Are You a Zetizen?
Show Menu

PENDENGAR PRASIARAN

Ratih Mg Ratih Mg 02 Jan 2023
PENDENGAR PRASIARAN

Zetizen-Tahu nggak kalau profesi di radio itu nggak cuma penyiar? Salah satu profesi penting adalah gatekeeper. Sesuai namanya, gatekeeper merupakan orang yang menjaga agar isi pesan yang akan disampaikan selalu valid dan no hoax saat diterima pendengar. Penasaran dengan profesi ini? Yuk dengerin cerita mereka! (lia/c20/raf)

HARUS MULTITASKING
ANANDA MAHARANI | RADIO SUARA SURABAYA

’’Aku mulai siaran sejak 2012 sampai sekarang. Berawal dari hobiku dengerin radio sejak masih kecil, makin lama semakin yakin bahwa radio emang pekerjaan pilihanku. Peran gatekeeper itu penting banget. Apalagi untuk radioku bekerja saat ini. Sebab, semua informasi yang mengudara sudah pasti disaring lebih dulu di ruang gatekeeper. Bisa dibilang, gatekeeper ibarat kunci. 

Tugasnya memproses semua informasi yang masuk dari pendengar. Juga menentukan informasi itu bisa disiarkan atau nggak. Gatekeeper itu multitasking. Selain siaran, harus handle pendengar untuk konfirmasi laporan dari pendengar. Bahkan, kami juga membantu mencarikan solusi dari laporan pendengar ke ’’pihak terkait’’ dan masih banyak lagi. Namun, aku tetap enjoy dan senang karena bekerja di dunia radio itu adalah hobi yang terbayarkan buatku.’’

POSISI VITAL DI DUNIA PENYIARAN
LIA LUSIANA | PENYIAR SHE RADIO

’’Walaupun format She Radio bukan mengarah ke citizen journalism, tetap aja setiap radio membutuhkan peran gatekeeper. Untuk menjadi seorang gatekeeper, memang dibutuhkan skill-skill tertentu. Misalnya, kestabilan emosi. Gatekeeper adalah orang pertama yang berhadapan langsung dengan pendengar. Mulai menerima informasi pendengar hingga menghadapi komplain. Selebihnya, kemampuan jurnalistik pun tetap harus dikuasai karena berhubungan dengan penulisan berita. Tapi, selain pendengar, gatekeeper juga berhubungan langsung dengan narasumber-narasumber. Untuk She Radio, gatekeeper sangat dibutuhkan. Apalagi saat program talk show. Nggak cuma menerima telepon dan pertanyaan dari pendengar, gatekeeper juga mem-backup dan men-support penyiar saat on air berjalan. Jadi, perannya jangan dianggap remeh, ya. Sebab, gatekeeper punya posisi yang vital untuk menentukan keberhasilan sebuah siaran.’’

AHLI PENANGKAL HOAX
EVA ALVIANA DEVI | RADIO ANDIKA

’’Radio tempatku bekerja adalah radio besar dengan format citizen journalism, coverage area luas, serta segmentasi pendengar lebih banyak usia dewasa. Karena pendengar bisa memberikan informasi apa pun kepada kami, gatekeeper bertugas di newsroom untuk mulai memilah dan memilih berita, konfirmasi berita ke narasumber, melakukan rewriting berita, hingga siap dibaca penyiar. Peran gatekeeper sangat esensial. Penyiar nggak akan bisa siaran tanpa gatekeeper. Eit, kedudukan gatekeeper dan penyiar setara dengan peran masing-masing. Sebagai penjaga gawang, gatekeeper memastikan supaya tidak ada info hoax atau hidden agenda dari pendengar yang punya kepentingan tertentu.’’

Peran Gatekeeper sangat esensial. Penyiar nggak akan bisa siaran tanpa gatekeeper. 

SEEK THE FLOW

Zetizen-Masih bingung membedakan tugas gatekeeper dan penyiar? Worry no more. Ini alur kerja gatekeeper. Psst, kalau kamu sosok yang multitasking dan passionate, pekerjaan ini cocok banget  buat kamu! (c20/raf)

1. SURVEI

First thing first, pekerjaan gatekeeper berhubungan dengan pendengar dan masyarakat. Otomatis, banyak hal yang harus diketahui para gatekeeper ini.

2. HANDLE TELEPON

Citizen journalism adalah salah satu acara yang menjadikan masyarakat sebagai narasumber utama. Dalam citizen journalism, masyarakat yang menjadi reporter memberikan beritanya lewat telepon atau media sosial. Nah, gatekeeper bertugas menyortir berita maupun kabar yang diberikan masyarakat.

3. KONFIRMASI LAPORAN

Tugas utama gatekeeper adalah menyaring hoax dan menjadi penangkal kabar burung. Setelah mendapat berita atau laporan dari masyarakat, gatekeeper bertugas menghubungi pihak terkait. Tujuannya, mengonfirmasi kebenaran berita tersebut. Kalau enggak, bye-bye news. 

4. NEWS CONTENT

Gatekeeper bertanggung jawab atas laporan atau berita yang sudah diolah dari masyarakat dan dikonfirmasikan ke pihak terkait. Berita ini menjadi sebuah ide. Nah, tugas gatekeeper adalah mengolahnya jadi sebuah konten berita. Entah nanti menjadi acara wawancara atau bentuk acara lain, we will see.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article