Are You a Zetizen?
Show Menu

Celebrate The Newest Fashion Trend

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 05 Jan 2020
Celebrate The Newest Fashion Trend

Zetizen-New year new trend! Pergantian tahun biasanya ditandai dengan perubahan tren mengikuti dengan minat maupun pandangan dari pemerhati fashion. Meski berganti, tren fashion tahun ini nggak bakal jauh berbeda dengan tahun lalu, tapi ada beberapa yang perlu di highlight biar kalian tetap stylish dan nggak ketinggalan tren mode saat ini. (c25/mel)

The Functional Utilitarian

Fashion yang mengedepankan fungsi masih akan mendominasi 2020 ini. Yap, utilitarian style yang terinspirasi dari gaya militer dan pakaian pria ini akan bersifat unisex sehingga berkembangnya feminine utilitarian menjadi hal yang lumrah. ”Yang membedakan akan ada perkembangan dominasi warna dan pemilihan warna-warna yang lebih berani dan bright,’’ tutur Wisnu Genu, androgyni fashion stylist asal Jakarta. Koleksi spring/summer 2020 keluaran Max Mara terbaru juga mengusung tema feminine utilitarian yang bermain dengan sedikit aksen abu-abu monokrom dan kesan ”Bond Girl’’ dari arahan kreatif Ian Griffith.

”Dari koleksi ini aku ingin merancang pakaian yang tetap menunjukkan sisi anggun perempuan, tapi tetap terlihat tegas dari balutan warna yang netral dengan tetap memperhatikan unsur utama dari utilitarian, fungsional, dan praktikal,’’ tutur Ian dilansir dari Vogue. Well, kamu tertarik nggak nih bereksperimen dengan outfit itu?

Glow Game Make Up

Kurang lengkap rasanya kalau membahas fashion tanpa diikuti make-up. Yup, kalau membahas tren make-up tahun ini bakal didominasi nuansa glowing dengan pemilihan warna yang lebih berani seperti neon atau pastel. ”Meski begitu, nggak tertutup keinginan warna earthy tone masih digemari dan make-up dengan sentuhan aesthetic look yang bisa diaplikasikan bold atau natural makin disukai banyak orang,’’ tutur Alifah Ratu Saelynda, vloger sekaligus beauty enthusiast. Make-up artist bakal mengaplikasikan teknik make-up yang mengedepankan hasil natural dan glowing dengan mempertegas look make-up.

”Contohnya dari alis yang tadinya full block, sekarang dibuat berserat-serat seperti rambut alis yang terlihat alami, tapi rapi. Begitu juga dengan bulu mata, yang tadinya pakai bulu mata badai, sekarang jenis bulu mata 3D lebih diminati karena menampilkan kesan lebih natural,’’ lanjut Alifah. Nah, kalau make-up look favorit kalian yang kayak gimana nih?

Hit The Items

Fashion item tentu tidak bisa dipisahkan fashion trend, hukumnya exist untuk dibahas dan tentunya akan mengikuti perkembangan sesuai dengan occasion outfit yang kita kenakan. Items seperti tas dan sepatu bakal selalu mendominasi tren fashion item terdahulu hingga saat ini. ”Salah satunya adalah koleksi handbag dan aksesori keluaran rumah mode Bottega Veneta yang dipimpin creative directornya, Daniel Lee, bakal mendominasi style para fashionista pada 2020,’’ ungkap Genu.

WARNA menjadi kunci awal untuk menghidupkan tren mode. Sifatnya sebagai patokan untuk menentukan jenis dan perpaduan outfit tentu membuat warna memiliki posisi tersendiri untuk mendefinisikan ciri khas dari tren fashion. Tiap tahun tren warna selalu berubah, mengikuti palet hingga mood yang disesuaikan dengan musim yang tengah berlangsung. Lantas, warna apa yang paling mendefinisikan 2020? Check it out!

Sebagai salah satu company yang memiliki andil besar dalam penentuan warna untuk branding, trend, atau forecasting, Pantone Color Institute melihat warna 2020 memberi kesan friendly and relatable. ”Berakar dari tradisi dan warisan spirit anak muda yang penuh warna, kombinasi warna yang kuat dan ramah memberikan energi positif dan dinamis. Itulah yang mendeskripsikan warna di tahun 2020 ini,’’ tutur Leatrice Eiseman, direktur eksektutif insitut, dilansir dari Who What Wear. Pantone sendiri menetapkan warna classic blue sebagai warna tahun 2020.

warna tahun 2020. Apabila pada 2019 silam kita banyak menemukan warna neon dan bold, tahun ini akan didominasi dengan warna muted yang palet warnanya lebih soft dari palet sebelumnya. ”Beberapa warna tersebut misalnya ada cantaloupe, warna turunan dari orange dan medium[1]nya merah muda. Juga ada purist blue yang mendekati warna turquoise,’’ ujar Ajeng Dewi Swastiari.

Spesifiknya bisa dilihat dari color palette yang dikeluarkan Coloro x WGSN. Ada color forecasting seperti neo-mint, cassis, dan mellow-yellow.

Warna earthy tones dengan nuansa nude hingga putih tetap merajai sebagai color guide di ranah fashion. ”Kombinasi warna tambahan seperti warna pastel dan warna-warni berani seperti pink fuchsia, neon, dan oranye juga masih mewarnai tren fashion tahun ini. Fresh but chic! So let’s wait and see,’’ ungkap Genu. (c25/mel)

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article