Are You a Zetizen?
Show Menu

Sporty with Varsity

Ratih Mg Ratih Mg 08 Dec 2022
Sporty with Varsity

Zetizen-Membahas soal varsity jacket rasanya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Pasalnya, detail outfit yang ditunjukkan model jakt yang memiliki dua warna berbeda di bagian lengan dan badan ini telah hadir pada 90-an yang masih eksis hingga saat ini. Penggunaan jaket ini muncul ketika para pelajar dibangku sekolah menengah atau mahasiswa mengenakan jaket yang sama sebagai identitas mereka ketika tergabung dalam sebuah tim olahraga.

Memiliki kaitan erat sebagai identitas dari seorang atlet yang menjadi bagian dari anggota sebuah tim olahraga tertentu membuat jaket varsity memberikan kesan sporty yang khas. Bahan dari jaket ini biasanya terbuat dari kain wool untuk membuat jaket ini semakin hangat dan cocok dikenakan saat musim dingin. Selain dikenal dengan nama jaket varsity, jaket ini dikenal dengan sebutkan jaket lettermon. Sesuai dengan namanya, lettermon mengacu pada huruf pada jaket yang mengindikasikan arti tertentu.

Misalnya, penyematan huruf H yang diletakkan di bagian depan jaket varsity biasanya hanya didapatkan orang-orang pilihan yang telah menyumbang prestasi untuk timnya. Lambat laun, huruf di depan jaket varsity ini juga bisa mengindikasikan nama inisial dari penggunanya atau nama dari tim tempat dia berasal. Kehadiran jaket varsity yang mulai mewarnai banyak fashion outfit dari para selebriti menunjukkan popularitas dari outfit era 90-an ini belum surut.

Terlebih, serial Netflix The Crown yang mencapai popularitasnya pasa awal 2021 berhasil membawa nostalgia sosok Putri Diana yang sempat menarik perhatian pada pada 1991 karena mengenakan jaket varsity yang menemani daily outfit mereka ketika beraktivitas di luar.

Di balik sejarah awalnya yang dikenal sebagai identitas tim olahraga, kini jaket varsity menjelma menjadi elemen fashion item yang  memberikan uansa sporty tersendiri (Refinery/29/c12/mel)

Steal Their Looks!

Zetizen-Jaket varsity, tampaknya, mulai menarik perhatian banyak influencer untuk kembali mengeksplorasi outfit ini sesuai preferensi style masing-masing. Kalau kita sedang scrolling di media sosial, dengan mudah kita bisa menemukan beberapa influencer yang tampak mengenakan padu padan, inspirasi mix and match outfit jaket varsity ala fashion influencer berikut ini bisa kamu contoh. (c12/mel)

 Timothy Allessandro

(@timothyallessandro)

Look selanjutnya bisa mencontoh padu padan yang diperlihatkan fashion influencer Timothy Allessandro. Untuk kamu yang suka padu padan outfit simpel dan sporty look bisa mencontoh padu padan Timothy yabg mengenakan jaket Varsity berwarna biru elektrik dengan bahan satin yang membuat jaket ini terlihat shiny.

"Untuk padu padan outfit kali ini, aku menyesuaikan dengan fitting dari jaket varsity-nya. Biasanya aku memadukannya dengan celana cargo, sepatu sneakers Jordan, slingbag,dan topi,"  Jealas Timothy.

 

 

 

 Lystia Novilda

(@lystianvld)

Fashion influencer yang lekat dengan streetwear look ini tentu tidak ketinggalan untuk memadukan outfit dengan jaket varsity. Lystia melihat jaket varsity memiliki keunikan tersendiri di tiap piece-nya dan terbilang cukup langka karena hanya bisa didapatkan di thrift store. Dalam inspirasi style mix and match kali ini, Lystia tampak memadukan jaket varsity berwarna hijau army dan krem dengan outfit jeans dan tambahan aksesoris handbag.

''Karena menurutku, jaket Varsity dari modelnya sendiri sudah cukup loud jadi aku memadukannya dengan fashion item lain yang lebih sederhana. Misalnya, dengan outfit all-black atau bermain dari unsur warna yang ada di jaket Varsity itu sendiri,'' tuturnya. ''Jadi, jaket Varsity tetap menjadi statemen piece look saat digunakan,'' lanjut Lystia.

 

 

 

 Andini Ajeng

(@andiniajengg)

Buat para penyuka hijab sporty look, kamu bisa mencontoh gaya padu padan jaket varsity ala Andini Ajeng, nih! Dengan paduan baggy pants, sneakers, dan topi memberikan perpaduan streerwear look dengan kesan sporty yang kece. ''Karena aku sendiri prefer dengan tampilan streerwear, padu padannya terbilang simpel. Cukup mengenakan baggy pants, sneakers, dan T-shirt untuk di-layering dengan jaket varsity sebagai outer,'' ungkap Andini.

Fit dari jaket varsity yang cenderung oversize dan materialnya yang tebal juga cocok untuk dikarenakan di wilayah dengan udara yang cukup dingin seperti di Bandung, tempat Andini tinggal.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article