Are You a Zetizen?
Show Menu

Coronavirus Lockdowkn: Pengalaman "Terkunci" di Negara Asing

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 20 Dec 2022
Coronavirus Lockdowkn: Pengalaman "Terkunci" di Negara Asing

Zetizen-Salah satu usaha pemerintah untuk mengurangi persebaran virus Covid-19 adalah memberlakukan lockdown di negaranya. Tujuannya, mengurangi intensitas aktivitas orang-orang di luar rumah dan mengalihkan semua kegiatan untuk dikerjakan di dalam rumah. Nggak semua orang bisa berkumpul bareng keluarga di tengah pandemi ini. Misalnya, Zetizen berikut yang punya unforgettable experience selama lockdown di negara asing dan jauh dari keluarga mereka. Intip cerita mereka yuk! (c20/mel)

Country Situation: Nebraska bisa dibilang tempat yang paling aman di USA. Kota ini belum menggalakkan lockdown secara total saat itu, tapi beberapa public space udah mulai di-shut down untuk mengurangi intensitas berkumpulnya orang-orang ramai seperti sekolah, restoran, dan perkantoran. Pemerintah juga belum sepenuhnya memberikan perintah untuk stay at home karena banyak orang masih bisa pergi ke luar daerah meski beberapa di antaranya mulai tetap di rumah dan mengisolasi diri.

How I Deal with It: Di sini aku tinggal bersama host family dan memanfaatkan saat-saat seperti ini untuk bonding dengan mereka. Mulai memasak makanan Indonesia untuk mereka hingga bermain puzzle atau board games bersama. Aku juga meluangkan waktu untuk menggambar di sela[1]sela kesibukan online class.

Country Situation: Sekarang semua orang menerapkan work from home dan online class sesuai dengan kebijakan pemerintah. Semua pusat perbelanjaan dan restoran tutup, kecuali untuk layanan delivery. Yang masih buka saat ini cuma supermarket dan apotek. Masuk ke supermarket pun harus mengantre dulu tiap mau belanja. Sistem yang diaplikasikan di Belanda standar sih. Kayak keluar rumah seperlunya. Kalau ada yang keluar rumah ramai-ramai (kecuali satu tempat tinggal) atau nggak mengikuti peraturan, bisa didenda.

How I Deal with It: Aku tinggal bareng sama tiga teman. Jadi cukup membantu untuk melewati masa quarantine ini. Kami biasanya main games, masak, dan workout. Karena kami cuma diam di satu tempat, olahraga rumah itu penting banget. Aku juga masih ngikutin kelas online dan sekarang lagi masa ujian yang juga dilakukan secara daring.

Country Situation: Alsace ini termasuk wilayah dengan angka kasus Covid-19 yang tinggi sehingga peraturan lockdown dari pemerintah terbilang cukup tegas. Orang-orang dilarang keluar rumah apabila kepentingannya kurang mendesak. Kalau melanggar, akan dikenai sanksi. Lockdown secara nasional diberlakukan sejak 16 Maret 2020 sehingga seluruh aktivitas pekerjaan maupun sekolah dialihkan di rumah. Pihak Komite Rotary Youth, PPI Alsace, hingga KBRI Paris sangat responsif dan memberikan support kepada warga negara Indonesia yang tinggal di sini.

How I Deal with It: Selama di rumah, aku melakukan banyak kegiatan yang belum pernan dicoba sebelumnya. Mulai bercocok tanam, memasak makanan khas Prancis, hingga DIY topi dan masker! It was a fun experience for me.

RELATED ARTICLES

Please read the following article