Are You a Zetizen?
Show Menu

CADEL Susahnya Lafalkan Abjad

Ratih Mg Ratih Mg 16 Jan 2023
CADEL Susahnya Lafalkan Abjad

PUNYA teman CADEL itu seru banget, loh. Cara berbicaranya yang unik kadang terdengar lucu dan pasti bikin kamu gampang tertawa. Tapi, stop untuk mengejek kekurangan tersebut. Sebab, itu akan mengakibatkan penderitanya kehilangan percaya diri dan sering minder. Untuk tahu lebih lanjut penyebab cadel, yuk kenali beberapa alasan mengapa seseorang bisa sulit melafalkan huruf tertentu. (c12/lia)

 Kelainan Anatomis Mulut

Kalau kamu punya teman cadel, coba cek apakah dia memiliki tounge tie atau tidak. Tonge tie adalah sebuah kondisi di mana lidah memiliki jaringan yang mengait antara mulut dan lidah bernama frenulum lingue. Jaringan ini yang membuat lidah akan tertarik ke dalam sehingga tidak fleksibel dalam bergerak. Dengan demikian,mereka dengan tongue tie akan CADEL karena koordinasi gerak lidah cenderung nggak sinkron. Eits, tapi jaringan frenulum lingue ini bisa dihilangkan dengan cara dipotong oleh dokter. Jadi, penderitanya bisa leluasa untuk menggerakkan lidahnya kembali.

 

 

 Kebiasaan Masa Kecil

Setiap orang pasti pernah dalam fase CADEL ketika masih balita. Itu semua karena otot-otot pada lidah belum berfungsi secara sempurna. Which is, sejak kecil kita pasti pernah dilatih untuk melafalkan huruf ”r”. CADEL di usia dewasa bisa disebabkan kurang baiknya kemampuan mengendalikan otot-otot lidah kita. Karena itu, kata-kata yang diucapkan akan terdengar kurang jelas. Saat kecil, orang CADEL mungkin kurang melakukan latihan motorik mulut sehingga kebiasaan CADEL sejak kecil masih terbawa hingga saat ini.

 

 

 Berada di Lingkungan Tertentu

Selain karena kerja otot lidah yang kurang maksimal, salah satu penyebab CADEL adalah lingkungan dan kebiasaan. Bahasa tertentu kadang memang tidak membutuh kan pelafalan huruf yang jelas. Misalnya, kamu besar dan tumbuh di Tiongkok yang notabenenya kurang menggunakan huruf ”r” dalam kosakata mereka. Maka, kamu sangat mungkin akan susah melafalkan huruf ”r” karena tidak kebiasaan. Jadi, CADEL nggak melulu soal kurang maksimalnya kinerja motorik mulut seseorang, ya.

 

 

 Faktor Psikologis Berujung Kebiasaan

Salah satu alasan make sense kenapa orang bisa CADEL adalah faktor psikologis, terutama saat dia masih kecil. Misalnya, ketika kamu merasa bahwa CADEL itu lucu, imut, dan menggemas kan bagi orang lain dan kamu mencoba untuk ”mencadelkan” diri, maka alam bawah sadarmu akan menangkap sinyal bahwa kamu adalah seorang cadel. Walaupun tidak banyak, tetapi nggak dapat dimungkiri bahwa faktor lingkungan seperti ini juga bisa mengakibatkan orang cadel. CADEL saat kecil bisa juga disebabkan caper. Inilah yang akan berakhir menjadi kebiasaan.

 

CADEL ADA JENISNYA 

Zetizen-Fyi, CADEL nggak melulu soal huruf ”r”, loh. Sebab, CADEL adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan atau bahkan tidak bisa mengucapkan huruf tertentu dalam abjad. Ini nih macam-macam CADEL yang bisa dialami seseorang! (c12/lia)

Palatal Lips

Jenis CADEL ini biasanya disebabkan bagian tengah pada lidah menyentuh langit-langit mulut saat akan mengucapkan huruf ”s”, Misalnya, saat mengatakan kata ”salam”.
Kata yang terdengar justru menjadi ”stshalam”. 

Literal Lisp

Kalau kamu sulit melafalkan huruf ”s” atau ”z”, mungkin kamu masuk ke CADEL tipe ini. Biasanya, orang dengan tipe cadel literal lips akan terdengar suara tambahan lain. Misalnya, kamu ingin menyebutkan kata ”gowes”, maka yang akan terdengar justru adalah ”gowesst” atau ”goweghh”. 

Dentalized Lips

Selain ”s”, beberapa orang sulit melafalkan huruf ”d”. Sebab, ketika melafalkan dua abjad tersebut, lidah mendo rong dan menyentuh gigi bagian depan. Jadi, kamu terlihat menggigit lidahmu ketika meng ucap kan huruf ”s” dan ”d”. Seharusnya, saat mengucapkan huruf ”d”, lidah akan refleks naik ke langit-langit.

Interdental Lips

Hampir sama dengan dentalized, CADEL dengan jenis ini muncul karena lidah berada di antara gigi depan. Akibatnya, seseorang akan susah melafalkan huruf ”s” dan ”z”. Misalnya, ketika akan mengatakan ”jas”, maka akan terdengar seperti ”jath”. 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article