Are You a Zetizen?
Show Menu

Serba Mewah, Ini Tujuan Raja Arab Saudi Berkunjung ke Indonesia

Fahri Syadia Fahri Syadia 24 Feb 2017
Serba Mewah, Ini Tujuan Raja Arab Saudi Berkunjung ke Indonesia

Zetizen.com - Awal bulan Maret nanti, Indonesia bakal kedatangan tamu super penting, yakni Raja Salman dari Arab Saudi. Kedatangannya dalam rangka bisnis sekaligus liburan di Jakarta dan Bali. Uniknya, berbeda dengan kedatangan pemimpin negara lainnya, kedatangan sang raja kali ini benar-benar super mewah. Nggak kurang dari 1500 orang ikut menyertai kunjungannya. Nah, seheboh apa sih persiapan kedatangan sang Raja ini? Lalu apa tujuannya berkunjung ke Indonesia? Simak yang berikut.

 

Foto: NY Post

Bawa 1.500 Orang, Termasuk 25 Pangeran dan 10 Menteri

Dibanding kepala negara lain, kedatangan raja salman ini rupanya emang sangat spesial. Sebab, terakhir kali raja arab saudi datang ke Indonesia emang sudah cukup lama, tepatnya pada 1970 alias 47 tahun yang lalu. Karena itu, raja salman menunjukkan keseriusannya dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini. Beliau membawa total 1.500 orang yang didalamnya termasuk orang-orang penting pemerintahan Saudi. Sebut aja 25 pangeran, serta 10 orang menteri plus para pewaris tahta sekaligus ahli tertinggi bagi negara. Kalau buat sekedar menyapa atau jalan-jalan, nggak mungkin raja salman membawa rombongan sebanyak itu kan?

 

Pesawat jenis Boeing 777 maskapai Saudi Arabian Airlines. Foto: Airline Pictures

Bawa 9 Pesawat dan Keamanan VVIP

Dengan rombongan sebanyak itu, raja salman bakal menggunakan 29 penerbangan yang dilayani oleh 9 pesawat. pesawat sebanyak itu dibutuhkan selain untuk mengangkut para rombongan, juga untuk mengangkut barang-barang pribadi raja Salman. Meski raja salman sendiri baru akan datang tanggal 1 Maret nanti, barang-barangnya sudah mulai dikirim bertahap ke Indonesia sejak 15 Februari kemarin loh. Dengan lama kunjungan sekitar 9 hari yang terdiri dari 3 hari di Jakarta dan sisanya di Bali, keamanan dan kenyamanan raja salman emang nggak main-main, Guys.

 

Pengangkutan eskalator pribadi Raja Salman. Foto: Jawa Pos

Eskalator dan Mobil Pribadi yang Bikin Heboh

Kedatangan raja salman mungkin masih tanggal 1 Maret nanti. Tapi sekarang udah ada salah satu benda pribadinya yang sampai duluan, yaitu tangga berjalan alias eskalator pribadi! Yup, tangga mewah itu harus dibawa dengan main deck loader berkapasistas 32 ton. Kabarnya, eskalator pribadi ini nggak cuma sekedar untuk kemewahan tapi juga karena perlu, mengingat faktor usia raja salman yang telah menginjak 81 tahun. Selain itu, raja salman juga bakal menaiki mobil kesayangannya, Mercedes Benz S600 selama di Indonesia.

 

Foto: Serikat Kabinet RI

Kerjasama Senilai Rp. 6 Miliar USD, dan Bisa Lebih

Meski memang sebagian waktu kunjungan bakal digunakan untuk berlibur di Bali, kunjungan raja salman punya tujuan lain yang jauh lebih penting. Pihak Arab Saudi dan Indonesia berniat merealisasikan bisnis kerjasama minyak antara Aramco (Arab Saudi) dengan Pertamina (Indonesia), yang nilainya mencapai Rp. 6 Miliar USD (Rp. 79 triliun). Dana besar itu rencananya bakal digunakan untuk membangun kilang minyak di daerah Cilacap. Secara keseluruhan, bisnis itu nanti ditargetkan bisa berkembang hingga senilai Rp. 25 Miliar USD (Rp. 332 triliun). Wow, angka yang amat fantastis!

 

Foto: Jpnn

Mendukung Anti Terorisme

Sebagai negara tempat tanah suci berlokasi, Arab Saudi juga menolak mentah-mentah tindak terorisme yang berkedok Islam. Kedatangan mereka ke Indonesia nanti juga untuk dalam rangka mempromosikan Islam moderat yang toleran. Yap, pihak Arab menjanjikan pertukaran ulama untuk pembekalan Islam yang moderat, serta penaikan haji bagi orang tua anggota Densus 88 yang tewas ketika melawan teroris. Wah, salut!

 

Sumber: Jawapos

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article