Are You a Zetizen?
Show Menu

Seni Melukis di atas Air

Ratih Mg Ratih Mg 24 Nov 2022
Seni Melukis di atas Air

Zetizen-Seni lukis terus berkembang seiring berjalannya waktu. Baik itu aliran, teknik, maupun medianya. Pernah dengar ungkapan ’’bagai melukis di atas air’’? Meski kedengarannya mustahil, ternyata bisa dilakukan, lho! Namanya suminagashi, teknik melukis yang cocok buat pemula. Eitss, sebelum mencobanya, ketahui fakta-faktanya berikut. It must be interesting! (arm/c12/lai)

Teknik lukis di atas air merupakan bentuk kuno dari teknik marbling yang saat ini banyak digunakan untuk membuat desain warna pada batu marmer.

Berasal dari Tiongkok sejak 2.000 tahun lalu, tepatnya pada Dinasti Tang. Seniman di zaman itu dilarang melukis dalam bentuk realisme. Akhirnya, mereka berinovasi menggunakan media air dengan bentuk yang abstrak, tapi hampir menyerupai bentuk hewan atau tanaman.

Pada abad ke-12, para pendeta Shinto di Jepang mulai mempelajarinya. Teknik lukis itu diberi nama suminagashi yang berarti tinta mengambang.

Di Turki, suminagashi disebut dengan ebru dan mulai berkembang di abad ke-15. Ebru digunakan Kekaisaran Ottoman untuk menghiasi buku-buku, surat perintah kerajaan, surat kerajaan, dan dokumen-dokumen.

Motif suminagashi umumnya berbentuk abstrak. Namun, ebru memiliki motif seperti bunga, burung, dan daun.

Kunci Pembuatan suminagashi ada pada cairan kimia yang bisa mengapungkan cat seperti surfaktan dan naftan. Opsi lainnya meng gunakan air yang sudah dicampur dengan bubuk CMC.

Tinta yang digunakan adalah tinta sumi. Karena harganya relatif mahal, kamu bisa menggantinya dengan cat akrilik ditambah cairan paint medium.

Untuk membuat pola, cukup teteskan atau celupkan kuas sedikit demi sedikit sampai warnanya terbentuk.

Belajar dari Tontonan

SUMINAGASHI bisa digunakan untuk menghias kerudung, scarf, notebook, hingga sepatu. Untuk membuat motif yang variatif, kamu bisa memanfaatkan tusuk sate, sisir, bahkan sedotan. Nih, Zetizen kasih rekomendasi channel buat belajar suminagashi biar makin paham. Let’s try! (arm/c12/lai)

Blue Ivy Marbling

(TikTok) 

Akun TikTok tersebut biasa membuat suminagashi dengan ukuran besar. Teknik motif yang dibuat nggak hanya abstrak, tetapi juga berbentuk bunga. Cocok buat bikin scarf atau jilbab. Oh iya, bentuk motifnya yang unik biasanya nggak bisa didapatkan lagi alias limited edition. Jadi, kalau kamu membuat scarf atau jilbab dengan suminagashi, dijamin nggak bakal ada kembarannya!

Studio M
(YouTube)

Wanita bernama Mekeyah itu memulai akun YouTube tentang suminagashi pada 2020. Meski terbilang baru, tutorial darinya mudah dipahami, lho. Penjelasan tentang alat-alat yang dibutuhkan juga terperinci disertai dengan beberapa opsi. Motif yang dibuat berbentuk abstrak dengan berbagai warna. Video pembuatannya yang estetis dengan musik calming jadi kelebihan akun tersebut.

James Mouland Ebru Studio
(YouTube)

Kalau kamu pengin bikin motif yang detail, coba deh lihat akun satu ini. Suminagashi dengan bentuk hewan dan pepohonan dibuat secara terperinci dengan menggunakan cat warna-warni. Dengan teknik lukis tersebut, James menciptakan beberapa produk unik seperti pakaian poncho, alas duduk, hingga hiasan kayu.

RELATED ARTICLES

Please read the following article