Are You a Zetizen?
Show Menu

Skill Paling Dicari saat Ini

Ratih Mg Ratih Mg 01 Dec 2022
Skill  Paling  Dicari  saat Ini

Zetizen-Pernah mendengar sambatan orang yang bilang fresh graduate sekarang semakin susah cari kerja? Well, dunia kerja memang nggak cuma minta IP sempurna, tapi juga skill yang mumpuni. Nah, biar kamu bisa mempersiapkan diri dan memaksimalkan skill di bangku kuliah nanti, yuk, simak skill apa yang dibutuhkan saat ini! (sak/c12/rat)

Critical Thinking

Suka duduk Paling belakang? Ya nggak apa-apa sih. Tapi jangan pasif, apalagi saat jadi mahasiswa nanti! Sebab, critical thinking sangat diperlukan mayoritas pekerjaan. Gimana nggak, lha wong skill ini bisa membantu kita memahami sudut pandang orang lain dan mencari solusi atau ide kreatif. Penting banget nih buat kamu yang ingin terjun di industri kreatif.

Berpikir kritis sebenarnya lebih gampang dilatih oleh kita, para generasi Z. Ada banyak konten di internet yang kadang membuat kita ingin berkomentar. Ya bagus kalau proses tukar pendapat itu berjalan dengan sehat dan memperluas perspektifmu. Tapi, kalau sudah bawa-bawa fisik, pokoknya out of topic, internet bisa jadi bumerang. Mulailah untuk membagikan pendapatmu di media sosial atau blog dengan dibarengin fakta dan tanggung jawab.

Recommended job

Digital marketing, project manager, analyst, educator

Flexibility

Siapa yang menyangka kalau mulai 2020 kita harus memaksimalkan teknologi untuk pekerjaan. Work from home is not easy. Kamu harus belajar memakai software baru demi menunjang pekerjaan. Kamu harus memaklumi senior yang mungkin kurang paham teknologi. Belum lagi orang-orang yang lupa kalau WFH tidak berarti kerja 24 jam. Oleh karena itu, kita harus jadi orang yang fleksibel. Jangan kaku! 

Skill flexibility membuatmu bisa cepat beradaptasi dengan masalah apa pun. Termasuk beradaptasi dengan segala jenis karakter orang. Nggak semua orang bisa lho menerima kekurangan teman kerjanya, lalu sering mengeluh, dan akhirnya resign. Cara belajarnya? Build connection dengan banyak orang! Seringlah ikut organisasi
dan program volunter. Selain itu, siapa tahu flexibility bisa membuka lebih banyak pintu untuk kamu.

Recommended job

Pegawai negeri sipil, freelancer, fotografer, event organizer 

Public Speaking

”Tapi, aku introver.’’ Nggak usah alasan! Perbedaan introver dan ekstrover itu ada di cara recharge energi aja, bukan sebagai alasan nggak berani ngomong! Nggak cuma bekerja di perusahaan ternama, menjadi entrepreneur juga butuh public speaking lho. Siapa yang mau mengenal produkmu kalau kamu nggak berani unjuk gigi? Menguasai public speaking jelas memperbesar peluangmu untuk berkembang di dunia kerja.

Yes, tampil di depan orang kadang exhausting dan bikin gugup. Oleh karena itu, kamu yang masih duduk di bangku SMA harus segera melatihnya. Manfaatkan tugas presentasi da menjabat di OSIS untuk mengasah skill ini. Dengan begitu, kamu juga membentuk personal branding lho. Siapa sih yang nggak butuh di zaman seperti ini? Buang jauh-jauh pikiran negatifmu ya karena percaya diri is the key.

Recommended job

Marketing, MT perbankan, influencer, politician, CEO start-up

Dibayar untuk Main Seluncuran Air

 SIAPA kangen kolam renang dan rindu main seluncuran? Ternyata, ada lho orang yang dibayar untuk main seluncuran air! Disuruh main sampai puas pula hehe. Penguji seluncuran air ini harus bermain demi memastikan standar keamanan, kecepatan, dan pendaratan seluncuran. Kan nggak lucu kalau terlalu ekstrem sampai bikin kita terpental ke luar jalur. Pekerjaan ini penting banget karena berurusan dengan nyawa dan kebanyakan dipakai anak-anak.

Seorang penguji seluncuran air biasanya bekerja untuk hotel chain atau perusahaan travel besar. Sebagian besar waktunya dihabiskan di atas pesawat, terbang dari satu hotel ke hotel lain. Sesampainya di kolam, mereka berganti baju renang dan berkali-kali naik seluncuran. Yang diamati adalah seberapa banyak air yang digunakan, seberapa cepat dia mendarat, detail keselamatan, dan tentunya seberapa menyenangkan naik seluncuran tersebut! Semua itu dilaporkan kepada bos dan manajer hotel.

Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang suka tantangan, pintar berenang, dan nggak masalah pergi ke sana-sini. Tapi, nggak ada kualifikasi pasti untuk melamar sebagai water slide tester. Sebab, yang Dicari adalah skill mengamati dan personality. Selain itu, lowongan untuk pekerjaan ini nggak banyak.

Pada 2013, Sebastian Smith mendapatkan kontrak sebagai penguji seluncuran air First Choice Holidays setelah memenangkan sebuah perlombaan. Pria yang saat itu berusia 22 tahun tersebut mengalahkan lebih dari dua ribu peserta dan melakukan tur dunia selama enam bulan untuk menguji seluncuran air di berbagai resorts
SplashWorld. Rekrutmennya unik juga ya! Ada yang tertarik jadi water slide tester? (sak/c12/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article