Are You a Zetizen?
Show Menu

Niat Belajar, kok Malah Nyasar

Ratih Mg Ratih Mg 03 Jan 2023
Niat Belajar, kok Malah Nyasar

Zetizen-Niatnya belajar, eh malah Twitter-an sampai subuh. Hayo, jangan-jangan kamu juga kayak gini, ya? Aktivitas belajar yang sebenarnya nggak memakan waktu lama, malah terhambat dan jadi berjam-jam akibat distraksi-distraksi di sekitar kita. Hal ini sering banget terjadi, apalagi saat masa study from home seperti sekarang. Nah, beberapa Zetizen punya cara tersendiri buat mengatasi distraksi mereka saat belajar, nih! Baca cerita mereka, yuk! (kch/c12/mel)

 Nathania Rani, SMP Petra 5 Surabaya

Jadi Molor karena Smartphone

”Belajarku biasa terganggu dengan notifikasi di smartphone. Entah dari grup kelas, grup teman, grup keluarga, atau bahkan dari chat pribadi sama teman. Nah, karena aku tahu distraksi utamaku itu smartphone, aku berusaha sebisa mungkin menyalin semua catatan di smartphone ke buku. Secara nggak langsung, karena aku tulis pelajarannya, aku juga sekalian belajar materinya. Setelah itu, smartphone-nya tinggal aku silent dan taruh di tempat yang jauh, deh.

Kalau nggak fokus dan tetap sedikit-sedikit lihat smartphone, bisa-bisa belajarnya molor sampai larut malam. Sampai akhirnya ngantuk dan malah jadi nggak belajar. Mikirnya, ah, udah jam segini, besok aja bangun pagi terus belajar. Padahal, kalau nggak ada distraksi, belajarnya jadi cepat paham. Besok paginya tinggal review sekilas.”

  Sausan Firdha, SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur

Singkirkan Gangguan Utama sebelum Mulai

”Aku ini sebenarnya tipe orang yang suka suasana belajar sepi, tapi gampang banget terdistraksi. Yang paling sering jadi distraksi aku adalah smartphone. Kalau udah pegang smartphone dikit, langsung scrolling apa pun itu. Nah, buat mengatasi distraksi itu, aku nggak cuma matiin wifi atau notifikasi, aku langsung matikan smartphone biar nggak tergoda buat ngecek.

Setelah menyingkirkan distraksi utamanya, biasanya aku langsung siapin air minum, terus belajar sambil dengerin lagu-lagu chill semacam lo-fi gitu. Dari pengalamanku, dengan adanya distraksi, target yang mau aku capai pada hari itu jadi nggak tercapai. Sementara itu, kalau nggak ada distraksi, mood-nya jadi lebih bagus dan tanggung jawab jadi lebih cepat selesai.”

 Nathania Grace, SMA Dharma Wanita Surabaya

Motivasi Jadi Kunci Pendorong Belajar

”Karena di rumah aja, jadi muncul distraksivdari diri sendiri seperti rasa malas. Jadi,vemang sering banget bawaannya penginvsantai-santai aja dan nggak belajar. Menurutku, karena distraksinya muncul dari diri sendiri, jadi aku juga perlu mengatasi hal tersebut dari dalam diri sendiri. Lebih ke arah self-motivation gitu, sih.

Ada beberapa hal yang bikin aku akhirnya termotivasi untuk belajar dan menyingkirkan keinginan buat santai-santai. Misalnya, melihat orang tua yang sudah kerja keras supaya aku bisa sekolah. Sering juga berpikiran kalau aku nggak belajar, ke depannya bakal berakibat buruk seperti nilai turun dan akhirnya bisa nggak naik kelas. Yang bisa mengubah malas, ya cuman diri kita sendiri, sih.”

SOLUSI BEBAS DISTRAKSI

Zetizen-Belajar di rumah emang enak. Selain bisa mengatur waktu belajar yang lebih fleksibel, kamu bisa lebih leluasa menentukan metode belajar yang pas. Tapi, nggak jarang distraksi saat belajar di rumah lebih gampang terjadi, apalagi kalau kita lebih bergantung sama perangkat elektronik untuk belajar. Makin banyak godaannya! Nih, Zetizen kasih beberapa tip biar belajarmu bisa lebih fokus dan bebas distraksi! (Science Daily/c12/mel)

Lebih Fokus dengan Musik Klasik

Belajar sambil mendengarkan musik bisa bikin kita lebih fokus dan mudah menyerap informasi dari pelajaran. Dilansir dari Entrepreneur, musik klasik bisa meningkatkan kerja otak lebih optimal karena alunan musik yang dimainkan bisa menenangkan dan mengurangi stres pada saat bersamaan. Beberapa musik klasik karya Mozart dan Beethoven bisa kamu jadikan playlist untuk diputar saat belajar.

Pastikan Perutmu Terisi

Hal lain yang mudah mengganggu kita saat belajar adalah ketika perut lapar atau keinginan untuk nyemil. Well, nggak masalah sih kalau kamu belajar sambil comot comot cemilan dikit, tapi jangan terlalu fokus makan sampai-sampai kamu nggak bisa optimal buat mencerna informasi pelajaran. Akan lebih baik kalau kamu makan sebelum belajar, jadi bisa meminimalkan keinginan untuk makan atau nyemil sambil belajar. Eat first, then study!

Bikin To-do List

Tetap terorganisasi bisa bikin kamu lebih mudah untuk mengetahui tugas atau kegiatan apa yang bisa kamu lakukan setiap hari. Selain membuat aktivitas harianmu lebih rapi, to-do list membantumu untuk mengingat jadwal yang ada supaya kamu bisa lebih cepat menyelesaikan suatu tugas. Cukup tulis aja to-do list harianmu dalam secarik kertas dan tempelkan di tempat yang mudah terlihat. It’ll helps you a lot.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article