Are You a Zetizen?
Show Menu

Snap and Pose Virtually

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 19 Dec 2022
Snap and Pose Virtually

Zetizen-Kalau melihat berbagai tren yang muncul di tengah pandemi ini, bisa dibilang semua akan bersifat virtual atau online. Kalau sebelumnya ada tren tentang digital concert yang memungkinkan musisi melakukan konser secara live streaming, kini muncul virtual photography. Mau tahu seberapa gokilnya tren ini? Simak yuk!

Biasanya photo shoot harus dilakukan secara langsung antara fotografer dan model serta menyiapkan tempat atau latar di studio foto, kini mereka nggak perlu tatap muka untuk melakukan photo shoot. Caranya cukup simpel. Mereka hanya perlu melakukannya dengan perantara video call. Tren virtual photo shoot ini mulai booming ketika Demi Lovato meng-upload hasil virtual photo shoot-nya di akun Instagram pribadinya, @ddlovato. Dalam unggahannya pada hari Minggu (29/3), Demi juga mem-posting behind the scene photo shoot bersama fotografernya, Angelo Kritikos.

Ide brilian sang fotografer ini berhasil membius fotografer dan content creator lain untuk mengikuti jejaknya melakukan virtual photo shoot. Misalnya, yang dilakukan pasangan asal Florida, Amerika Serikat, Kareem dan Sandy Virgo. Mereka menjadikan virtual photo shoot sebagai jalan keluar dari mandeknya bisnis fotografi yang sedang mereka jalankan. ’’Semua jadwal fotografi kami mulai Maret–Juni terpaksa harus ditunda karena pandemi ini,’’ tutur Sandy. ’’Akhirnya, aku memaksa Kareem untuk mencoba inovasi baru dalam fotografi dengan melakukan photo shoot lewat FaceTime,’’ tambahnya.

Hasilnya mengejutkan. Begitu mereka mengunggah hasil virtual photo shoot di akun Instagram, boom! It becomes viral. Kini keduanya kebanjiran order. Terhitung sejak pertengah Maret, mereka telah menanangani 50 orderan virtual photo shoot. Antrean 450 orderan juga telah menanti yang dijadwalkan hingga Juni. ’’Tren ini bisa jadi angin segar di tengah pandemi karena sangat kreatif dan unik. Perpaduan antara video call, kreativitas model, dan teknik fotografi yang tepat bisa menghasilkan hasil foto layaknya photo shoot secara langsung,’’ ungkap supermodel California, Lottie Moss, dilansir dari Daily Mail.

Di Indonesia tren ini belum terlalu booming. Banyak yang belum mempraktikkannya. Nah, mumpung self-quarantine di rumah aja, bisa banget nih kalian mengeksplorasi kreativitas dan bikin photo shoot mini secara virtual ini. (c20/mel)

Zetizen-Khawatir hasil virtual photo shoot kalian bakal fail? Worry not! Kalian bisa ikuti tip fotografi dari fotografer lifestyle, Maria Sulcov. Dia akan memberikan tip buat kalian yang ingin mendapatkan hasil virtual photography yang maksimal. Check this out! (TheBump/c20/mel)

Kalian nggak harus menyiapkan sebuah kain atau kertas untuk menyiapkan background photo shoot. Manfaatkan saja sudut-sudut yang ada di rumah. Misalnya, dapur, taman, atau ruang tamu yang sesuai dengan outfit atau tema yang kalian ambil. Kalian juga bisa DIY background supaya lebih aesthetically pleasing dengan menggunakan potongan koran atau memanfaatkan barang-barang antik di rumah. Be creative!

Lighting punya peran penting untuk membuat hasil fotomu maksimal. Entah itu dari cahaya lampu, bantuan ring light, atau pencahayaan alami seperti golden hour. So, kalian juga harus menentukan waktu yang tepat supaya mendapatkan pencahayaan yang diinginkan.

Kalian nggak harus menggunakan kamera profesional to get the best shoot. Cukup dengan maksimalkan handphone yang kalian punya dan ambil angle yang tepat. Supaya hasil foto lebih ciamik, jangan lupa mainkan saat proses editing foto, and voila! You got your best shoot!

RELATED ARTICLES

Please read the following article