Are You a Zetizen?
Show Menu

Me and My New Habit

Ratih Mg Ratih Mg 24 Jan 2023
Me and My New Habit

Zetizen-Menjadi produktif nggak akan bisa dilaksanakan kalau kita cuma berencana. Apalagi, saat harus menghabiskan banyak waktu di rumah seperti ini, godaan demi godaan untuk leyeh-leyeh datang bertubi-tubi Mau lebih produktif karena punya banyak keinginan yang mau dicapai? Coba deh berguru ke beberapa channel YouTube berikut ini! (c12/rat)

Matt D’Avella

YouTuber yang juga produser film dokumenter Minimalism ini sering mencoba membangun habit atau kebiasaan baru. Mulai berhenti mengonsumsi kafein, menulis jurnal, mediasi, sampai mandi air dingin. Kebiasaan tersebut dia lakukan satu demi satu selama tiga puluh hari dan mendokumen tasikannya di YouTube. Nggak cuma bertujuan membiasakan diri, Matt menyadarkan kita bahwa nggak semua habit cocok diaplikasikan.

Dalam setiap video eksperimennya, Matt juga constantly memberi penonton ilmu-ilmu baru tentang membangun sebuah kebiasaan. Meski Matt terlihat sempurna, dia juga nggak malu memperlihatkan kemalasannya. Dia juga manusia seperti kita, guys. Wajar kalau ada saat-saat di mana dia nggak mau ngapa-ngapain. Bingung mau membangun habit apa? Coba sontek video 30 Day Experiments-nya Matt.

Thomas Frank

Sama dengan Matt, Thomas Frank juga seorang panutan untuk kamu yang ingin produktif. Bedanya, dia lebih fokus pada produktivitas seputar pendidikan. Jadi, kalau kamu lebih ingin membangun kebiasaan seputar kegiatan belajar, subscribe YouTube channel Thomas deh. Dia bahkan bikin video tentang cara survive untuk menghadapi kelas online lho! Cepat tanggap banget deh Thomas ini melihat situasi terkini.

Selain belajar, dia suka mengulas buku. Mostly self-improvement books sih, karena bertujuan memotivasi kita untuk produktif. Dia juga sering merekomendasikan aplikasi yang cocok untuk membantumu tracking habits. Tenang, meski topiknya terkesan serius, Thomas ini orangnya easygoing banget. Cara penuturannya pun gampang banget dipahami meski kamu butuh bantuan caption. Semangat ya!

Rowena Tsai

Mungkin kamu lebih kenal Rowena Tsai dari Beauty Within yang membahas tentang skin care. Tapi, di channel pribadinya, Rowena sering membuat konten produktivitas yang mungkin lebih relate untuk cewek-cewek. Well, kebutuhan dan sifat cewek kan kadang beda ya dari cowok. Kalau kamu merasa channel Matt dan Thomas lebih susah diikuti, coba cek channel Rowena Tsai. She’s really cute too!

Salah satu videonya yang wajib ditonton adalah 10 Simple Self-Care Habits for Staying Calm & Positive at Home. Cocok banget nih sama kita yang lagi di rumah aja! Apalagi, Rowena selalu mendekorasi videonya menjadi supergirly sehingga bisa bikin kita terinspirasi untuk membuat channel YouTube juga selama masa pandemi virus
korona. Hehehe. Siapa nih yang sudah punya channel sendiri?

Rekomendasi Aplikasi untuk Kamu!

AGAR proses membangun kebiasaan barumu bisa lebih lancar, coba instal aplikasi ini di HP-mu! (c12/rat)

 Streaks (iOS)

Aplikasi ini cocok buat kamu yang ingin membangun habit lebih dari satu. Dengan warna cerah dan interface minimalis, Streaks bisa di custom dengan pengaturan granular. Misalnya, habit untuk hari tertentu dan jumlah completions per hari. Streaks juga sudah terintegrasi dengan Apple Health kalau kamu ingin tracking langkah dan minum air.

 

 

 HabitShare (iOS & Android)

Membangun kebiasaan baru bakal lebih mudah kalau punya teman seperjuangan. Nah, di HabbitShare, kamu bisa connect dengan temanmu. Tenang, privasinya bisa diatur kok! Dengan begitu, kamu bisa saling memotivasi dengan melihat progres satu sama lain.

 

 

 

 Strides (iOS & Web)

Lebih suka tampilan charts? Coba pakai Strides! Hasil dari proses kebiasaanmu akan ditampilkan lewat bagan dan grafik. Aplikasi ini paling cocok buat tracking habit dalam jangka panjang. Misalnya, gym progress, tabungan, dan masa tidur. Oh iya,Strides bisa diakses lewat komputer lho! Bagus nih buat yang ingin mengurangi durasi pemakaian HP.

RELATED ARTICLES

Please read the following article