengin makan Burger King, loh! Premis simpel itu diangkat burger king dalam salah satu iklannya. Wah wah, mirip kisah Mr. Krab dan Plankton dalam Sponge Bob Square Pants, ya!

 

McDonalds vs Starbuck

Dari tulisan bold dan tone warnanya, tahu dong pihak mana yang disindir McDonald? (sumber: CNN)

Setelah habis-habisan diejek oleh Burger King, dengan rendah hati mcdonalds nggak mau repot membalasnya. Tapi, justru Ia membuat iklan komersial lain yang mengejek franchise lain.

Yap! ketika baru merilis produk espresso di gerai miliknya, mcdonalds langsung menyindir Starbucks. Tahu sendiri, dong starbucks dikenal sebagai franchise kopi terbesar di dunia. Nggak mau kalah, dalam iklannya, mcdonalds mengatakan kalau produk kopinya jauh lebih baik daripada milik Starbucks. Kalau menurutmu gimana tuh?

 

Starbucks vs Diet Coke

Foto: Muse Creativity

Kayanya banyak perusahaan yang iri sama Starbucks, deh. Setelah mendapat serangan oleh McDonalds, kali ini Ia diserang oleh Diet Coke. Parahnya, Diet Coke nggak menyerang starbucks secara langsung, melainkan dengan mendirikan iklan di samping gerai Starbucks.

Dalam iklannya, Diet Coke menulis “siapa sih yang mau buang-buang waktu untuk mengantre demi segelas latte?” Yap! Nggak bisa dimungkiri kalau di luar negeri, orang-orang rela mengantre demi segelas latte. Sementara untuk mendapatkan Diet Coke, mereka tinggal mengambil di vending machine atau supermarket setempat. Well, ada-ada saja ya!

RELATED ARTICLES

Please read the following article