Are You a Zetizen?
Show Menu

Nuansa Rustic dengan Dekorasi Dried Flower

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 02 Jan 2023
Nuansa Rustic dengan Dekorasi Dried Flower

Zetizen-Akhir-akhir ini, tren untuk merombak ulang kamar atau dekorasi rumah jadi aktivitas yang tengah naik daun sejak kita lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Salah satu inspirasi dekorasi yang bisa dicoba adalah gaya rustic yang dilengkapi hiasan dried flower. Kepopuleran bunga kering sebagai salah satu alat dekor juga melesat dengan jenis-jenis bunganya yang beragam.

Sesuai namanya, dried flower atau bunga kering merupakan bunga yang sebelumnya dikeringkan serta diawetkan dalam jangka waktu tertentu sehingga bentuk dan bahannya lebih kaku dari bunga segar. bunga kering sering dijadikan salah satu bahan dekorasi di rumah karena sifatnya yang tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Dekorasi bunga kering juga bisa memberikan nuansa rustic yang menekankan pada kesan alami. Hal inilah yang membuat dekorasi menggunakan bunga kering mulai dilirik banyak orang. ’’Kelebihan lain dekorasi bunga kering adalah sifatnya yang ramah lingkungan dan bentuknya yang unik dan lebih artistik,’’ tutur Fransisca Christianto, owner Rakoopa, online shop yang menjual berbagai jenis dekorasi bunga kering di Surabaya.

Cara perawatan dekorasi bunga-bunga kering ini juga nggak seribet bunga asli yang bisa layu dan tidak segar apabila salah perawatan serta tak diberi vitamin atau air. Fransisca menjelaskan, salah satu perawatan penting yang harus diperhatikan ketika memiliki dekorasi bunga kering ialah tidak meletakannya di tempat yang lembap. Dilansir dari Hunker, bunga kering bisa lemas jika berada di tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Warnanya juga berubah jadi kecokelatan.

Agar hiasan dekorasi bunga kering tampak lebih menarik dan hidup, salah satu tipnya adalah merangkainya seperti bunga asli. ’’Untuk kreasi buket atau merangkai bunga sendiri sebenarnya bisa disesuaikan dengan jenis-jenis bunga atau vas yang dipilih,’’ ungkapnya. ’’Misalnya, kalau mau yang lebih minimalis, bisa memilih vas yang bentuknya simpel tetapi varian bunganya lebih diperbanyak untuk dirangkai secara bersamaan,’’ lanjutnya. Cukup menarik dan unik bukan jenis dekorasi satu ini? Yuk, kreasikan sesuai selera dan kreativitasmu! (c20/mel)

Rawat Cantik bunga Keringmu

Zetizen-Meskipun bunga-bunga ini sudah dikeringkan, bukan berarti mereka nggak punya perawatan khusus. Dengan beberapa tip perawatan, bunga-bunga kering ini bisa lebih tahan lama dan tetap terlihat cantik untuk menghiasi kamarmu. So, perhatikan poin-poin berikut untuk merawat dekorasi bunga kering yang kamu punya di rumah. (c20/mel)

Pastikan kamu meletakkan atau memasang bunga-bunga kering di ruangan yang tidak langsung terpapar sinar matahari atau cahaya yang sangat terang. Jika bunga kering menerima terlalu banyak cahaya, warnanya bisa memudar. Bunganya juga semakin rapuh.

Gunakan semprot kompresor yang menghasilkan udara untuk membersihkan debu-debu yang menempel di sekitar permukaan bunga. Pastikan tidak terlalu dekat saat menyem-protkannya untuk menghindari kerusakan pada permukaan bunga yang rapuh.

Kalau mau menyimpan bunga-bunga kering yang jarang digunakan, pastikan menyimpannya di dalam kotak yang kukuh dan tertutup rapat, bukan di plastik. Tujuannya, menghindari kerusakan atau gangguan serangga yang bisa membuat bunga rapuh dan lemas.

RELATED ARTICLES

Please read the following article