Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Poster Perjuangan yang Berhasil Mengubah Sejarah Dunia

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 19 May 2017
4 Poster Perjuangan yang Berhasil Mengubah Sejarah Dunia

Zetizen.com – Jauh sebelum ada medsos, poster menjadi senjata andalan untuk membakar semangat masyarakat. Bahkan, hanya dengan sebuah poster, satu negara bisa tergerak buat melakukan aksi bela negara lho! Poster apa aja sih yang sukses membakar semangat pembacanya dan mengubah sejarah dunia?

I WANT YOU FOR U.S.ARMY dan BRITONS wants YOU

I WANT YOU FOR U.S.ARMY dan BRITONS wants YOU

Penggambaran Uncle Sam berhasil membakar semangat warga sipil Amerika (Wikimedia)

Poster bergambar Paman Sam ini sangat melegenda. Dulu, poster ini digunakan Amerika untuk merekrut warga sipil mengikuti perang dunia II. Bahkan, dalam film Captain America: the First Avengers (2010), poster ini jadi cameo ketika Steve Rogers mau masuk U.S.Army.

Usut punya usut, poster Paman Sam ini terinspirasi dari poster perekrutan warga sipil Inggris untuk bergabung menjadi tentara Inggris pada perang dunia I. Dan keduanya terbukti ampuh membakar semangat para warga sipil.

Poster Bung Tomo

Poster Bung Tomo

Poster Bung Tomo ini jadi salah satu poster legenda di Indonesia (Deviantart)

Sekilas poster ini cuma menggambarkan Bung Tomo yang menyuarakan orasinya melawan Inggris pada November 1995. Tapi siapa sangka, ternyata poster ini justru berhasil membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan Inggris yang ingin mengakuisisi kota tercinta.

FYI, Bung Tomo atau Soetomo ini merupakan seorang pembicara radio yang selalu sukses membakar api semangat para pendengarnya. Meski cuma dengan lisan dan poster, Bung Tomo berhasil mengajak ratusan bahkan ribuan arek Suroboyo berperang melawan Inggris.

Che Guevara “Guerrillero Heroico”

Che Guevara  “Guerrillero Heroico”

Che Guevarra merupakan tokoh revolusioner Kuba yang berhasil melemahkan Amerika (Wikimedia)

Che Guevara merupakan salah satu warga negara Kuba yang memimpin pemberontakan terhadap Amerika pada 1960-an. Tokoh revolusioner ini dikenal cerdas dan cerdik dalam menyerang Amerika. Saat berada di pemakaman korban ledakan La Coubre, fotografer Alberto Korda mengambil foto Che Guevara. Dalam foto itu, Che Guevara tampak gagah dan berkarisma. Oleh karena itu beberapa orang membuat poster dari foto tersebut dan diubah menjadi ilustrasi hitam putih.

Rossie Rivetter

Rossie Rivetter

Berkat poster ini jumlah relawan wanita yang ikut perang bertambah 50 persen (Americanclearstemple)

Poster Rosie the Riveter ini menjadi salah satu senjata untuk mengajak para perempuan membantu peperangan dari "belakang" saat perang dunia II. Pada poster ini, seorang pekerja perempuan digambarkan sedang mengelas pesawat. Ada juga yang mensinsingkan lengan untuk menggambarkan bahwa perempuan juga kuat. Dampaknya sangat besar lho. Menurut Encyclopedia of American Economic History, poster ini berhasil meningkatkan pekerja wanita hingga 50 persen.

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article