Are You a Zetizen?
Show Menu

Wire Art, Indahnya Pesona Lilitan Kawat

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 30 Jan 2023
Wire Art,  Indahnya Pesona Lilitan Kawat

Zetizen-Selalu ada ide unik untuk membuat karya yang menakjubkan! Kini banyak seniman menggunakan barang yang nggak biasa untuk dijadikan bahan eksperimen dalam menciptakan karya, mulai dari kertas, barang bekas, hingga kawat. Wah, siapa sangka kalau Kawat yang identik sebagai bahan reparasi ternyata bisa dibentuk dan memiliki nilai estetika tinggi di tangan yang tepat, lho. seni membentuk Kawat ini biasa disebut wire art. Seperti apa ya keunikan wire art? Check this out!

Seni Wire Art sudah lama populer di luar negeri seperti Amerika, Inggris, Tiongkok, dan Lebanon, tetapi masih sepi di Indonesia. ”Awal aku tertarik dengan Wire Art ketika salah satu wire artist Inggris muncul di explore Instagram-ku. Dari situ akhirnya aku cari tahu lagi tentang Wire Art dan jenis-jenisnya yang cukup beragam. Kawat sebagai bahan utamanya selalu ada di sekitar, tetapi sering terabaikan. Padahal, bisa diubah jadi hal-hal indah,” tutur Nyimas Suci Claudia Zalfa, Wire Art enthusiast, yang kerap disapa Clo.

Beberapa jenis wire art, antara lain, wire jewelry, wire typography, dan wire sculpture. Sesuai dengan namanya, wire jewelry merupakan seni membentuk Kawat untuk dijadikan perhiasan seperti cincin, kalung, dan anting. Kemudian wire typography yang dibentuk menyerupai tulisan tegak bersambung dan biasa digunakan untuk hiasan dinding atau gantungan. Ada juga wire sculpture yang menjadikan Kawat sebagai bahan utama membuat patung.

”Untuk membuat wire art, hal paling utama yang perlu disiapkan adalah keinginan dan ketertarikan. Sebab, selain pembuatannya yang lumayan susah dan memakan waktu, kita harus teliti. Salah sedikit aja kita harus mengulanginya dari awal dengan menggunakan Kawat yang baru. Di awal percobaan, kita bisa mengandalkan jari tangan untuk belajar teknik-teknik dasar seperti membuat bulatan, membentuk sudut 90 derajat, dan cara menjepit Kawat agar lurus. Memang awalnya susah, bahkan dulu ujung jariku sering lecet karena belum terbiasa,” lanjut Clo.

Alat-alat yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan kok! Kamu cuma butuh Kawat dan tang yang sesuai dengan jenis wire art. Misalnya, ketika membuat wire jewelry, biasanya Kawat yang dipakai bersifat antikarat, gold plated, silver plated, dan 925 silver sterling atau emas 14k dengan ketebalan mulai 0,8 mm sampai 1,5 mm. Untuk wire sculpture dan wire typography, biasanya memakai Kawat aluminium atau tembaga dengan ketebalan sekitar 1,5 mm sampai 3 mm. Untuk tangnya sendiri, ada berbagai jenis seperti tang pelintir, tang penjepit, dan tang potong.

Nggak ada teknik khusus untuk membuat wire art. Supaya nggak bingung memulainya, kamu bisa menggambar pola yang ingin dibuat terlebih dahulu di kertas. Selain untuk memudahkan, pola tersebut bisa jadi panduan dalam membentuk kawat. Kamu juga bisa menambahkan manik[1]manik untuk mempercantik wire art-mu. Oh iya, meski telah dilapisi cat antikarat, Wire Art harus dijauhkan dari air dan bahan kimia lain agar kawatnya nggak berkarat.

”Intinya harus sering latihan biar jari tangan makin lihai membentuk kawat. Let it flow, jangan terburu-buru atau gampang menyerah. Percaya deh, rasa capek itu bakal terbayar saat kita puas lihat Wire Art cantik yang sudah dibuat. Apalagi kalau udah dapat feel-nya, membuat Wire Art bisa jadi relaxing moment saat penat,” pesan Clo. Wah, kapan lagi bisa menghasilkan banyak karya hanya dengan satu bidang seni. Kamu juga bisa menghadiahkan hasil karyamu untuk orang terdekat, lho. Wanna try it? (arm/c12/lai)

Best Channel for Learn

WIRE art mampu mengubah Kawat yang remeh jadi barang bernilai seni. Selain sebagai alternatif hobi, Wire Art bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan sistem motorik tangan, lho. Wah, bisa nih Wire Art masuk list kegiatan saat liburan nanti. Berikut Zetizen kasih rekomendasi channel buat belajar wire art. (arm/c12/lai)

Wanita bernama Heather Boyd ini telah mendalami dunia Wire Art selama 30 tahun, lho. Memulai akun YouTube pada 2010, dia selalu berbagi tentang keahliannya dalam Wire Art berupa wire jewelry dan wire typography. Dalam seminggu, Heather biasanya mengunggah konten sebanyak dua kali tentang tutorial dan tip seputar wire art. Setiap Rabu, Heather akan mengadakan live streaming bertajuk Wire Lady.

Siapa yang suka ganti-ganti perhiasan? Yuk, bikin perhiasanmu sendiri dari kawat! Akun yang dikelola perempuan asal Amerika Serikat ini berbagi banyak tutorial membuat wire jewelry yang cantik dan estetis. Pembuatannya yang terlihat mudah bakal bikin kamu pengin buat wire jewelry sendiri setelah scroll akun TikTok tersebut. Dengan begitu, kamu akan punya perhiasanmu sendiri yang nggak ada duanya.

Akun YouTube ini cocok banget buat kamu yang suka dengan hal-hal detail. Sebab, wire sculpture berupa pohon bonsai dan perhiasan yang dibuat benar-benar terperinci menggunakan Kawat berukuran kecil. Lythong Art menayangkan video tutorial yang cukup jelas karena mencakup dari apa saja yang perlu disiapkan, step-by-step pembuatan, tahap finishing, hingga cara memajang karya wire art.

RELATED ARTICLES

Please read the following article