Are You a Zetizen?
Show Menu

Carhop MENIKMATI DINE IN DI DALAM MOBIL

Ratih Mg Ratih Mg 20 Jan 2023
Carhop MENIKMATI DINE IN DI DALAM MOBIL

Zetizen-Kondisi pandemi telah menciptakan banyak tren atau gaya hidup baru hampir di segala aspek. Salah satunya adalah konsep carhop dining sebagai alternatif ketika hendak dine in di sebuah restoran. Meskipun bukan konsep makan di restoran yang baru, carhop dining memberikan nuansa baru untuk pengunjung ketika menyantap makanan di restoran. Konsep yang telah muncul sejak 1900-an ini telah populer di tanah Hollywood sejak dulu, lho. Seperti apa sejarahnya dan bagaimana penerapannya di masa sekarang?

Carhop dining adalah konsep di mana pengunjung restoran akan menikmati hidangan makanan DI DALAM MOBIL yang nantinya pelayan restoran melayani dengan menghampiri mobil sang pengunjung. Sistem carhop ini kali pertama diterapkan di San Fransisco, tepatnya 1947 yang ditemukan seorang pemilik restoran bernama Mel Weiss. Konsep carhop untuk restoran di Amerika populer karena makin menjamurnya orang-orang yang memiliki mobil pribadi. Hal ini lantas dilihat Mel sebagai kesempatan baginya untuk memberikan inovasi baru yang diterapkan di restorannya untuk menarik perhatian pengunjung.

Hal yang unik dari konsep carhop dining adalah para pelayan yang melayani juga biasa menggunakan sepatu roda untuk memudahkan pengantaran makanan dan melayani pengunjung. Konsep ini cukup populer pada 1940–1970, mulai California, Texas, hingga New Mexico. Lahirnya konsep carhop di Amerika juga menandakan bagaimana kecintaan orang Amerika terhadap mobil pribadi yang mereka miliki. ”Hampir semua orang Amerika melihat mobil adalah bagian penting dari hidup mereka. Karena itulah, mereka tidak keberatan untuk menjadikan mobil sebagai tempat untuk menyantap makanan,’’ tutur Daniel Levine selaku pemerhati budaya dari Institut Avant-Garde dilansir dari CNN.

Melihat keterkaitannya dengan kondisi pandemi seperti sekarang, masih terdapat restoran yang tidak membuka akses dine in dan hanya menyediakan fasilitas takeaway. Hal ini cukup berdampak pada profit restoran yang tidak menerima jumlah pengunjung seperti biasa. Melihat kondisi ini, Colton Weiss yang merupakan cucu dari Mel Weiss sekaligus pemilik restoran Mel’s Drive In memiliki ide untuk kembali menerapkan konsep carhop agar pengunjung tetap bisa merasakan pengalaman makan di tempat tanpa harus keluar dari mobil.

Konsep ini lantas mulai diikuti banyak restoran baru di Amerika, bahkan mulai diadopsi pula di Indonesia. Adanya konsep carhop ini tentu menjadi pengalaman baru bagi generasi saat ini sekaligus menjadi ajang nostalgia bagi generasi 70-an untuk menikmati nuansa car dining bersama keluarganya. ”Selama di era pandemi, mobil tidak hanya menjadi identitas kebanggaan setiap orang, tapi kini juga merupakan tempat yang aman untuk merasakan makan di restoran dengan tetap terlindungi,’’ ungkap Daniel. (CNN/c12/mel)

KONSEP carhop tentu memberikan ide yang unik sekaligus pengalaman yang baru bagi pengunjung. Hal inilah yang lantas memberikan ide restoran-restoran di beberapa kota di Indonesia untuk menerapkan konsep Carhop dining. Seperti apa versi carhop dining yang diadopsi di sini? (c12/mel)

JAKARTA : MENIKMATI MAKANAN DAN SUNSET DI ROOFTTOP MAL

Salah satu contoh penerapan konsep carhop yang diadopsi di Jakarta adalah memberikan fasilitas park & dine untuk pengunjung. Para pengunjung bisa menuju rooftop mal yang nantinya bisa sambil memesan beberapa menu di restoran mal tersebut. Makanan yang dipesan juga akan diantar langsung ke mobil pengunjung. Menikmati
makanan DI DALAM MOBIL sembari melihat sunset? What a nice experience!

Recommended place: Park & Dine Lippo Mall Puri, Jakarta

SURABAYA : SUGUHKAN HIDANGAN NUSANTARA HINGGA BARAT 

Bukan hanya restoran dengan pilihan menu modern atau ala Barat yang bisa kamu nikmati sambil makan di dalam mobil. Beberapa restoran di Surabaya mulai banyak yang menerapkan konsep carhop dining dengan melayani pengunjungnya untuk makan di dalam mobil. Kamu bisa menikmati makanan khas Nusantara seperti mi ayam atau ala western seperti steak.

Recommended place: Bakso So’un dan Mi Ayam Mojopahit serta Holycow! Steakhouse

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article