Are You a Zetizen?
Show Menu

Berkunjung ke Indonesia, Melinda Gates Kagumi 4 Hal ini

Nourma Vidya Nourma Vidya 29 Mar 2017
Berkunjung ke Indonesia, Melinda Gates Kagumi 4 Hal ini

Zetizen.com – Tanggal 21- 24 kemarin, Melinda Gates, istri orang terkaya dunia, Bill Gates, baru saja berkunjung ke indonesia dalam rangka aksi sosial yayasan amalnya, Bill and melinda gates Foundation (BMGF). Selama empat hari, Gates mengunjungi jakarta dan beberapa wilayah di Jawa Tengah untuk mempelajari berbagai program dan keadaan sosial yang digalakan pihak setempat. Kerennya, selama perjalanan tersebut, 4 hal unik dari Indonesia berikut sukses mencuri perhatian sang istri pendiri microsoft ini. 

 

Melinda saat bertemu presiden Jokowi (foto : Setkab)

Apresiasi Program Kartu Indonesia Pintar dan Indonesia Sehat

Pertemuan dengan Presiden Jokowi dan beberapa menteri jadi salah satu agenda yang dilakukan Melinda saat berkunjung ke Jakarta. Dalam pertemuan yang berlangsung selama 30 menit di ruang tunggu Bandara Halim Perdana Kusuma itu, Melinda yang didampingi beberapa pejabat BMGF berdiskusi banyak hal dengan sang Presiden. Salah satunya adalah mengenai program e-money yang sedang digalakkan pemerintah lewat Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Hasilnya, Melinda mengaku sangat mengapresiasi program pemerintah ini loh. Bahkan, ia menyatakan kalau yayasan BMGF bakal sangat senang buat men-support program ini. Salah satunya dengan membantu meningkatkan coverage mobile banking di Indonesia, agar masyarakat yang punya rekening bank bisa meningkat dari 36% menjadi 75%. Dia juga berencana mengadopsi program ini buat diterapkan dan diajarkan ke negara-negara lain. Wow!

 

 

Melinda Gats saat mempelajari program KB (foto: twitter)

Pelajari Program Keluarga Berencana

Selain bertemu dengan Presiden, mempelajari program Keluarga Berencana (KB) juga jadi salah satu tujuan utama kunjungan Melinda ke Indonesia. Rupanya, Melinda sangat tertarik dengan kemajuan KB di Indonesia. Menurutnya, Indonesia punya sejarah panjang sebagai salah satu negara paling sukses dalam penerapan program KB nasional di dunia.

Demi mempelajari KB, istri orang terkaya dunia yang punya penampilan super humble ini datang ke RSIA Aisyah di Klaten, Jawa Tengah. Disana, Melinda mempelajari berbagai hal mengenai program KB. Mulai dari fasilitas, layanan konseling bagi Ibu yang baru melahirkan, hingga pengaruh program KB bagi kesehatan Ibu. kunjungan ini membuatnya percaya kalau membangun keluarga yang sejahtera bisa dimulai dengan merencanakan jumlah anak. Dia juga jadi tertarik deh buat mengenalkan hal ini ke negara-negara lain.

 

Mempelajari penelitian pemberantasan demam berdarah (Foto : Twitter)

Kunjungi Penelitian Pencegah Demam Berdarah

Dalam kunjungannya kali ini, Melinda ternyata juga menaruh minat buat mempelajari masalah kesehatan. Hal itu dibuktikan dengan mengunjungi Eliminate Dengue Project, sebuah proyek penelitian yang digelar oleh kelompok peneliti Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dalam kunjungannya ke proyek penelitian ini, Melinda melihat sendiri bagaimana inovasi yang diciptakan peneliti Indonesia dalam menanggulangi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam Eliminate Dengue Project, para peneliti melakukan inovasi penanggulangan demam berdarah dengan menularkan bakteri penginfeksi bernama Wolbachia pada nyamuk pembawa penyakit. bakteri ini ternyata berfungsi sebagai inhibitor yang membuat nyamuk nggak lagi bisa menularkan virus demam berdarah. Saking terkesimanya, Melinda bahkan ikut mencoba langsung memberi makan nyamuk dan rela tangannya digigiti loh. Meski begitu, dia mengaku puas dan kagum banget dengan usaha peneliti Indonesia buat memberantas penyakit yang jadi musuh dunia satu ini. Keren, ya!

 

Melinda tampil sederhana berbaur dengan warga (foto : newsagency)

Kagumi Keramahan dan Hujan Lebat Indonesia

Selain mempelajari berbagai hal tersebut, Melinda juga banyak berinteraksi dengan masyarakat dalam kunjungannya kali ini. Rupanya, interaksi dengan penduduk lokal itu membuatnya kagum dengan keramahan masyarakat Indonesia.

Selain itu, ternyata Melinda juga terkesan dengan cuaca Indonesia. Salah satunya adalah hujan super lebat yang turun saat dia berada di Yogyakarta. “Di Seattle (Amerika Serikat), tidak pernah ada hujan seperti ini,” ujarnya.

Oh iya, ada satu hal yang membuat banyak orang salut pada kunjungan Melinda kali ini. Hal itu adalah kesederhanaan luar biasa yang ditampilkan oleh Melinda. Sebagai istri orang terkaya dunia, penampilan dan pembawaan Melinda ternyata sangat sederhana dan jauh dari kata sombong. Hal ini sangat terlihat saat dia berkunjung ke Kricak, wilayah tempat penelitian Elimination Dengue diadakan. Dengan penampilan sederhana, Melinda nggak ragu duduk di atas tikar dan berbaur dengan warga sambil menikmati jajanan tradisional yang disajikan. Ia bahkan mau mendengarkan dan berbagi cerita dengan banyak penduduk dan anak-anak setempat. Such a humble person!

Oh iya, ini nih kesan Melinda setelah berkunjung ke indonesia

"We have learned so much from our visit to Indonesia over these past couple days. We might adopt Indonesia programs and implement them to other countries." Keren kan, Indonesia!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article