Are You a Zetizen?
Show Menu

Sering Bikin Bete, ini 5 Alasan Utama Penerbangan Mengalami Delay

Fahri Syadia Fahri Syadia 20 Oct 2016
Sering Bikin Bete, ini 5 Alasan Utama Penerbangan Mengalami Delay

Zetizen.com - Buat kamu yang sering berpergian naik pesawat pasti udah akrab dengan yang namanya delay alias keterlambatan pesawat buat terbang. Selain bikin kesal karena udah terlanjur buru-buru cabut ke bandara, delay ini juga seringkali bikin serba salah karena akhirnya kita cuma bisa nunggu tanpa kepastian. But wait, tahukah kamu kalau dibalik keterlambatan penerbangan, ternyata ada banyak penyebabnya. beberapa diantaranya sangat berhubungan dengan keselamatan kamu loh. berikut ini beberapa diantaranya. (aviationweek/bloomberg/*/giv)

 

Antre Pesawat

di beberapa bandara besar, lalu lintas pesawat emang super padat (foto: 50skyhades)

 

Ternyata nggak cuma pembagian sembako aja yang antre. Pesawat yang mau terbang itu juga harus mengantre, apalagi kalau bandaranya kehitung kecil tapi jumlah penerbangan di sana lagi rame-ramenya. Antrean ini terbentuk karena jumlah landasan yang segitu-segitu aja harus dipakai bergantian oleh banyak pesawat dalam waktu berdekatan. Ibarat polantas, ATC (air traffic controller) juga harus menyuruh pesawat untuk terbang dan menunggu bergantian.

Makanya coba perhatiin aja, kalau kamu lagi di kota kecil (yang biasanya bandaranya juga kecil) dan itu musim liburan, kemungkinan besar flight mu bakal delay. Soalnya, macet cuy! 

 

Sistem Komputer Error

petugas ATC (Air Traffic Controller) bertugas mengatur penerbangan di suatu wilayah udara (Foto: Copybook)

 

Jangan kira penerbangan yang jumlah per harinya bisa ribuan itu bisa diatur sama otak manusia. Buat meningkatkan keamanan sekaligus efisiensi, hampir seluruh proses pengaturan penerbangan dibuat computerized. Sayangnya, meskipun efektif, saat sistem komputer ini error atau bermasalah, pihak bandara bakal mematikannya untuk troubleshooting. Nah kalau sistem nya dimatikan, otomatis nggak ada petugas yang mengontrol penerbangan. Kalau udah gini, ya pastinya penerbangan bakal di tunda atau malah di-cancel.

Dalam bahasa penerbangan, kasus ini biasanya disebut computer glitches. Pada tahun 2014, di Amerika aja sempat terjadi hingga 2000 penerbangan yang tertunda/dibatalkan loh gara-gara masalah software ini. Wah kalau di Amerika yang udah canggih aja bisa error, apalagi Indonesia ya?

 

Loading Bagasi

proses handling bagasi juga bisa memakan waktu lama Foto: Wall Street Journal

 

Ada baiknya kalau sebelum protes karena pesawat nggak terbang tepat waktu tapi juga nggak ada pengumuman delay, kamu ‘ngaca’ alias inget-inget dulu berapa banyak bagasi yang kamu bawa.. jangan-jangan sampai puluhan kilogram lagi.

Yap, ternyata loading bagasi itu juga sering bikin pesawat jadi molor loh. mungkin molornya nggak sampai satu atau dua jam, tapi masalah simple ini bisa banget bikin boarding-mu jadi molor dari yang tertulis di jadwal.

 

Quality Control

Sebelum terbang, pesawat pasti di cek buat memastikan nggak ada komponen yang rusak (Foto: Aircraftit)

 

Kayak pepatah biar lambat asal selamat, adakalanya kamu mending meng-ikhlaskan pesawatmu di delay daripada entar terjadi hal yang tidak-tidak. Sebab, pesawat itu adalah salah satu kendaraan yang sangat bergantung sama keutuhan sistemnya. Kalau ada sistem penerbangan yang nggak berfungsi, bukan nggak mungkin pesawatmu bisa malfungsi dan berujung kecelakaan. Untuk itulah setiap habis mendarat dan sebelum terbang, rutin ada pengecekan kualitas komponen dan sistem oleh teknisi bandara. tujuannya ya buat memastikan kalau pesawat yang mau kamu naikin itu airworthy, alias layak terbang.

Maka dari itu, demi keamanan bersama ya gapapa lah kalau pesawat harus delay karena alasan yang urgent, misalnya quality control ini. Apalagi kalau memakai penerbangan harga miring. Yang penting selamat aja deh!

 

Faktor Cuaca

awan badai adalah hal paling ditakutkan semua penerbangan (foto: wiki)

 

Faktor penyebab keterlambatan yang terakhir, nggak lain dan nggak bukan adalah faktor alam alias cuaca. Seperti yang kamu tahu, pesawat itu bsa terbang mengandalkan tekanan dan gaya angkat yang dihasilkan udara. Nah, ketika udara sedang nggak stabil, pesawat terbang jelas bakal sangat terpengaruh. Itu dia kenapa cuaca buruk merupakan hal yang paling bikin pilot deg-degan. Sebab, hempasan angin kencang, mesin yang kebanjiran, atau turbulensi yang kuat adalah beberapa faktor cuaca buruk yang udah terbukti paling sering menyebabkan kecelakaan. Makanya, kalau pesawtamu delay gara gara cuaca buruk, jangan keburu bete ya! Inget, pihak maskapai menunda penerbanganmu juga karena mementingkan keselamatanmu

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article