Are You a Zetizen?
Show Menu

Ekspresi Nostalgia Masa Kecil dengan Kidcore

Ratih Mg Ratih Mg 07 Dec 2022
Ekspresi Nostalgia Masa Kecil dengan Kidcore

Zetizen-Kalau edisi kemarin kita sempat membahas bentuk estetika cottagecore fashion yang menggambarkan nuansa dan gaya pakaian khas gadis desa, salah satu bentuk tren estetika yang juga menarik perhatian adalah kidcore. Sesuai dengan namanya, kidcore mengusung konsep estetika fashion yang menggambarkan anak kecil. Mulai pemilihan warna, aksesori, hingga pemilihan tone make-up. Kidcore kali pertama hadir pada 2010 yang membawa beberapa elemen throwback khas era 90-an.

Didominasi dengan warna-warna cerah seperti perpaduan warna pelangi, kidcore identik dengan nuansa berpakaian yang colorful dan cheerful. Warna-warna dengan tingkat saturasi tinggi seperti merah, kuning, pink, dan biru menjadi komponen warna yang biasa dihadirkan dalam kidcore. Pemakaian aksesori yang ramai dengan warna-warna terang dan beragam juga menggambarkan aksesori yang disukai anak-anak kecil pada umumnya.

Esensi dari kidcore adalah memunculkan kesan masa kecil yang bisa dikenakan para orang dewasa. Piper Cashman dan Amanda Adam dari brand Zig Zag Goods melihat bagaimana kidcore merupakan bentuk estetika yang bisa menularkan kebahagiaan ke orang lain yang melihatnya. "Beberapa elemen kidcore yang ada dalam brand fashion kita biasanya terdiri atas motif bunga, hiasan rantai plastik warna-warni, dan pemilihan warna pelangi untuk koleksi aksesori yang memancarkan energi menyenangkan lewat pemilihan warna yang semarak," tutur Piper seperti dilansir NYLON.

Tren kidcore semakin viral ketika fans K-pop mulai mengasosiasikan gaya fashion J-Hope dari BTS yang memiliki nuansa yang senada dengan estetika kidcore. Kepribadian J-Hope yang cheerful dan kesenangannya mengenakan pakaian berwarna cerah dan berwarna-warni melahirkan sebutan "hobicore" yang menggambarkan perpaduan gaya kidcore yang biasa ditunjukkan J-Hope. Hal ini lantas mendorong banyak ARMY -sebutan untuk fans BTS- mulai mengeksplorasi gaya kidcore dengan sentuhan nuansa retro, warna emoji smiley, atau melalui posting-an yang memancarkan energi positif. Kidcore bisa menjadi wadah Ekspresi yang menyenangkan bagi mereka yang ingin bernostalgia ke masa kanak-kanak yang penuh warna. Toh, kadang kita sendiri suka berandai- andai untuk bisa kembali menjadi anak kecil bukan? (c12/mel)

The Staple Items

Zetizen-Bagi yang ingin mencoba memakai gaya outfit dengan nuansa kidcore, kamu perlu memperhatikan beberapa elemen wajib untukmembuat outfit-mu outstanding dan on point. Apa aja fashion items yang kidcore banget? Intip beberapa di antaranya, yuk! (c12/mel)

Semua Hal tentang Pelangi 

Warna-warna di dalam pelangi bisa dibilang menjadi unsur elemen utama yang biasa dikenakan dalam estetika kidcore. Lekat dengan konsep colorful yang cheerful, membuat semua hal yang berkaitan dengan warna pelangi memancarkan semangat dan nuansa positif bagi Kamu bisa mengenakan fashion item dengan warna pelangi pada kardigan, shirt, tas, hingga aksesori.

Face Sticker

Elemen aksesori penting yang tidak kalah menarik perhatian adalah penggunaan stiker untuk menunjang penampilan make-up. Selain memilih warna tone make-up yang colorful, kamu bisa menempelkan beberapa face sticker warna-warni pada wajah untuk memunculkan kesan cheerful dan imut.

Motif Kartun

Hal yang disukai anak kecil adalah kartun. Karena itulah, motif kartun menjadi staple item untuk bisa mendapat penampilan ala kidcore. Motif kartun yang ada pada pakaian biasanya dicetak dengan ukuran besar dan hampir memenuhi seluruh pakaian sehingga tampak jelas dan mirip seperti kaus anak kecil yang didominasi dengan tokoh kartun kesukaan. Saat ini desain motif kartun pada pakaian biasanya dipadukan dengan desain 90-an yang memunculkan nuansa retro.

RELATED ARTICLES

Please read the following article