Are You a Zetizen?
Show Menu

IRI TANDA TAK MAMPU, BOS!

Ratih Mg Ratih Mg 03 Jan 2023
IRI TANDA TAK MAMPU, BOS!

Zetizen-Apa yang ada dalam pikiranmu saat mendengar "crab mentality?" Yang pasti, istilah ini bukan tentang orang berzodiak Cancer ya...hehe. Crab mentality merupakan sikap nggak suka melihat kesuksesan orang lain. Disebut juga "crabs in the barrel" mentality dalam psikologi atau seperti kepiting dalam wadah. Saat ada kepiting yang berhasil memanjat, kepiting yang lain akan menariknya ke bawah.

Seorang tokoh asal Amerika Serikat, Douglas Wilder, menuliskan dalam bukunya yang berjudul Son of Virginia: A Life in America's Political Arena bahwa orang-orang dengan mental seperti itu akan selalu berpikiran, "kalau aku nggak bisa mendapatkan yang aku mau, orang lain juga nggak boleh bisa."

"Sebenarnya, sikap ini nggak selalu bertujuan menghalang-alangi dengan cara yang kotor, tapi bisa juga dengan menunjukkan sikap meremehkan. Contohnya, ketika ada teman dapat nilai bagus, malah dikomentari, 'paling juga nyontek, 'beli kunci jawaban tuh', dan sebagainya. Sikap seperti itu sebenarnya juga bisa dikategorikan sebagai crab mentality," jelas Alfina Indah, psikolog klinik Astagina, kepada Zetizen.

Meski nggak terlihat berbahaya dalam tahap life threatening, crab mentality justru berbahaya bagi diri sendiri. Sebab, kita nggak akan bisa menjadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi. Kita juga nggak bakal bisa jadi teman yang baik karena akan selalu iri dan nggak bisa menyampaikan ucapan selamat dengan tulus.

"Tapi, paling bahaya lagi kalau sampai muncul motif untuk menjegal atau menghalang-halangi pencapaian orang lain agar tujuannya tidak tercapai. Apalagi jika ini terjadi dalam suatu organisasi, pasti akan menghambat proses kerja di dalamnya," tuturnya.

Nggak hanya berbahaya bagi pengidap crab mentality, mental orang-orang yang diremehkan pun mendapat pengaruh buruk. Selain bikin nggak percaya diri, pengidap crab mentality bisa membuat orang lain jadi tertekan sampai depresi. Karena itu, crab mentality harus banget dihindari karena memberi dampak negatif bagi banyak orang.

"Bisa dibilang aku bandel banget waktu SMP. Pokoknya langganan keluar-masuk ruang BK. Waktu SMA, aku kurangin main dan rajin belajar sampai nilai ulanganku bagus-bagus Tapi, teman-teman SMP-ku selalu bilang kalau aku nyontek yang akhirnya bikin aku tertekan. Bahkan sempat terlintas di pikiranku, apa aku bandel aja lagi ya?," cerita Abdullah Hamuda, siswa SMK Karya Guna Bhakti Bekasi, Jawa Barat.

Kira-kira, kamu termasuk orang dengan crab mentality nggak nih? Well, kalau emang iya, ada baiknya kamu mencoba menguranginya perlahan- lahan. Kalau kamu termasuk yang terkena dampaknya, coba berlatih menyortir perkataan dan perbuatan orang lain. Trust yourself! (fik/c20/rat)

KEBIASAAN HEWAN YANG BISA DITIRU

BETUL bahwa manusia itu nggak sempurna. Bahkan, hewan pun punya beberapa sifat yang lebih baik daripada kita. Daripada cuma nonton video-video lucu tentang hewan, yuk, kita cari tahu kebiasaan hewan yang bisa ditiru demi kehidupan yang lebih. baik! #heleh (fik/c20/rat)

 KERJA SAMA ALA MEERKAT

Bukan hanya lucu. temyata hewan yang satu ini juga mencon- tohkan bagaimana kerja Sama tim bisa mempermudah pekerjaan. Untuk membersihkan sarangnya, meerkat akan membuat sebuah barisan Kotoran di dalam sarang kemudian dioper satu mer satu hingga akhirnya dibuang ke Jar sarang Keren ya!

 

 BELAJAR UNTUK PEKA

Lumba-lumba tidak hanya dianu gerahi kecerdasan yang tinggi, tapi juga kemampuan bersosialisasi yang sangat baik. Mamalia laut satu ini dikenal memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bisa membaca emosi lawan bicaranya. Ada yang merasa perlu belajar sama lumba-lumba?

 

 KELUARGA NOMOR SATU

Urusan perut bisa bikin orang jadi egois, tapi hal ini nggak berlaku buat tamarin Primata kecil ini selalu membagi makanannya sama rata untuk setiap anggota kelompoknya. Uniknya lagi, mereka akan memakannya bersama-sama. Beda banget sama doryang suka nolak kalau diajak makan bareng ya.

 

 SALING JAGA SESAMA

Kamu pernah nggak sih melihat serigala berbaris? Ternyata mereka nggak sembarang berbaris loh. Serigala di bagian depan dan belakang bertugas menjaga kawanannya agar tetap aman. Barisannya pun rapi dan tertib, nggak kayak antrean bagi-bagi sembako Hehe.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article