Are You a Zetizen?
Show Menu

What’s on Today: Juan Manuel di Google Doodle

Zetizen Zetizen 25 Jun 2016
What’s on Today: Juan Manuel di Google Doodle

 

Zetizen.com – Google selalu punya caranya sendiri buat memperingati sebuah peristiwa atau kejadian penting di dunia. Salah satunya melalui Google Doodle, Google secara berkala mengganti logo di laman utama mesin pencarinya dengan desain yang menggambarkan tokoh atau peristiwa tertentu. Dan hari ini (24/06) Google menampilkan gambar nuansa retro untuk pembalap Formula 1 legendaris dunia, Juan Manuel Fangio

Juan Manuel Fangio adalah pembalap dengan banyak prestasi. Pria yang lahir pada 24 Juni 1911 di Argentina ini kerap disebut sebagai El Maestro atau The Master. Ia mendominasi kemenangan selama 10 tahun pertama penyelenggaraan Formula 1 dengan menjadi juara lima kali. Yakni pada tahun 1951, 1954, 1955, 1956 dan 1957.

 

Credit: Google

 

Catatan rekor kemenangan 5 kali ini berhasil dipertahankan selama 47 tahun. Rekor ini baru terpecahkan oleh Michaael Schumacker dari Jerman pada tahun 2003. Meski demikian, prestasi yang diraih oleh Juan ini tetap terasa spesial. Pasalnya, Manuel berhasil menjadi juara dunia dari 4 tim yang berbeda yakni Alfa Romeo, Maserati, Mercedes GP dan Ferrari. Hal semacam ini belum lagi terulang dalam sejarah F1 hingga sekarang. 

Prestasi ini nggak didapat dengan mudah loh. Pada masa kecilnya, Fangio terkena pneumonia.  Keadaan ini membuatnya harus berbaring di ranjang selama dua bulan dan mendapatkan perawatan khusus. Nggak mau menyerah, Fangio justru memutuskan terjun ke dunia militer di usia 21 tahun sebelum akhirnya dipecat karena kondisi fisik yang nggak memungkinkan.

 

Credit: Sheriouswheells

 

Pada 1934, di usia 23 tahun Ia memulai debutnya di balapan lokal Argentina. Meskipun terbilang lambat, Fangio akhirnya berhasil berlaga dalam ajang balap F1 pada usia 39 tahun. Dan terbukti, ketekunannya membuat Ia layak meraih juara sebanyak 5 kali.

Pada tahun 1995, Manuel meninggal dunia setelah sebelumnya sempat menjabat sebagai presiden kehormatan Mercedez-Benz Argentina sejak pensiun di 1987. Ia dikebumikan di tanah kelahirannya di Balcarce, Buenos Aires, Argentina.

Pemilihan tokoh atau peristiwa untuk divisualisasikan dalam Google Doodle tentu harus yang terpilih. Dan kisah inspiratif serta prestasi Fangio rasanya memang pantas ya guys untuk dijadikan Doodle hari ini. Happy birthday, Juan Manuel Fangio! (Google Doodle/Grandprixhistory/dmp/ver)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article