Are You a Zetizen?
Show Menu

BeautyFest Asia 2017: Semua Cewek Itu Cantik dan Unik!

Nourma Vidya Nourma Vidya 11 Mar 2017
BeautyFest Asia 2017: Semua Cewek Itu Cantik dan Unik!

Zetizen.com – Standar Cantik di mata masyarakat masih sama: putih, tinggi, langsing, rambut lurus. Standar yang masih susah diubah itu bikin banyak cewek sering nggak percaya diri. Padahal, bagaimanapun penampilan fisikmu, you can stand out and be gorgeous! Hal itu disetujui Zara Zahrina alias Skeletale, fashion enthusiast, SelebAsk, sekaligus beauty YouTuber. Yuk, simak wawancara Zetizen dengan Zara!

 

Zara Zahrina (Foto : dok pribadi)

Every woman have the right to be as stunning as they want to be.”

- Zara Zahrina

 

Gimana definisi Cantik menurut Zara? Setuju nggak kalau Cantik itu harus kayak cewek di majalah atau TV?

Standar Cantik di media bakal selalu ada karena kita tumbuh dengan melihat bentuk kecantikan semacam itu. Tapi, kalau dijadikan patokan untuk mendefinisikan cantik, I think it don’t valid anymore. Cantik itu variatif. Ada banyak cara agar cewek bisa disebut cantik. Malah menurutku, mereka yang Cantik adalah yang berani stand out with their personality, bukan yang mati-matian mengejar standar Cantik ala media dan jatuhnya malah jadi super basic dan seolah nggak punya identitas.

 

Pernah merasa nggak sesuai sama social beauty standard?

Dari dulu aku nggak pernah benar-benar merasa cantik, seenggaknya based on people’s standard. Aku nggak kurus dan masih banyak hal-hal lain yang berkebalikan sama standar masyarakat. But then, kecantikan dan kondisi fisik itu kan bukan hal yang bisa kita pilih. Nggak ada tuntutan kamu harus sesuai dan memenuhi standar. Setiap cewek selalu punya kontrol dan hak kok untuk bangga dan menunjukkan apapun yang mereka punya sebagai sebuah kelebihan dan identitas.

 

Zara bangga dengan kekurangannya (Foto: dok. pribadi)

 

Kenapa Zara bangga meng-expose keunikan itu? Gimana caranya?

Media dan masyarakat emang punya power untuk menciptakan standar. Tapi, kamu sebenarnya punya power yang sama. Media kan nunjukkin hal-hal yang bagus-bagus aja sesuai standar mereka. Nah, kamu juga bisa melakukan itu dengan cara dressed well, pakai makeup, dan tampil senyaman kamu. Dengan begitu, kamu udah melakukan apa yang juga dilakukan media. Kamu menyimpan yang “kurang” buat kamu sendiri dan menunjukkan yang bagus untuk orang lain. It’s very empowering for me dan bikin kamu jadi menghargai diri sendiri.

 

Ada tips and trick buat yang masih sering worry karena merasa nggak memenuhi standar?

Be the best person of yourself. Nggak ada salahnya melakukan effort buat terlihat cantik. Tapi, jangan menutup-nutupi effort kamu itu cuma karena pengen dibilang Cantik alami. That is unhealthy. Jadilah apa adanya dan senyaman yang kamu bisa sama diri kamu sendiri. Kalau kamu merasa udah cukup nyaman dengan nggak dandan, then go for it. Tapi, kalau kamu merasa butuh dandan habis-habisan, it’s also okay. Jangan pernah terbebani sama kata orang. Jadilah cewek yang punya personality.

 

***************

 

Gimana? Kamu setuju sama pendapat Zara? Kalau kamu pengen ikut belajar memahami ulang konsep kecantikan, kamu bisa mendapatkannya di BeautyFest Asia 2017. Di sana, kamu bakal diajak untuk memahami kalau tiap cewek itu Cantik dengan atau tanpa standar. Asyiknya lagi, kamu akan diajak menghargai kecantikan bareng influencer ternama seperti Jenn Im, Pearypie, Tina Yong, Soothing Sista, Ayla Dimitri, Rachel Goddard, dan masih banyak lagi! Buat kamu yang udah nggak sabar, datang ke Ciputra Artpreneur Jakarta pada 18–19 Maret ya. Kamu bisa membeli tiketnya di www.beautyfest.asia. Have a great experience celebrating beauty, fellas!

 

 

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article