Are You a Zetizen?
Show Menu

Nggak Asal Pilih Nektar

Ratih Mg Ratih Mg 25 Jan 2023
Nggak Asal Pilih Nektar

Zetizen-Di masa pandemi yang mengharuskan kita menjaga imunitas tubuh, muncul clover honey yang dianggap mantul (mantap betul) untuk menaikkan imun. Emang apa sih bedanya dari madu yang biasa kita konsumsi? (c12/rat)

Diambil dari Nektar Tanaman Klover

Perbedaan utama dari clover honey daripada madu lain adalah sumber nektarnya. Kalau lebah madu biasa mengambil nektar dari berbagai macam bunga, lebah clover honey hanya mengambil dari klover atau Trifolium. Klover adalah tanaman tahunan yang biasanya mekar selama beberapa bulan pada musim semi atau musim panas, bergantung jenisnya.

Di banyak negara, klover digunakan sebagai tanaman pakan ternak. Misalnya, sapi, kambing, dan kuda. Klover juga disukai petani karena bisa melindungi tanah dari erosi air dan angin serta menambah nutrisi ke tanah sehingga nggak perlu banyak pupuk.

Oh iya, ternyata lebah lebih efisien menyerbuki klover lho! Jadi, klover yang tumbuh pun semakin banyak. Jenis klover yang biasanya dipakai untuk membuat clover honey adalah white clover (repens), alsike clover (hybridium), dan red clover (pretense). Perbedaan jenis klover ini akan memengaruhi manfaatnya bagi kesehatan. Negara yang paling banyak memproduksi clover honey adalah Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Kanada.

Cara Membedakan Clover Honey

Lalu, bagaimana cara kita membedakan clover honey dan madu biasa? Selain melihat komposisi tentunya, ada ciri-ciri fisik yang dapat diperhatikan. Clover honey cenderung berwarna light amber atau putih, bergantung waktu panennya. Aromanya juga lebih flowery. Aroma inilah yang membuat lebah lebih suka mengambil nektar dari klover. Nah, karena clover honey mengandung kadar glukosa yang lebih tinggi dari fruktosa, madu ini lebih cepat terkristalisasi. Jadi, kamu akan merasakan sensasi makan kristal saat mengonsumsinya. Tenang, madu yang terkristalisasi itu nggak expired kok. Justru itu tandanya madu tersebut asli!

Jenis Madu dari Tanaman Lain

Nggak cuma clover honey yang diambil dari nektar tanaman yang spesifik. Ada juga avocado honey yang banyak ditemukan di California, Amerika Serikat. Menurut George McManigle dalam Village News, warna avocado honey lebih gelap dan rasanya lebih nutty. Namun, dia menambahkan bahwa nggak ada madu yang seratus persen alami dari sebuah tanaman. Sebab, sebelum hinggap di tanaman tersebut, lebah pasti hinggap di tanaman sekitarnya yang mana bisa memengaruhi rasa.

Bukan cuma madu dari avokad, buckwheat honey juga punya warna yang cukup gelap. Semakin gelap warna sebuah madu, semakin banyak pula antioksidan dan mineral yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu, buckwheat honey juga cukup populer.

Sementara itu, madu berwarna terang contohnya blueberry honey dengan warna amber dan rasa yang well-rounded sehingga cocok untuk campuran saus dan baking. Begitu juga dengan orange blossom honey dengan rasa yang lebih mild dan aroma yang fresh, madu ini cocok untuk dijadikan olesan roti saat pagi.

Cara Terbaik Mengonsumsi Madu

Zetizen-Meski saat ini mengonsumsi madu terkesan mandatory, ada cara-cara simpel biar kamu nggak merasa seperti minum obat lho! Kamu bisa menerapkan secara bergantian biar nggak bosan! (c12/rat)

 Minum segelas air
hangat yang
dicampur lemon dan
madu sebelum
sarapan.

 

 

 

Madu juga bisa
dicampur teh herbal
dan apple cider vinegar
untuk diminum setiap hari.

 

 

 

Gunakan madu untuk
menambah rasa
manis topping salad
atau acar. Enak!

 

 

 

Oleskan madu di atas roti tawar
dan berikan peanut butter
di atasnya biar lebih sehat.

 

 

 

 

 

Siramkan madu di atas pancakes.
 Tanpa topping lain sudah enak kok!

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article