Are You a Zetizen?
Show Menu

Tangan Ajaib Perangakai Keindahan

Ratih Mg Ratih Mg 16 Dec 2022
Tangan Ajaib Perangakai Keindahan

Zetizen-Bunga selalu berhasil membawa kebahagiaan. Di situasi apa pun, bunga selalu dipakai untuk menyampaikan perasaan seseorang. Di balik keindahannya, bunga membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra agar keindahannya tetap terjaga. Oleh karena itu, diperlukan orang yang andal dan kenal betul dengan bunga. Siapa orang
tersebut? Yup, jawabannya adalah florist! Kira-kira profesi seperti apa sih florist ini? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!

   

”Menurutku, jadi florist itu salah satu pekerjaan yang bisa menghasilkan uang dengan menyenangkan. Nggak hanya menjual barang berupa bunga, tetapi juga membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan rangkaian yang bagus,” ungkap Natasah Bunardi, owner Hello Flora. Peran florist sangat penting, lho! Apalagi, ketika dekorasi yang membutuhkan bunga, florist bertugas mengatur konsep desainnya, bentuk rangkaian, menyesuaikan color tone, penempatan, dan masih banyak lagi.

Cara merawat dan merangkai bunga yang berbeda selalu menjadi tantangan dan suatu hal baru yang dipelajari setiap hari. Jadi, nggak akan bosan dan merasa kalau jadi florist itu pekerjaan yang monoton. Apalagi, setiap hari bisa melihat bunga cantik yang berbeda jenis dan warna. Selain bunga segar, florist akan merangkai bunga seperti dried flowers dan preserved flowers yang punya kesan vintage yang khas.

”Setiap bunga yang berbeda memiliki perbedaan cara merawat juga. Biasanya perbedaannya ada di segi penyimpanan dan conditioning. Bentuk bunga yang berbeda juga menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah rangkaian bunga karena bentuk yang berbeda akan menghasilkan jenis rangkaian yang berbeda juga,” papar florist asal Surabaya itu. Conditioning merupakan proses membersihkan bunga seperti membersihkan daun dan memotong batangnya.

Bunga segar yang datang akan dipotong 3–4 cm batangnya. Tujuannya, memotong bagian bawah batang yang rusak karena terendam air. Selanjutnya, kelopak yang busuk bisa dibuang agar tidak mengenai kelopak lain. Batang bunga direndam di air bersih agar tetap segar. Jangan lupa untuk mengganti air setiap hari. Selain itu, agar tetap segar, bunga disimpan di ruangan ber-AC. Sementara itu, bunga impor perlu disimpan di lemari pendingin.

Umumnya, seorang florist akan mengikuti kursus untuk mengetahui dasar perawatan dan merangkai bunga. Cukup banyak florist yang membuka private class untuk belajar merangkai. Kamu bisa menemukan style favorit merangkai bunga terlebih dahulu, baru mencari florist yang cocok dengan style kamu. Cari tahu sebanyak mungkin tentang bunga, baik dari florist yang sudah berpengalaman maupun internet. Jangan lupa untuk mencoba lagi di rumah ketika sudah mengikuti kelas agar lebih terlatih.

Perkembangan florist saat ini terbilang cukup cepat karena penggemar bunga yang semakin banyak. Peminat yang banyak ini tentu membuka pasar yang semakin luas juga. Selain itu, edukasi florist sekarang semakin mudah dan dapat ditemui di banyak platform. Mencari bunga dengan jenis dan kebutuhan yang beragam juga kini bisa diakses dengan mudah karena supplier bunga juga dapat dicari dengan mudah, baik secara offline maupun online.

”Kalau tertarik dengan dunia florist, coba aja dulu. Belajar cara merangkai dan coba ikut kelas. Jangan takut sama pemikiran ’kalau nggak laku gimana?’ karena kita nggak akan tahu sebelum mencoba, yang penting jangan mudah menyerah,” pesan Natasah. Practice makes perfect, terus berlatih dan selamat mencoba! (elv/c12/mel)

Bunga Daisy

Bunga daisy melambangkan kepolosan dan harapan. Sama dengan bunga daisy, kamu adalah orang optimistis yang bisa menemukan sesuatu yang baik di berbagai situasi. Kamu juga merupakan orang yang cheerful dan selalu tahu cara membuat orang tersenyum. Walau lagi bad mood, pasti nggak akan berlangsung lama. Kamu juga sangat loyal dan menghargai persahabatan. 

Bunga Mawar

Kamu adalah orang yang romantis dan klasik, sesuai dengan makna bunga mawar sendiri. Kamu selalu passionate dengan apa yang kamu kerjakan dan lebih menggunakan hati ketimbang logika. Meski lembut dan perhatian dengan orang lain, kamu adalah orang yang suka bertualang serta berpendirian teguh, lho! Seperti duri bunga mawar yang berfungsi melindungi diri. 

 Bunga Matahari

Cerah dan hangat. Yaps! Seperti bunga matahari yang selalu mengikuti arah matahari. Kamu selalu energetic dan bersemangat ketika melakukan sesuatu. Tidak sulit membuat kamu senang karena hal kecil selalu bisa membuat kamu tersenyum. Di situasi apa pun, kamu tidak takut untuk tampil berbeda dan percaya diri. Tidak heran kamu selalu menjadi pusat perhatian di mana pun. (elv/c12/mel)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article