Are You a Zetizen?
Show Menu

Asah Kreasi Jadi Profesi

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 19 Dec 2022
Asah Kreasi Jadi Profesi

Zetizen-Di era sekarang, kreativitas jadi salah satu hal yang paling dicari. Nggak mengherankan kalau industri kreatif bisa berkembang pesat sekarang. Lingkup industri kreatif juga luas banget. Mulai kuliner, fashion, perfilman, desain, hingga musik. Pasti peluang besar terbuka banget buat para anak muda yang kreatif.

Menurut Bekraf, hingga Juni 2019, total di Indonesia ada jutaan usaha yang bergerak di industri kreatif. Gimana? Besar banget kan peluang di industri ini. Makanya, kamu yang sedang menggeluti bidang-bidang kreatif ini jangan hanya menjadikannya sekadar hobi, tapi coba menekuninya agar kamu bisa jadi profesional di bidang tersebut.

Dulu kamu yang hobi menulis mungkin cuman bisa menghasilkan uang dengan menerbitkan buku atau menulis di halaman koran. Di era seperti sekarang, dengan kreativitasmu, kamu bahkan bisa menghasilkan uang dengan banyak cara seperti membuat caption di Instagram, merangkai kata untuk undangan, dan banyak lagi.

Industri kreatif di Indonesia beberapa tahun terakhir semakin mendapat sorotan dari berbagai pihak. Misalnya, dengan mengirimkan delegasi atas nama Indonesia ke SXSW, salah satu kegiatan internasional yang mempertemukan para pelaku industri kreatif dalam berbagai kegiatan seperti konferensi dan festival film.

Yang pasti, industri kreatif adalah dunia yang menyenangkan karena diisi para anak muda. Menurut Bekraf, 14 persen peluang pekerjaan di Indonesia ada di industri kreatif. Jumlah ini pun diperkirakan terus bertambah. Makanya, jangan sia-siakan kesempatan ini, guys.

Jadi, jangan ragu buat mengembangkan minat dan bakatmu. Sebab, bisa jadi hal-hal yang kamu suka itu justru membuka peluang kesuksesanmu. Seperti kata-kata bijak, ’’Salah satu pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.’’ (c20/fik)

Zetizen-Untuk mengasah kemampuan agar semakin kreatif, kamu pasti butuh tempat untuk bisa belajar. Secara formal, mungkin belum banyak jalur pendidikan yang memfasilitasi. Tapi nggak perlu khawatir, Zetizen punya rekomendasi online course yang bisa kamu kunjungi. (c20/fik)

Dari namanya aja, kamu udah bisa menebak isi platform yang satu ini. Skill Academy menyediakan beragam konten pembelajaran yang menarik banget. Ada lima kategori pembelajaran yang disediakan Skill Academy. Yakni, persiapan tes, pengembangan diri, software & technology, bisnis & keuangan, serta pemasaran.

Beragam skill yang mau kamu pelajari buat menunjang kapasitasmu di industri kreatif bisa kamu cari di sini. Mau jadi content creator di YouTube? Kamu bisa coba belajar motion graphic biar kontenmu semakin keren. Mungkin mau tulisanmu dilirik banyak orang? Bisa banget ambil kelas copywriting di Skill Academy.

Setelah menyelesaikan program, nanti kamu bakal dapat sertifikat. Tapi, sebelum itu kamu harus menyelesaikan ujian dulu untuk menguji pemahamanmu. Ada satu hal lagi yang keren dari Skill Academy nih. Jadi, Skill Academy ini adalah salah satu platform mitra resmi pemerintah terkait dengan pelatihan tenaga kerja. Keren, ya!

Vokraf

Sesuai namanya, Vokraf berasal dari ’’vokasi kreatif’’. Vokraf adalah salah satu platform edukasi online yang menyediakan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Di sini ada lima skill yang bisa kamu pelajari. Mulai copywriting, 3D animation, graphic design, digital strategy, hingga YouTube content creating.

Di sini kamu juga akan dibimbing langsung oleh para profesional berpengalaman di bidang masing-masing lewat video-video yang disajikan. Kerennya lagi, di Vokraf nanti kemampuanmu diuji untuk menyelesaikan beragam project menarik yang sudah dipilih.

Meskipun terhitung baru, Vokraf sudah bekerja sama dengan berbagai jaringan keren loh. Salah satunya, Indonesia Creative Cities Network. Jadi nggak hanya dapat kemampuan baru, kamu juga bisa punya kesempatan untuk memperluas networking di dunia industri kreatif.

Kamu yang tertarik dengan dunia media wajib banget mampir ke sini. Seperti yang kamu tahu, narasi dibentuk oleh jurnalis ternama Indonesia, Najwa Shihab. Selain membuat konten yang menarik, narasi sering loh mengadakan workshop di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk kamu yang belum bisa hadir secara langsung, ada narasi Classroom yang berisi kegiatan workshop oleh Narasi. Selain materi baru, kamu bisa mendapatkan banyak banget insight dari diskusi antara pengisi materi dan peserta yang hadir.

Isi kelasnya pun beragam. Mulai pembahasan tentang jurnalistik, fotografi, hingga public speaking. Satu hal terakhir yang pasti kamu suka, narasi Classroom bisa kamu akses secara gratis.

RELATED ARTICLES

Please read the following article