Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Tips Kuliah di New Zealand

Fahri Syadia Fahri Syadia 11 Feb 2017
5 Tips Kuliah di New Zealand

Zetizen.com – Punya mimpi kuliah di luar negeri? Kuliah di New Zealand bisa kamu pertimbangkan lho. Tingkat pendidikan universitas di New Zealand terus menanjak. Saat ini, New Zealand berada di peringkat 3 tertinggi dunia. Oleh karena itu, kalau kamu tertarik kuliah di New Zealand, simak tips berikut ini!

Kuliah di New Zealand, Why Not? (Foto:ZENO)

Pilih Program Sesuai Minat

New Zealand menyediakan bidang studi bervariasi. Misalnya, teknologi, pariwisata, dan bisnis. Nggak cuma variatif, bidang-bidang itu juga berkualitas baik. Buktinya, semua universitas di New Zealand masuk dalam peringkat 3 persen teratas dunia. Dengan penawaran beragam, pilih bidang studi sesuai minatmu supaya kamu betah dan belajarmu semakin maksimal.

Persiapkan Dokumen dan Persyaratan Pendaftaran

Mempersiapkan dokumen-dokumen juga penting. Catat dan pahami jadwal pendaftaran. Jangan sampai terlewat! Teliti setiap dokumen yang diminta secara detail. Sayang kan kalau gagal kuliah di New Zealand cuma karena dokumen yang terlupakan? Yang nggak kalah penting, syarat kemampuan Bahasa Inggris minimal adalah IELTS 6.0 atau TOEFL 550. Rajin-rajin cek website universitas yang kamu tuju ya.  

Persiapkan Investasi

Biaya belajar di New Zealand emang nggak murah. Perlu uang sekitar Rp 200 juta–300 juta untuk biaya pendidikan aja. Angka itu bisa bertambah untuk sekolah kedokteran. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan dengan matang dan make sure sponsor atau ortumu sanggup membiayai. Tapi, jangan khawatir. Kamu bisa meringankan beban itu dengan bekerja part-time di sana. Dengan total jam kerja 20 jam seminggu, kamu bisa mendapatkan NZD 12–15 NZD atau sekitar Rp 120–150 ribu!

Jurusan Beragam di New Zealand (Foto: ZENO)

Persiapkan Visa Pelajar

Jangan lupa, aktivitasmu di New Zealand perlu izin resmi. Buat yang berkuliah selama lebih dari 12 minggu, kamu perlu mendaftar visa pelajar. Beberapa syarat adalah:

  • Surat penerimaan dari lembaga pendidikan
  • Bukti memiliki tabungan cukup untuk biaya hidup
  • Asuransi kesehatan
  • Tiket pulang ke Indonesia
  • Jaminan tertulis dari pihak berwenang kalau kamu telah mendapat akomodasi dan perlindungan (khusus 18 tahun ke bawah)

Rencanakan Tempat Tinggal

Akomodasi di New Zealand ini beragam. Mulai dari asrama, hostel, homestay, sampai flat/apartemen. Sesuaikan dengan gaya hidup dan budget-mu. Agar nggak salah pilih, keep in touch dengan pelajar Indonesia yang tinggal di New Zealand. Misalnya, lewat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Auckland atau Wellington. Punya teman satu negara di negara asing bakal memudahkan hidupmu di sana lho!

***Tulisan ini dipersembahkan oleh Zeno Indonesia untuk Education New Zealand***

Editor: Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article