Are You a Zetizen?
Show Menu

Senandung Lagu untuk Rilekskan Hewan Peliharaan

Ratih Mg Ratih Mg 31 Jan 2023
Senandung Lagu untuk Rilekskan Hewan Peliharaan

Memainkan musik di dalam mobil dapat menenangkan hewan peliharaan ketika dalam perjalanan travelling atau menuju dokter hewan.

Zetizen-Musik adalah salah satu sarana terapi dan relaksasi yang biasa kita dengarkan ketika sedang jenuh untuk kemudian bisa mencairkan suasana kembali. Ternyata, bukan hanya manusia yang mendapat manfaat relaksasi dengan mendengarkan musik, hewan juga terkena cipratan manfaat dari mendengarkan musik, lho! Meski daya pendengaran yang dimiliki antara hewan dan manusia berbeda, beberapa jenis musik tertentu bisa menjadi obat ampuh untuk memberikan ketenangan mental bagi hewan yang mendengarkannya. Apa aja manfaat yang bisa hewan dapatkan dengan mendengarkan musik? Simak yuk penjelasannya!

Berbeda dengan manusia, hewan memiliki daya pendengaran tertentu yang membuat mereka memproses suara dengan cara yang berbeda. Misalnya, anjing yang bisa mendengarkan suara hingga 40.000 Hz dan kucing yang memiliki daya pendengaran antara 100–60.000 Hz. Karena perbedaan daya pendengaran tersebut, hewan tidak bisa memproses semua jenis musik dengan sama, hanya beberapa alunan musik yang kemudian bisa diterima ambience-nya oleh hewan-hewan tersebut.

Adanya korelasi yang diberikan antara hewan dan musik ditemukan dari penelitian psikoakustik yang ditulis dalam jurnal Behavioral Effects of Auditory Stimulation on Kenneled Dogs yang menunjukkan adanya tanggapan positif oleh anjing-anjing dalam selter ketika dimainkan beberapa jenis musik. Musik-musik yang disetel tersebut menunjukkan beberapa manfaat yang dipercaya dapat mengurangi rasa gugup, tekanan darah rendah, pernapasan yang lebih lancar, dan mengurangi perilaku memberontak seperti menggonggong secara berlebihan. 

Musik yang dimainkan tersebut memiliki spesifikasi tertentu yang lantas bisa mengurangi rasa gugup yang dimiliki hewan. ”Musik dengan jenis not yang lebih panjang dan berkelanjutan, diikuti dengan ritme yang lebih konsisten, tempo lambat, serta penggunaan instrumen yang tidak terlalu rumit bisa dibilang jenis musik yang ampuh untuk memberikan efek menenangkan pada hewan peliharaan,’’ ungkap Joshua Leeds selaku ahli psikoakustik melansir The Whole Pet Vet. Terapi musik ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk diaplikasikan pada hewan karena hewan memiliki saraf sensori yang peka terhadap suara. Gelombang suara yang diterima dari musik akan diproses otak yang kemudian dapat memengaruhi perubahan perilaku psikologis pada hewan tersebut.

Suara yang terlalu besar dan muncul tiba-tiba akan memacu adrenalin hewan yang lantas membuat mereka menjadi panik dan stres. Berbeda dengan suara alunan yang lebih lembut dan repetitif, hewan akan meresponsnya lebih santai dan akan merasa lebih rileks serta aman ketika mendeng arkannya. (TheWholePetVet/c12/mel)

Musik klasik bisa membuat anjing berperilaku lebih tenang dan tidak banyak menggonggong.

Check the Playlist!

BUAT kamu yang punya hewan peliharaan di rumah, sekarang jangan cuma bikin playlist buat diri sendiri, yuk bikin playlist buat hewan peliharaanmu juga! Nih, Zetizen udah rangkum rekomendasi playlist yang bisa bikin hewan peliharaan di rumah makin manis dan anteng. Check em out! (c12/mel)

 

Lewat laman resmi yang dibentuk Teie yang didedikasikan untuk para kucing, kamu bisa mendapatkan playlist musik khusus
yang bisa dimainkan untuk memberikan efek relaksasi yang sesuai dengan daya pendengaran teman berbulumu. Dengan lantunan musik yang syahdu dan tenang, playlist musik yang dibuat Teie juga bisa membuat pernapasan kucing lebih lancar dan mengatur mood menjadi lebih baik.

 

 

Spotify secara resmi mengeluarkan playlist khusus untuk hewan peliharaan. Tim Spotify melihat, musik bisa menjadi perantara untuk mengikat hubungan yang lebih kuat antara manusia dan hewan peliharaan. Kamu juga bisa menyortir secara custom ketika menentukan playlist untuk hewan atau sortir secara otomatis sesuai dengan rekomendasi yang diberikan Spotify.

 

 

Pamela yang merupakan seorang dokter hewan memutuskan untuk membuat project mp3 yang diperuntukkan kepada hewan-hewan yang tinggal di penampungan atau selter. Musik yang dipilih Pamela ini juga bisa didengarkan hewan-hewan peliharaan di rumah karena membantu mengatasi kecemasan dan rasa kesepian, terutama ketika ditinggal pemiliknya sendirian di dalam rumah.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article