Are You a Zetizen?
Show Menu

Jalani Momen Ramadan Di Perantauan

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 21 Dec 2022
Jalani Momen Ramadan Di Perantauan

Zetizen-Wih rasanya udah kangen banget ya sama lantunan lagu di atas yang sering banget diputar pas Ramadan? Bulan suci Ramadan sangat dinantikan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Mulai dari beratnya menahan rasa kantuk untuk bangun sahur hingga serunya ngabuburit menjelang berbuka puasa. Nggak ada yang bisa gantiin menjalani ibadah puasa bareng keluarga. Tapi, adakalanya seseorang harus berpuasa jauh dari keluarga karena berbagai alasan. Misalnya, Zetizen hebat berikut ini yang tetap semangat mempersiapkan ibadah puasa meski harus jauh dari keluarga. (c20/mel)

Aku mulai indekos sendiri di Surabaya sejak kelas 1 SMK karena pengin coba aja hidup mandiri. Aku sempat ditawari tinggal bareng paman, tapi jarak rumahnya jauh banget ke sekolah. Jadi, aku lebih memilih tinggal di kos. Keluargaku ada di Jakarta dan sekarang waktunya udah telat banget buat pulang karena di sana mulai diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Aku juga takut tertular atau malah menularkan virus Covid-19 ke keluargaku kalau aku pulang nanti. Jadi, ya Ramadan ini bakal aku habisin di kos bareng beberapa teman atau ibu kos yang masih tinggal di sini. Kalau senggang, aku bakal ke rumah paman juga sih karena beberapa kali udah ditawarin tapi menolak karena lebih nyaman tinggal sendiri, hehe. So far, persiapannya untuk sekarang udah belanja bahan-bahan masakan untuk sahur dan berbuka karena aku bakal menyiapkan masakan sendiri. Seru aja sih soalnya ini bakalan jadi my very first experience. So, i really excited to do it!’’

Karena masih harus menyelesaikan studiku, aku harus menjalankan puasa di sini juga. Sebenarnya udah biasa sih aku puasa jauh dari keluarga, tapi ya tetep nggak ada yang bisa ngalahin suasana puasa di Indonesia. Terutama bareng keluarga di Indonesia. Mempersiapkan mental aja sih kayak biasanya buat nyesuain aktivitas sehari-hari ketika memasuki bulan puasa. Yang paling aku kangenin dengan suasana Ramadan di Indonesia ya menu berbukanya sih. Di sini menunya biasanya pakai masakan khas Arab seperti luqaimat, samosa, dan kurma. Kangen banget sama takjil[1]takjil khas Indonesia dan tentunya suasana Ramadan lebih semarak di Indonesia sih.’’

Tahun ini bakal puasa full sendiri di Prancis karena ketahan sama lockdown akibat Covid-19 sekaligus kegiatan kuliahku yang nggak bisa ditinggal. Nggak bisa kumpul-kumpul puasaan bareng teman karena tempat tinggalnya jauh. Jadinya, sahur atau berbuka disiapin sendiri. Mendekati bulan puasa ini, aku juga cari-cari referensi resep takjil biar nuansa Ramadan khas Indonesia lebih kerasa. Di Prancis nggak ada regulasi khusus sih dari pemerintah selama bulan puasa ini, jadi kayak hari-hari biasanya.’’

Zetizen-Biar sendirian, jangan sampai semangat puasa kalian luntur karena bosan. Banyak cara yang bisa kalian lakuin sendiri supaya puasamu tetap fun and creative. Mau tahu apa aja? Check it out! (c20/mel)

Ngabuburit Online

Kalau biasanya ngabuburit dilakukan untuk hunting jajan pasar atau takjil di luar, sekarang mending coba ngabuburit online bareng teman-teman. Misalnya, kalian bisa janjian bikin video TikTok bareng, challenge masak makanan berbuka puasa, kreasi takjil, sampai bikin mini quiz sambil video call-an bareng teman atau keluarga.

Bikin Resolusi Ramadan

Kata siapa resolusi cuma bisa dibuat pas tahun baru? Di bulan Ramadan juga bisa! Tulis di kertas atau notes buat mencatat goals apa aja yang mau kamu capai di bulan Ramadan ini. Misalnya, pada seminggu awal bulan Ramadan bakal bikin menu non-ayam atau hari terakhir Ramadan diisi dengan tadarusan online bareng keluarga di rumah. Ini bisa jadi saksi bisu perjuanganmu bahwa puasa sendiri bukan jadi alasan kamu nggak bisa produktif!

Kreasi Takjil

Bikin takjil sendiri tentu sensasinya beda dengan takjil nggak bisa produktif! yang dibeli di pasar atau toko-toko di luar. Mumpung aktivitas bakal sering di rumah, kamu bisa manfaatin untuk belajar kreasi takjil. Mulai level beginner seperti kolak hingga yang advances kayak es pisang ijo. Lumayan kan buat menantang diri sendiri?

Fact Around The World

  • Irak memberlakukan jam malam saat bulan puasa mulai pukul 00.00–06.00. Tempat-tempat seperti masjid, kafe, dan mal juga tetap ditutup untuk menghindari orang-orang berkumpul.
  • Sebagai pengganti pasar Ramadan yang menyediakan kebutuhan makanan serta minuman berbuka dan sahur, Malaysia membuat E-Bazaar agar transaksi pembelian bisa diakses secara online.
  • Selama Ramadan, Masjid Finsbury Park di Inggris akan menyiarkan ceramah dan ibadah secara online yang bisa diakses melalui platform Zoom.
  • Pemerintah di Bangladesh memberlakukan kuota jamaah untuk salat di masjid. Keputusan ini terbilang kontroversial meski tujuan pemerintah adalah mengurangi kontak antarindividu.
  • Banyak warga Yerusalem Timur yang menjual hiasan lampu berbentuk bulan dan bintang sebagai bentuk semangat menjalankan puasa di tengah pandemi Covid-19.

RELATED ARTICLES

Please read the following article