Are You a Zetizen?
Show Menu

Rangkum Meme dalam Bentuk Video

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 09 Jan 2020
Rangkum Meme dalam Bentuk Video

Kata meme yang dibaca ’’mim’’ muncul pada 1976 dalam buku karya Richard Dawkins yang berjudul The Selfish Gene. Richard menjelaskan meme sebagai sebuah evolusi budaya yang menyebar. Baik berupa gagasan, budaya, maupun tren. Istilah meme kini lebih akrab sebagai bentuk karya menghibur yang dikemas dengan tingkat replikatornya yang tinggi. Fungsi replikator sebenarnya melestarikan dan memperbanyak keberadaan meme tersebut.

Meme yang sering kita jumpai di internet disebut dengan meme internet. ’’Penggolongan ini dilakukan supaya tidak ada kesalahan pengertian meme mengingat internet merupakan wadah replikator yang paling sering digunakan dan dengan cepat bisa membuat satu karya meme menjadi viral,’’ tutur Nicki Lisa dilansir dari The Circular. Kalau biasanya kita familier dengan meme yang dikemas dengan meme generator atau komik, tahun ini kita bakal sering menemukan meme dalam bentuk video.

’’Meme video yang dibuat dalam sebuah aplikasi awalnya populer di luar negeri, tapi makin lama makin banyak user Indonesia yang bikin karya meme video yang bisa bikin penikmatnya lebih relate ketika lihat meme tersebut,’’ ungkap Nathania Raissa, salah satu kreator meme video. Nah, buat kalian yang mau coba bikin meme video, nih Zetizen kasih rekomendasi tiga aplikasinya! (c20/mel)

Tiktok

Pastinya familier dong dengan aplikasi yang satu ini? Awalnya, Tik Tok sering dibuat user-nya untuk membuat video remake atau dance dengan diikuti efek yang khas. Platform ini makin digemari para kreator meme video karena kemudahan untuk take video, menambahkan stiker, filter wajah, hingga efek suara yang lucu. Popularitasnya sukses membuat artis sekelas Justin Bieber juga meng gunakan aplikasi ini.

Likee

yes

Kalian bisa membuat video berdurasi singkat hingga 2 menit dengan special effect yang detail. Salah satu fitur khas dari Likee ini adalah filter wajahnya yang mendetail. Mulai make-up hingga warna rambut. Selain membuat video, kalian bisa mendapatkan informasi seputar entertainment atau daily life di timeline. Berkarya dan mendapatkan ilmu sekaligus deh!

DUBSMASH

Mau bernostalgia sembari membuat meme video yang lucu? Well, Dubsmash dengan dubbing-nya yang variatif dan pilihan efek yang banyak bisa jadi salah satu platform buat pemula yang mau membuat meme video. Kalian juga bisa meng[1]irimkan hasil video yang telah dibuat secara instan lewat fitur chat. Siap[1]siap viral deh dengan video yang kamu buat!

Mainkan kreativitas dan Humor

Zetizen-Keisengan membuat meme video di sebuah platform bisa jadi langkah awal kalian sebagai kreator konten yang penuh dengan ide-ide kreatif. Idenya pun bisa berasal dari mana aja. Mulai kehidupan sehari-hari hingga keinginan untuk me-remake kembali konten yang telah dibuat. Zetizen dapat cerita menarik nih dari dua kreator meme video berikut, intip deh ceritanya! (c20/mel)

Bikin video yang Bisa Relate dengan Daily Life

Aku suka lihat kompilasi video Tik Tok bikinan orang luar saat itu. Akhirnya kepikiran buat bikin meme video yang lebih relate sama orang-orang Indonesia. Jadinya, aku mulai bikin video pada Oktober 2019. Banyak respons positif yang aku dapat setelah upload videonya. Aku lebih memperbanyak konten video berupa related meme daily life orang Indonesia. Ada beberapa tip dari aku kalau mau bikin meme video. Pertama, bikin karya orisinal yang datang dari diri sendiri, jangan sampai kita plagiat. Cari sound yang tepat dan mendukung konten video diikuti dengan facial expression yang menjiwai.

Berawal dari Kegabutan yang Bikin Ketagihan

Udah sering bikin video waktu zaman Vines dulu, tapi sekarang udah nggak ada jadi coba buat di platform lain. Karena gabut waktu liburan dan lihat udah banyak orang yang bikin konten meme video, akhirnya tergugah buat bikin juga untuk menyalurkan komedi lewat video. Platform yang paling pas itu Tik Tok buat bikin meme video meski stigma alay masih melekat di benak orang-orang. Tapi, dengan semakin beragamnya variasi konten video yang muncul di timeline-nya, perlahan mulai banyak meme video kreatif yang dibuat user-nya. Kuncinya sih untuk membuat meme video yang lucu keep on track dengan mengikuti trending dan bikin penonton yang lihat ngerti jokes yang kita sampaikan.

RELATED ARTICLES

Please read the following article